KNOWLEDGE

4 Perbedaan Kepemimpinan dan Manajemen dalam Bisnis

By greatnusa14 Februari 2023

Bagikan Artikel

4 Perbedaan Kepemimpinan dan Manajemen dalam Bisnis

Istilah “pemimpin” dan “manajer” sering diperlakukan sebagai sesuatu yang serupa. Akan tetapi, jika kamu ingin belajar memimpin tim atau membangun bisnis sukses, kamu harus tahu perbedaan kepemimpinan dan manajemen. Keduanya terdengar mirip, tetapi ada beberapa perbedaan mendasar terkait tugas, tanggung jawab, serta filosofi di balik status masing-masing.

Inilah perbedaan keduanya ditinjau dari empat faktor utama.

Perbedaan Menurut Tujuan

Dari segi tujuan, pemimpin dan manajemen memiliki perbedaan, terutama jika mereka sengaja dipilih dalam suatu organisasi atau perusahaan. Pemimpin dituntut untuk mengarahkan suatu organisasi agar bisa mencapai tujuan besar sesuai visi dan misi. Tujuan kerja seorang pemimpin bersifat jangka panjang, mendasar, dan menyeluruh.

Manajer adalah seseorang yang bertanggung jawab mengatur aspek-aspek dalam suatu tim agar mampu mencapai tujuan secara efisien. Jika dibandingkan dengan pemimpin secara umum, tujuan penunjukan seorang manajer bersifat lebih praktikal dan cenderung memiliki jangka waktu terbatas.

Baca Juga: Membangun Karakter Pemimpin

Perbedaan Menurut Metode Kerja

Perbedaan kepemimpinan dan manajemen dalam dunia usaha bisa dilihat dari metode kerja. Manajer memiliki deskripsi tugas yang sesuai dengan namanya: mengatur dan mengelola. Ketika kamu menjadi seorang manajer, departemen atau tim yang menjadi tanggung jawabmu harus kamu kelola dan atur agar setiap tugas yang kamu dapat tercapai secara efisien.

Sebaliknya, tugas seorang pemimpin tidak terbatas pada tanggung jawab atau program spesifik. Pemimpin juga cenderung tidak mengatur bawahan secara detail, terutama terkait masalah teknis. Tugas pemimpin adalah menyediakan ruang bagi anggota organisasi atau perusahaan untuk bergerak bebas dalam menyalurkan kompetensi dan kreativitas mereka demi mencapai tujuan bersama.

Pemimpin juga dituntut untuk inovatif dan memiliki wawasan serta proyeksi masa depan yang mendetail dan optimis. Hal ini kemudian menjadi patokan bagi para manajer dan pemegang jabatan lain untuk melakukan tugas-tugas spesifik mereka sesuai dengan deskripsi pekerjaan.

Baca Juga: Bagaimana Proses Manajemen Strategis Berjalan di Perusahaan?

Perbedaan Menurut Posisi

Menurut Doc Norton, advokat bisnis dan pakar kepemimpinan, perbedaan mendasar antara pemimpin dan manajer adalah posisi mereka di dalam organisasi, termasuk perusahaan. Istilah “manajer” merujuk pada posisi resmi lengkap dengan deskripsi tugas yang terbatas pada lingkup tertentu, tergantung kebijakan perusahaan sera susunan organisasi.

Hal ini berbeda dari “pemimpin”, istilah dengan makna yang lebih luwes. Ketika kamu mendapat status sebagai pemimpin, kamu tidak harus menduduki jabatan tinggi. Pemimpin adalah orang yang menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan ketika bekerja sama dengan orang lain. Posisimu mungkin “hanya” karyawan biasa, tetapi ketika kamu mengarahkan anggota tim dan menerapkan prinsip kepemimpinan untuk mencapai tujuan, kamu bisa disebut pemimpin.

Lebih jauh, Doc Norton menggambarkan kepemimpinan sebagai penerapan perilaku dan prinsip yang memberi inspirasi atau contoh bagi orang lain. Kamu tidak harus menduduki jabatan atau memimpin tim untuk menerapkan prinsip kepemimpinan. Ketika kamu memiliki kualitas kepemimpinan ideal, misalnya integritas, kemampuan berkomunikasi, dan hasrat berinovasi, kamu bisa dibilang memiliki jiwa pemimpin.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Manajemen Strategis: Pengertian, Manfaat, Tujuan, dan Prosesnya

Perbedaan Menurut Karakteristik Penting

Selain tiga faktor mendasar sebelumnya, perbedaan kepemimpinan dan manajemen dalam bisnis bisa dilihat dari beragam karakteristik yang melekat pada istilah masing-masing. Berikut beberapa di antaranya:

  • Inspirasi vs Proses

Kepemimpinan melibatkan kemampuan memberi inspirasi kepada seluruh anggota organisasi agar mampu bekerja sebaik mungkin. Sebaliknya, manajer berfokus kepada proses dan tahap-tahap prosedural dalam penyelesaian tugas spesifik.

  • Perbedaan Area Fokus

Pemimpin berfokus pada area yang luas dan menyeluruh dalam tubuh organisasi atau perusahaan. Pemimpin juga bertindak sebagai pengayom, sumber pengambilan keputusan akhir, dan suara yang mewakili perusahaan secara keseluruhan. Sebaliknya, fokus seorang manajer lebih sempit karena terpusat pada tugas-tugas sesuai deskripsi pekerjaannya. Manajer suatu departemen juga tidak memiliki wewenang untuk mencampuri kegiatan departemen lainnya selain sesuatu yang bersifat kolaborasi.

  • Kualitas yang Dibutuhkan

Perbedaan kepemimpinan dan manajemen dalam bisnis adalah kebutuhan akan kualitas tertentu dari keduanya. Pemimpin dan manajer bisa dipandang sebagai satu kesatuan, tetapi jika kamu berfokus pada definisi spesifik masing-masing seperti di penjelasan sebelumnya, ada kualitas tertentu yang diharapkan bawahan dari masing-masing.

Pemimpin diharapkan memiliki sifat yang bisa dijadikan teladan seperti integritas, kejujuran, dan kemauan untuk memperhatikan semua pihak yang berkontribusi pada kepentingan perusahaan. Sebaliknya, manajer diharapkan untuk lebih menunjukkan kemampuan mengatur dan mengelola kegiatan bawahan atau tim dalam aktivitas sehari-hari, tanpa membebani sumber daya perusahaan.

Baca Juga: Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Perusahaan

Cara Meningkatkan Kualitas Manajerial dan Kepemimpinan

Lepas dari perbedaan kepemimpinan dan manajemen, seorang pemimpin dan manajer sama-sama bertanggung jawab terhadap banyak orang. Keduanya wajib memiliki kualitas yang dibutuhkan untuk memegang tanggung jawab besar tersebut. Untungnya, kualitas manajerial dan kepemimpinan bisa dipelajari seiring waktu.

Berikut beberapa cara meningkatkan kualitas manajerial dan kepemimpinan, terutama dalam bisnis.

  • Berani Keluar dari Zona Nyaman

Menerima kedudukan sebagai manajer atau pemimpin berarti memegang tanggung jawab besar. Seseorang hanya bisa disebut manajer atau pemimpin jika mereka berani keluar dari “kenyamanan” situasi sebelumnya dan menerima tantangan serta tanggung jawab ekstra. Jika kamu berani membuat lompatan ini, jalan menuju kualitas kepemimpinan sudah dimulai.

  • Kembangkan Kemampuan Berpikir Kritis

Setiap pemimpin dan manajer yang baik memiliki kemampuan berpikir kritis. Ini berarti kamu harus mengembangkan kemampuan analisis dan interpretasi mendalam, pemecahan masalah, kemampuan observasi, serta mampu memandang suatu konsep, masalah, atau fenomena dari berbagai sudut pandang.

  • Kembangkan Kemampuan Mendengar

Kemampuan “mendengar” terkait dengan kegiatan mendengar aktif. Ini berarti kamu tidak hanya memasang telinga untuk omongan bawahan atau anggota tim, tetapi juga menaruh perhatian, memberi tanggapan, dan saling memberi kesempatan untuk mendengar dan berbicara terhadap karyawan dan anggota tim.

  • Tanamkan Integritas dan Sifat Positif

Pemimpin memiliki posisi penting dalam organisasi atau perusahaan. Ketika pemimpin memiliki sifat terpuji, bawahan menjadi percaya diri dan cenderung lebih loyal. Pastikan kamu mengembangkan sifat seperti kejujuran, empati, dan ketegasan dalam membedakan hal-hal yang salah dan benar.

  • Ciptakan Sistem Dukungan Menyeluruh

Pemimpin ideal cenderung menciptakan sistem dukungan (support system) menyeluruh dalam tubuh perusahaan atau organisasinya. Hal ini bisa berarti motivasi, dorongan, dan dukungan terhadap bawahan. Dalam makna lebih spesifik, sistem dukungan ini bisa berarti pemimpin yang mengayomi dan melindungi bawahan, dan memastikan mereka sejahtera serta sehat fisik dan mental di tempat kerja.

  • Ikut Kursus Digital

Karena sifat kepemimpinan bisa dipelajari, kamu bisa coba mengikuti kursus digital dari GreatNusa. Berbagai tema penting untuk para pemimpin, mulai dari beragam skill digital yang dibutuhkan pemimpin hingga Manajemen Sumber Daya Manusia, disampaikan lewat materi terkini yang mengikuti tren industri digital 4.0. Kamu bisa langsung mempraktikkan hal-hal yang dipelajari.

Materi kursus GreatNusa dibawakan para pakar di bidangnya sehingga kamu akan mendapat pelajaran berkualitas. Jadwalnya fleksibel sehingga bisa diikuti kapan saja. Kursus digital ini adalah salah satu kunci mempelajari prinsip-prinsip kepemimpinan yang baik.

Memahami perbedaan kepemimpinan dan manajemen dalam bisnis penting untuk menentukan ranah tanggung jawab dan memastikan perusahan sukses mencapai visi misinya. Pelajari aspek-aspek kepemimpinan agar kamu siap menjadi pemimpin, dan ikuti kursus GreatNusa sebagai solusinya.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok