CAREERS

7 Manfaat Leadership di Perusahaan

By greatnusa1 Februari 2023

Bagikan Artikel

7 Manfaat Leadership di Perusahaan

Lingkungan mana pun pasti membutuhkan orang yang memiliki jiwa kepemimpinan atau leadership. Begitu pula lingkungan kerja, seorang pemimpin diperlukan agar pekerjaan atau proyek yang dikerjakan tetap terkontrol. Leadership juga berdampak positif dalam meningkatkan semangat kerja anggota tim. Manfaat leadership di perusahaan ternyata sangat signifikan, bukan?

Barangkali kamu ingin menjadi pemimpin di tempat kerja tetapi belum mengetahui caranya. Maka dari itu, GreatNusa akan memberikan contoh leadership yang bisa kamu terapkan dan manfaatnya dalam artikel ini. Yuk, simak pembahasannya sampai selesai!

Pengertian Leadership

Lebih baik kamu memahami dahulu pengertian leadership sebelum mengetahui manfaatnya. Leadership atau kepemimpinan dalam konteks bisnis merupakan konsep yang menggambarkan seseorang sebagai pembuat keputusan untuk mencapai tujuan. Leadership juga mencakup seorang inspirator yang membawa perubahan serta memberikan arahan kepada anggota tim.

Ada pula pengertian leadership yang digagas oleh beberapa pakar. Wahjosumidjo (1987) mendefinisikan kepemimpinan sebagai seseorang yang memiliki kepribadian, kemampuan, dan kesanggupan untuk menjadi seorang pemimpin. 

Fiedler menganggap kepemimpinan sebagai pola hubungan individu menggunakan pengaruhnya untuk mengajak sekelompok orang agar bisa bekerja sama. Sondang P. Siagian mengungkapkan kepemimpinan sebagai seseorang yang menjabat posisi di dalam pimpinan organisasi dan berfungsi untuk memengaruhi orang lain demi tercapainya tujuan.

Manfaat Leadership di Perusahaan

Pengertian di atas menggambarkan leadership bukanlah posisi yang otoriter. Leadership harus memiliki kemampuan mengayomi agar menghasilkan manfaat besar bagi perusahaan. Apa saja manfaat memiliki jiwa kepemimpinan di tempat kerja?

1. Meningkatkan Semangat Anggota Tim

Karyawan harus memiliki semangat dan daya juang yang tinggi selama bekerja. Pemimpin bisa meningkatkan semangat anggota timnya dengan mengamati perilaku mereka serta mengukur produktivitasnya. Langkah ini sangat membantu pemimpin dalam mencari cara untuk menyemangati anggotanya agar mereka terus produktif dan selalu memberikan hasil pekerjaan yang baik.

2. Membentuk Nilai dan Tujuan

Suatu divisi atau departemen perlu memiliki nilai dan tujuan yang jelas dalam pekerjaannya. Pemimpin yang baik harus bisa membuat tujuan yang terukur, realistis, dan sesuai dengan visi yang ingin dicapai oleh perusahaan. Anggota tim akan bekerja lebih efektif dan terarah sesuai tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan ini juga dapat memengaruhi perspektif atau cara pandang karyawan lain, termasuk tim manajemen, terhadap departemennya.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatur Manajemen Waktu yang Tepat?

3. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Komunikasi merupakan komponen yang vital di dalam perusahaan. Pemimpin harus menjadi tempat yang nyaman bagi anggota timnya untuk mengomunikasikan masalah yang dihadapi selama bekerja. Kerja sama dan kolaborasi antar anggota tim pun dapat berjalan baik apabila alur komunikasinya berjalan jelas. Pekerjaan bisa diselesaikan secara efektif dan tepat waktu melalui komunikasi yang baik.

4. Melahirkan Calon Pemimpin Masa Depan

Pemimpin yang baik selalu memikirkan kelangsungan masa depan perusahaan atau timnya. Mereka menyadari bahwa dirinya tidak selalu ada untuk perusahaan. Oleh karena itu, pemimpin harus melahirkan calon pemimpin yang lebih unggul daripada dirinya. Mereka membantu anggota tim dalam menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Perusahaan tidak akan kehilangan arah karena selalu ada pemimpin baru yang siap memegang kendali kepemimpinan.

5. Membentuk Budaya Kerja yang Sehat

Pemimpin harus melahirkan budaya kerja yang sehat dengan menjadi role-model yang positif dan selalu mengayomi anggotanya. Pemimpin juga membantu anggotanya dalam mengenali kekuatan serta menginspirasi mereka untuk mengambil risiko demi pertumbuhannya. Budaya kerja yang sehat dan positif dapat membuat perusahaan menjadi tempat yang nyaman bagi karyawan untuk bertumbuh dan mengembangkan potensinya.

Baca juga: Apa Itu Komunikasi Bisnis, Unsur, Jenis dan Manfaatnya

6. Memotivasi Anggota Tim untuk Bertumbuh

Bentuk motivasi karyawan tidak harus selalu dari hal-hal yang kelihatan, contohnya insentif. Mereka juga membutuhkan motivasi dari pemimpinnya agar terus semangat bekerja dan bertumbuh. Pemimpin perlu menyemangati anggota timnya dengan mengakui kerja keras dan prestasi yang telah mereka hasilkan. Karyawan pun akan termotivasi dan terus menantang dirinya untuk mencapai kesuksesan demi peningkatan karier.

7. Meningkatkan Pendapatan Perusahaan

Kepemimpinan secara tidak langsung berdampak positif pada peningkatan pendapatan perusahaan. Pemimpin akan menyesuaikan struktur perusahaan serta mengambil keputusan terbaik untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan. Mereka juga memiliki anggota tim yang solid dan termotivasi sehingga selalu memberikan hasil pekerjaan yang memuaskan. Perusahaan yang memiliki pendapatan tinggi tentu akan lebih unggul daripada kompetitornya.

Contoh Leadership di Perusahaan

Kamu tidak perlu menunggu promosi jabatan untuk menunjukkan kemampuan leadership di perusahaan. Sikap leadership bisa ditunjukkan dari beberapa langkah sederhana, namun bisa membawa dampak besar melalui pengaruh yang diberikan. Berikut contoh leadership yang dapat diterapkan dalam kehidupan kariermu.

1. Memimpin Rapat

Rapat alias meeting tentu membutuhkan campur tangan pemimpin agar berjalan kondusif. Kamu bisa mengambil bagian dalam rapat sebagai moderator ketika manajer atau pimpinan tim kamu sedang berhalangan. Selain rapat, kamu juga bisa memimpin sesi training bersama anggota tim.

2. Memimpin Proyek Klien

Adakalanya kamu mendapatkan proyek dari klien dan harus dikerjakan bersama anggota tim dari divisi lain. Tugas ini tidaklah mudah karena kamu harus bersikap kooperatif bersama beberapa pihak yang terlibat. Namun, kamu bisa melatih kepemimpinan melalui pembuatan keputusan yang baik dan memimpin jalannya proyek sampai selesai.

Baca juga: Contoh Analisis Pesaing Pasar dalam Bisnis Makanan

3. Menemukan Solusi atas Masalah

Pemimpin juga diharapkan bisa menemukan solusi atas persoalan yang sedang dihadapi anggota timnya. Sama halnya memimpin proyek, kamu pun perlu membuat keputusan matang untuk menghasilkan solusi yang tepat dan berdaya guna.

4. Meninjau Pekerjaan Anggota Tim

Kemampuan leadership bisa pula diasah melalui kegiatan memeriksa pekerjaan anggota tim. Kamu bisa mengetahui bagian yang salah serta memberikan koreksi terhadap kesalahan mereka. Contoh leadership ini tentunya membawa manfaat yang besar, yakni anggota tim kamu akan termotivasi untuk lebih baik dalam bekerja.

Kamu pasti menyadari besarnya manfaat leadership untuk perusahaan setelah membaca artikel ini. Untuk mengembangkan kemampuan leadership, kamu bisa melakukan empat contoh yang dijelaskan sebelumnya. Namun, ada baiknya pula kamu membangun self-leadership terlebih dahulu sebelum memimpin orang lain. Untuk itu, kamu bisa mengikuti kelas Self-Leadership: Metode Mengenal Diri Sendiri dari GreatNusa supaya kamu bisa mendapatkan gambaran yang jelas mengenai kepemimpinan.

Melalui kelas tersebut, kamu bisa mengenal diri sendiri lebih dalam lagi agar bisa menumbuhkan potensi kepemimpinan yang lebih besar. Yuk, kembangkan jiwa kepemimpinan dalam dirimu agar bisa menjadi pemimpin yang hebat dengan mengikuti kelas dari GreatNusa!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok