KNOWLEDGE

User Generated Content: Pengertian Serta Manfaatnya dalam Dunia Digital Marketing

By greatnusa8 Februari 2023

Bagikan Artikel

User Generated Content: Pengertian Serta Manfaatnya dalam Dunia Digital Marketing

Ada banyak sekali bentuk konten yang digunakan sebagai alat pemasaran sebuah produk. Salah satu bentuk konten yang menjadi trend saat ini adalah user generated content. Pada dasarnya, user generated content adalah konten yang dibuat oleh pengguna lain atau masyarakat umum, bukan oleh akun bisnis yang resmi.

Konsep konten ini melibatkan pengguna produk secara umum dalam proses pembuatan konten dan memberi kesempatan bagi mereka untuk berpartisipasi membangun citra produk. Penasaran dengan apa itu user generated content dan contoh-contohnya? Simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa Itu User Generated Content?

User generated content atau tak jarang dikenal sebagai UGC adalah konten yang dibuat oleh pengguna lain atau bahkan media daring (online) terhadap suatu produk dari sebuah perusahaan baik jasa atau barang. 

Konten umumnya disajikan dalam bentuk gambar, video, teks, atau ulasan yang dibuat oleh pengguna lain melalui media sosial, forum, atau aplikasi lainnya. User generated content seringkali memiliki nuansa personal dan autentik sehingga membuatnya lebih menarik dibandingkan dengan konten yang dibuat langsung oleh akun bisnis itu sendiri.

Salah satu bentuk user generated content yang mungkin sering ditemukan biasanya berupa foto atau video dari pengguna yang menggunakan produk tertentu dan membuat ulasannya berdasarkan pengalaman penggunaan. Seiring dengan perkembangan teknologi dan media sosial, user generated content menjadi semakin populer dan memiliki pengaruh yang signifikan dalam dunia digital marketing.

Apa Saja Manfaat User Generated Content?

Belakangan ini, user generated content sebenarnya menjadi ide pemasaran yang baik sebab ada lebih banyak orang yang lebih tertarik dan percaya pada sebuah ulasan dari pengguna produk tersebut. Adapun manfaat yang diberikan oleh user generated content antara lain:

1. Meningkatkan Impresi 

Salah satu manfaat utama adanya user generated content dalam melakukan digital marketing adalah meningkatkan interaksi dan impresi akun bisnis dengan pengguna lain yang mungkin baru mengetahui produk tersebut. 

User generated content memberikan kesempatan kepada pengguna untuk berpartisipasi aktif dalam memperkenalkan produk kepada khalayak yang lebih luas. Jadi, perusahaan juga dapat memanfaatkan hal tersebut untuk menarik lebih banyak orang untuk berkunjung ke akun bisnisnya dan bukan tidak mungkin dapat meningkatkan penjualan.

2. Meningkatkan Kepercayaan pada Produk

Dibandingkan dengan konten yang dibuat langsung oleh akun bisnis yang dikelola perusahaan, user generated content memiliki tingkat kepercayaan dari pengguna lain yang lebih tinggi karena bersumber dari pengguna yang memiliki pengalaman langsung dengan produk tersebut. Hal ini membuat user generated content menjadi alat yang efektif untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas pada suatu produk.

Baca Juga: Apa itu Kecerdasan Buatan dan Contohnya? Bagaimana Cara Kerjanya?

3. Meningkatkan Jangkauan

User generated content memiliki potensi untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan membuat produk semakin terlihat oleh lebih banyak orang. Ketika pengguna membagikan konten user generated content di media sosial atau forum, konten tersebut bisa menyebar dengan cepat dan dilihat oleh lebih banyak orang.

4. Meningkatkan Peringkat 

Dalam dunia digital marketing, peringkat pada mesin pencarian menjadi salah satu hal yang sangat penting. User generated content dapat membantu meningkatkan peringkat perusahaan dan produk kamu di mesin pencarian karena jenis konten ini seringkali memiliki kata kunci yang relevan dengan produk tersebut. 

Selain itu, user generated content juga bisa membantu meningkatkan jumlah klik pada tautan (link) ke situs web bisnis yang tentunya berdampak positif pada ranking di search engine.

Apa Saja Tugas User Generated Content?

1. Mempromosikan Keaslian

User generated content bertugas untuk melakukan promosi dengan cara yang unik namun tetap berdasarkan pengalaman penggunaan produk terkait. Pasalnya selain menguntungkan bagi bisnis dan produk yang dijual, user generated content juga mendapatkan keuntungan dengan mendapat kepercayaan dan media yang digunakan akan berkembang menjadi lebih besar. Sebab, pengguna lain percaya, bahwa ulasan yang diberikan berdasarkan kejujuran. 

2. Mengelola dan Menggunakan Media dengan Bijak

Sebuah bisnis harus memilih konten yang dibuat oleh paling relevan dan memiliki kualitas terbaik untuk dipublikasikan di akun bisnisnya. Selain itu, perusahaan juga harus memastikan bahwa pengguna yang membuat user generated content memberikan izin untuk penggunaan atau pengunggahan ulang (repost)  konten tersebut.

3. Memilih User Generated Content yang Sesuai

Tak hanya itu saja, dari sisi pelaku usaha, konten yang dipilih untuk dipublikasikan harus sesuai dengan aturan dan nilai yang dimiliki produk atau bahkan perusahaan. Jadi, perusahaan juga harus memastikan bahwa konten tersebut aman dan tidak mengandung unsur yang merugikan baik perusahaan itu sendiri maupun merugikan orang lain.

4. Menuntun Keputusan Pembelian

Keberadaan user generated content ini biasanya juga bertujuan untuk mendorong para pengguna lainnya untuk membuat keputusan pembelian sebuah produk. Melalui kepercayaan yang sudah didapatkan dari pengguna, sebagai user generated content, kamu mungkin akan lebih mudah untuk meyakinkan  pengguna lain untuk menggunakan produk yang sama dengan yang diulas (review).

Baca Juga: 5 Tipe User Interface dan Kelebihan Kekurangannya

Apa Saja Contoh User Generated Content?

Tertarik dengan user generated content? Berikut pilihan contoh bentuk user generated content yang bisa kamu coba. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

1. Ulasan Produk

Ulasan (review) produk merupakan salah satu contoh user generated content yang paling umum. Pengguna dapat memberikan ulasan mengenai produk atau layanan yang mereka gunakan berdasarkan pengalaman pribadi, baik itu di media sosial atau aplikasi perdagangan internet (e-commerce)

Ulasan ini bisa membantu pengguna lain yang juga merencanakan pembelian dan membutuhkan bantuan untuk memutuskan apakah produk tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka atau tidak.

2. Foto atau Video Produk

Pengguna juga dapat melakukan foto produk atau video dengan menceritakan pengalamannya saat menggunakan produk atau layanan sebuah perusahaan. Konten tersebut dapat dibagikan di media sosial atau media lainnya agar dapat membantu meningkatkan kesadaran lebih banyak orang terhadap kehadiran produk atau layanan tersebut.

Baca Juga: Authentic Leadership: Pengertian, Ciri, dan Cara Menerapkannya

3. Konten yang Menginspirasi

User generated content juga bisa dibuat dengan bentuk konten yang menginspirasi atau memotivasi seperti kisah pengalaman pribadi dengan sebuah bisnis atau produk tertentu. Konten semacam ini dapat membantu meningkatkan keterlibatan pengguna dan memperkuat hubungan antara produk dengan lebih banyak khalayak.

4. Konten yang Menghibur

Tak sedikit orang yang lebih tertarik dengan jenis konten yang menghibur meskipun di dalamnya terdapat beberapa materi iklan. Jadi, kamu bisa memanfaatkannya dengan membuat konten yang lucu atau kreatif saat membagikan pengalaman penggunaan produk tertentu. 

Kesimpulannya, user generated content memiliki banyak manfaat untuk sebuah bisnis. Selain berbagai manfaat dan tugas yang disebutkan di atas, user generated content juga bisa digunakan sebagai alat untuk mengetahui respon dan cara pandang pengguna terhadap sebuah produk. 

Informasi tentang respon dan cara pandang tersebut tentu penting bagi sebuah bisnis sebab akan sangat berguna ketika menyusun strategi pemasaran yang sesuai dengan minat dan preferensi konten target pasar dari produk yang dijual. Nantinya, perusahaan memiliki peluang yang lebih besar untuk menghasilkan strategi pemasaran (lead) dan meningkatkan nilai penjualan.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mempelajari teknik marketing dan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan cakupan bisnis dan target pasar? Pelajari lebih dalam tentang bisnis dan teknologi dengan kursus di GreatNusa. 

Tak ada yang perlu diragukan lagi, seluruh kursus di GreatNusa diajarkan langsung oleh ahlinya. Jadi tunggu apalagi, daftarkan diri kamu sekarang dan tingkatkan keterampilan kamu melalui kursus dan webinar di GreatNusa segera! 

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok