KNOWLEDGE

Macam-Macam Strategi Bisnis Untuk Dapat Terus Bersaing

By greatnusa5 Mei 2023

Bagikan Artikel

Macam-Macam Strategi Bisnis Untuk Dapat Terus Bersaing

Salah satu karakteristik penting dari seorang pengusaha adalah kemampuan berdaya saing yang tinggi. Tanpa kemampuan tersebut, bisnis bakal tertinggal oleh para kompetitor. Sebagai tambahan, kamu juga perlu memiliki bekal berupa macam-macam strategi bisnis. 

Strategi bisnis dapat membantu kamu dalam menjalankan bisnis dengan lebih baik. Penerapan strategi yang tepat membuat bisnis kamu bisa mengungguli para kompetitor dan bahkan menguasai pasar. Oleh karena itu, bekal pengetahuan tentang macam-macam strategi bisnis harus kamu perhatikan. 

Pertimbangan saat Memilih Strategi Bisnis

Sebelum membahas tentang jenis strategi bisnis, ada baiknya kalau kamu terlebih dahulu mengerti pertimbangan dalam pemilihannya. Ada 5 faktor penting yang harus kamu perhatikan saat menentukan strategi bisnis, yaitu: 

1. Jenis Produk

Faktor pertama yang perlu kamu cermati saat memilih strategi bisnis adalah jenis produk. Strategi bisnis untuk produk yang dapat diperoleh dengan mudah oleh para konsumen jelas beda kalau dibandingkan dengan strategi bisnis produk inovatif yang belum ada saingannya. 

2. Kompetitor

Penentuan strategi bisnis juga harus kamu perhatikan dengan mempertimbangkan kompetitor. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan proses identifikasi pasar untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan kompetitor. Selanjutnya, kamu dapat memanfaatkan celah yang dimiliki kompetitor untuk dapat memenangkan persaingan.

Baca Juga: Contoh Analisis Pesaing Pasar dalam Bisnis Makanan

3. Keunggulan Produk

Faktor yang tak kalah penting terkait pemilihan strategi bisnis adalah keunggulan produk. Kamu perlu memastikan bahwa strategi yang dipakai mampu meng-highlight kelebihan produk. 

4. Buyer Persona

Dalam menjalankan strategi bisnis, kamu harus mempertimbangkan buyer persona. Buyer persona merupakan karakter fiksi yang menjadi gambaran target konsumen. Dengan mempertimbangkan buyer persona, kamu dapat menjalankan strategi bisnis yang tepat dan benar-benar menarik perhatian target konsumen. 

Baca Juga: 3 Model Perilaku Konsumen yang Harus Dipahami Bisnis

5. Tingkat Penjualan

Faktor yang tak kalah penting adalah menentukan strategi bisnis dengan memperhatikan tingkat penjualan produk. Apakah produk tersebut memiliki angka penjualan yang terus meningkat atau mengalami penurunan? Dari situ, kamu dapat melakukan pertimbangan dalam menjalankan strategi tertentu. 

Macam-Macam Strategi Bisnis

Dengan mempertimbangkan berbagai aspek tersebut, langkah selanjutnya adalah menentukan strategi bisnis. Ada macam-macam strategi bisnis yang bisa kamu pilih, yaitu: 

1. Struktural

Jenis strategi bisnis yang pertama adalah struktural. Karakteristik utama dari strategi bisnis ini adalah pilihan untuk menjalankan usaha dengan mempertimbangkan situasi pasar. Dari situ, kamu dapat memanfaatkan struktur industri dalam mengembangkan usaha. Salah satu contoh dari penerapan strategi bisnis strukturalis adalah bisnis reseller dan dropship.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud Dengan Strategi Bisnis? Seperti Apa Hal Ini Bisa Membantu Bisnis Anda?

2. Growth

Ada pula pilihan strategi growth. Dalam strategi ini, kamu memilih untuk fokus pada pengembangan fitur, produk baru, atau pasar baru. Tujuan dari penerapan strategi growth adalah agar bisnis yang kamu jalankan bisa memiliki pangsa pasar yang lebih besar. Dengan begitu, perusahaan bisa memiliki fondasi kuat yang sanggup menopang bisnis jangka panjang. 

Strategi growth kerap menjadi pertimbangan utama para pelaku startup. Oleh karenanya, tidak heran kalau startup mampu berkembang menjadi perusahaan terkemuka dalam jangka relatif singkat. Sisi negatifnya, strategi ini membebani pengeluaran dalam cukup besar. Apalagi, ketika strategi growth diterapkan saat perusahaan belum memiliki fondasi kuat. 

3. Cost Leadership

Kamu dapat pula memilih strategi bisnis yang disebut cost leadership. Penerapan strategi ini dapat kamu lakukan dengan menawarkan produk dengan harga kompetitif. Kalau perlu, kamu pun dapat memilih untuk menurunkan harga sehingga lebih rendah dari harga pasaran dengan tetap memperhatikan kualitas produk. 

Ada berbagai upaya yang dapat kamu lakukan untuk menerapkan strategi bisnis cost leadership, di antaranya adalah: 

  • Berinvestasi Teknologi. Kamu dapat memilih untuk menggunakan peralatan canggih yang membantu proses kelancaran produksi. Keberadaan teknologi membuat usaha kamu bisa memproduksi barang dengan lebih banyak. 
  • Membeli bahan baku dalam jumlah banyak. Metode selanjutnya adalah dengan melakukan pembelian bahan baku secara partai. Cara pembelian seperti ini membuat kamu bisa memperoleh harga bahan baku secara lebih terjangkau. 
  • Fokus pada satu produk. Ada pula solusi untuk memilih aktivitas produksi hanya pada satu jenis produk. Upaya ini sangat efektif dalam menekan biaya produksi. 

4. Diferensiasi

Opsi strategi bisnis berikutnya adalah diferensiasi. Strategi ini dapat kamu lakukan dengan melakukan inovasi produk yang belum ada saingannya di pasaran. Keunikan yang ada pada produk inovatif tersebut bisa menjadi value yang membuatnya lebih unggul dibandingkan produk lain. 

Strategi diferensiasi dapat membuat kamu bisnis kamu menjadi penguasa pasar. Oleh karenanya, kamu dapat melakukan pendekatan kreatif dan menetapkan harga yang relatif tinggi pada produk. Contoh nyata dari penerapan strategi ini bisa kamu lihat pada bisnis Starbucks. 

Starbucks sebenarnya tidak jauh berbeda dengan coffee shop lain. Hanya saja, mereka memiliki kelebihan pada pengalaman menikmati kopi dengan cara yang berbeda di kedainya. Pengalaman tersebut merupakan wujud dari penerapan strategi diferensiasi. 

5. Price Skimming

Macam macam strategi bisnis berikutnya adalah price skimming. Strategi ini dapat kamu lakukan dengan mematok harga produk yang tinggi saat awal peluncurannya. Setelah itu, kamu dapat menurunkan harganya secara perlahan seiring dengan waktu. 

Penerapan strategi bisnis price skimming dapat berjalan sukses ketika bisnis kamu mempunyai kualitas brand yang bagus disertai basis konsumen kuat. Di waktu bersamaan, kamu juga tidak memiliki pesaing dan diimbangi produk yang revolusioner. 

6. Acquisition

Perusahaan besar kerap menerapkan strategi bisnis acquisition. Strategi ini mereka lakukan dengan cara mengakuisisi perusahaan kecil yang potensial. Lewat upaya tersebut, perusahaan bisa memperoleh SDM berkualitas, aset bisnis baru, diversifikasi produk, dan kesempatan menjangkau pasar lebih luas. 

Namun, penerapan strategi bisnis acquisition hanya bisa kamu lakukan ketika memiliki modal yang besar. Selain itu, akuisisi bisnis merupakan yang sangat kompleks. Oleh karenanya, kamu perlu memastikan bahwa setiap tindakan yang dilakukan tidak menyalahi aturan hukum. Solusinya, kamu perlu mendapatkan arahan dari tenaga legal dan finansial yang profesional. 

7. Focus

Terakhir, kamu dapat menerapkan strategi bisnis fokus. Strategi bisnis yang satu ini sangat sesuai kalau kamu ingin menguasai segmen pasar tertentu tanpa harus mengeluarkan modal besar. Oleh karena itu, strategi bisnis fokus sesuai untuk diterapkan bagi para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). 

Cara penerapan strategi fokus dapat kamu lakukan dengan memfokuskan pemasaran pada segmen pasar tertentu. Dengan cara ini, kamu bisa meminimalkan biaya serta tenaga dan tetap memperoleh kesempatan penghasilan yang tidak kalah menjanjikan. 

Nah, itulah macam-macam strategi bisnis yang bisa membantu kamu dalam upaya meningkatkan daya saing bisnis. Pemilihan strategi yang tepat, membuat bisnis kamu bisa bersaing ketat dengan para kompetitor. Bahkan, tidak menutup kemungkinan kamu dapat menguasai pasar. 

Hal yang tak kalah penting dalam upaya menjalankan bisnis, kamu perlu membiasakan diri untuk terus meng-upgrade diri. Solusinya, kamu dapat memanfaatkan pelatihan berkualitas yang ada di GreatNusa

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok