CAREER HACK

Apa Itu UI UX Designer dan Kemampuan Yang Dibutuhkan

By greatnusa5 Mei 2023

Bagikan Artikel

Apa Itu UI UX Designer dan Kemampuan Yang Dibutuhkan

Teknologi yang semakin berkembang membuat bisnis yang berbasis aplikasi pun banyak bermunculan beberapa waktu terakhir ini. Tentu saja, kamu pun akan mendapati banyak sekali aplikasi baru di ponsel kamu saat ini. Ada aplikasi yang menawarkan permainan, belanja, edukasi, berbelanja buah dan sayuran, hingga transportasi. Tentunya, tujuannya tidak lain tidak bukan adalah untuk memudahkan aktivitas sehari-hari kamu. 

Sebagai salah satu pengguna dari banyak aplikasi tersebut, tentunya kamu akan memilih aplikasi yang memiliki tampilan menarik, nyaman, dan pastinya mudah untuk diakses atau digunakan, bukan? Nah, agar bisa mendapatkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan para pengguna, tentu tak lepas dari peran UX dan UI Designer. Sebenarnya, apa itu UI UX Designer? Apa perbedaannya? Apa saja kemampuan yang harus dimiliki keduanya? 

Apa Itu UX Designer?

User Experience atau disingkat dengan UX adalah proses yang berkaitan dengan rancangan atau desain dari sebuah produk yang dilakukan melalui pendekatan terhadap para pengguna. Melalui pendekatan tersebut, kamu bisa membuat suatu produk yang pastinya sesuai dengan semua yang menjadi kebutuhan para pengguna.

Baca Juga: Apa Itu UI dan UX dan Komponen Serta Perannya Dalam Bisnis

Sebuah produk yang memiliki desain atau tampilan UX yang tepat tentu akan menciptakan suatu pengalaman yang memuaskan bagi semua pengguna saat memakai produk tersebut. Misalnya, para pengguna menjadi lebih mudah dan nyaman dalam memakai produk yang kamu rancang. 

Terdapat beberapa komponen yang berkaitan dengan UX, yaitu tampilan dan kemudahan akses fitur pada produk, navigasi saat memakai produk, aspek interaksi terhadap pengguna secara keseluruhan, dan aspek desain visual dari produk tersebut. Selain itu, UX juga termasuk bagaimana kamu menciptakan konten dan branding yang tepat untuk para pengguna. 

Apa Itu UI Designer?

Sementara itu, User Interface atau UI termasuk bagian dari UX yang didefinisikan sebagai bentuk desain visual suatu sistem. Bentuk ini akan memungkinkan para pengguna terkoneksi dan terkorelasi dengan produk tersebut. Tak hanya itu, UI juga memiliki fungsi untuk menambah estetika dari bentuk produk, yang nantinya tentu akan berdampak pada meningkatnya kepuasan para pengguna. 

Meski begitu, tak boleh kamu lupakan kalau UI juga harus membuat pengguna mudah menggunakan produk yang kamu rancang. Sementara itu, beberapa komponen yang termasuk dalam bagian UI yaitu ikon tipografi, tombol, layout aplikasi, tema, animasi yang berada dalam produk, dan aspek visual lainnya. Semuanya memang dibuat dengan tujuan untuk menambah keindahan sekaligus memudahkan akses pengguna. 

Baca Juga: Fungsi Dari Desain User Interface dan Cara Kerjanya

Kemampuan yang Harus Dimiliki UI dan UX Designer

Setelah mengetahui definisi apa itu UI UX Designer, kamu juga perlu tahu apa saja keahlian yang dibutuhkan kedua profesi tersebut. Baik itu soft skill maupun hard skill. Berikut gambaran umumnya: 

UX Designer

Seorang UX Designer pastinya harus memiliki keahlian dan kemampuan berikut ini agar mampu meningkatkan kepuasan pengguna terhadap produk yang dimiliki. 

1. Komunikasi yang Baik

Kemampuan ini tidak hanya untuk kepentingan internal dengan tim atau divisi lain dalam perusahaan, tetapi juga dibutuhkan saat melakukan riset maupun wawancara kepada pengguna setia atau calon pengguna baru. 

Baca Juga: Ini Peran dan Hal-Hal yang Termasuk dalam Etika Komunikasi di Tempat Kerja

2. Problem Solving dan Berpikir Kritis

Keahlian ini akan membantu seorang UX Designer untuk mengarahkan proses menjadi lebih sistematis, mulai dari konsep, fitur, dan aspek lainnya saat merancang sebuah produk berbasis aplikasi. 

3. Kemampuan Riset dan Melakukan Analisis

UX Designer banyak berperan dalam proses pembuatan suatu produk yang berkaitan dengan pengguna, terlebih riset dan analisis. Inilah mengapa, kamu harus punya kedua keahlian ini sehingga pencarian data dan informasi dari pasar menjadi lebih mudah dan terukur. 

4. Membuat Prototype dan Wireframing

Prototype diartikan sebagai produk tiruan yang mirip dengan produk asli yang digunakan dengan pengujian langsung oleh pengguna. Sementara itu, wireframing mengarah pada proses pembuatan rancangan kasar dari suatu produk. 

UI Designer

Sementara itu, keahlian yang harus dimiliki oleh seorang UI Designer, di antaranya: 

1. Desain Grafis

Oleh karena berkaitan langsung dengan pembuatan tampilan suatu produk dalam aplikasi, tentu seorang UI Designer harus menguasai bidang ilmu desain grafis. 

2. Pemikiran Kreatif

Keahlian ini sangat bermanfaat untuk bisa merancang tampilan produk yang estetik yang sesuai dengan branding perusahaan tanpa meninggalkan aspek penting lainnya, yaitu kebutuhan dan kepuasan pelanggan. 

Baca Juga: Cara Mencari Inspirasi untuk Pengembangan Ide dan Kreativitasmu

3. Komunikasi dan Kemampuan Berkolaborasi

Guna menghindari terjadinya kesalahpahaman dalam berbagai pemangku kepentingan, kamu pastinya dituntut untuk memiliki keahlian komunikasi yang baik. Tidak hanya itu, kamu juga harus mampu berkolaborasi dan bekerja sama dengan tim lain yang turut berpartisipasi dalam proses pembuatan produk. 

4. Pola Pikir Konvergen

Pola pikir konvergen diartikan sebagai proses pemikiran guna menemukan berbagai solusi nyata. Pola pikir ini berpusat pada mencari berbagai jawaban alternatif dan paling efektif untuk setiap masalah atau hambatan yang dialami. 

Mengapa UI dan UX Designer Penting saat Mengembangkan Website dan Aplikasi?

Tahukah kamu kalau UI maupun UX bisa dikatakan sebagai aspek yang tak kalah pentingnya dalam kesuksesan suatu produk yang berkaitan dengan teknologi? Ada beberapa alasan yang menjadikan kedua hal tersebut sangat penting saat kamu merancang produk berbasis teknologi, yaitu: 

1. Membuat Produk yang Sesuai dengan Kebutuhan Pengguna

Sudah pasti, produk yang dibuat dengan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pengguna akan lebih diminati. Tidak hanya pada fungsinya, tetapi juga pada tampilan dan kemudahan yang didapat oleh pengguna saat menggunakan produk tersebut. 

2. Meningkatkan Kepuasan Para Pengguna Terhadap Suatu Produk

Selain lebih diminati, produk yang dibuat dengan tampilan yang menarik dan minim terjadi kesalahan atau error akan lebih banyak dipilih. Jangan salah, tak sedikit pengguna yang meninggalkan suatu produk hanya karena memiliki tampilan yang berantakan dan sulit sekali diakses. 

3. Menambah Profit Perusahaan

Produk yang diminati dan banyak dipilih oleh pengguna tidak hanya berarti kamu berhasil mengambil hati para pengguna dengan memberikan pelayanan yang maksimal. Hal ini juga pasti berdampak signifikan pada profit yang didapatkan oleh perusahaan. Semakin tinggi peminat produk, maka semakin meningkat pula keuntungan yang bisa diperoleh perusahaan. 

Bahkan, riset yang dilakukan oleh Forrester Research membuktikan bahwa rancangan UX dan UI yang baik dapat membantu menaikkan angka konversi dari sebuah situs hingga mencapai 400 persen, lho! Ini tentu saja karena desain dari UX dan UI yang baik pasti membuat pengguna sangat terkesan dengan bentuk awalnya dan lebih mudah menyelesaikan semua kebutuhan mereka, termasuk melakukan pembelian.

Nah, itu tadi penjelasan tentang apa itu UI dan UX Designer. Ternyata, menarik sekali ya mempelajari teknologi yang berkaitan dengan produk dan keinginan pengguna? Kamu bisa kok, mendapatkan ilmu tentang UI maupun UX Designer lebih mudah, tentunya dengan mengikuti kursus online di GreatNusa. Selain teknologi, banyak topik dan materi pembelajaran lain yang bisa kamu ikuti, mulai dari Bahasa, Ekonomi, Kewirausahaan, Sistem Informasi, hingga Bisnis dan AI serta Machine Learning. 

Tak hanya itu, kamu akan merasakan banyak kemudahan saat kursus bersama GreatNusa. Pasalnya, waktu kursus yang fleksibel dan adaptif membuat kamu bisa belajar kapan saja. Bahkan, kamu bisa lho bekerja sama dengan kelompok belajar atau mentor yang sebelumnya sudah berkolaborasi dengan GreatNusa. Yuk, daftarkan diri kamu sekarang dan menjadi sukses bersama GreatNusa!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok