Mengenal Tingkatan Rendah dan Tinggi dalam Bahasa Pemrograman

Bagikan Artikel 

bahasa pemrograman tingkat tinggi

Dalam dunia teknologi saat ini, bahasa pemrograman merupakan salah satu aspek penting dalam pengembangan software. Ada banyak tingkatan bahasa pemrograman yang tersedia, mulai dari bahasa pemrograman tingkat rendah hingga bahasa pemrograman tingkat tinggi. Untuk memahami tingkatan bahasa pemrograman tersebut, baca selengkapnya artikel berikut ini!

Apa itu Bahasa Pemrograman?

Bahasa pemrograman adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk menulis atau menyusun kode yang dapat diterjemahkan oleh komputer menjadi instruksi-instruksi yang dapat dieksekusi. Hal ini sama saja dengan menjadikan bahasa pemrograman sebagai cara yang bisa dipahami oleh komputer.

Apa Saja Fungsi Bahasa Pemrograman?

Bahasa pemrograman memiliki banyak fungsi, terutama pengaruhnya pada hubungan komputer dan penggunanya. Berikut adalah fungsi-fungsi bahasa pemrograman yang perlu kamu ketahui!

1. Memudahkan Komunikasi Antara Komputer dan Pengguna

Bahasa pemrograman membuat komunikasi dengan komputer menjadi lebih mudah dan efisien. Hal ini karena pengguna komputer dapat menuliskan perintah dalam bahasa yang pengguna komputer pahami dan komputer dapat mengeksekusi perintah tersebut.

2. Membuat Aplikasi yang Kompleks

Bahasa pemrograman memungkinkan kita untuk menulis kode yang lebih kompleks dan canggih, seperti aplikasi berbasis web, mobile, atau desktop. Bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi yang kompleks biasanya memiliki fitur yang lebih lengkap dan kaya dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang digunakan untuk aplikasi sederhana. 

3. Membuat Kode Reusable

Bahasa pemrograman memungkinkan pembuatan kode yang dapat digunakan kembali, sehingga membuat proses pengembangan software lebih efisien dan mengurangi waktu dan biaya pengembangan.

Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat kode yang reusable adalah bahasa pemrograman yang mendukung Object-Oriented Programming (OOP). OOP merupakan metode pemrograman yang menyediakan fitur seperti inheritance, polymorphism, dan encapsulation, yang membuat kode lebih mudah dijaga dan digunakan kembali.

4. Mempercepat Pengembangan Software

Fungsi selanjutnya dari bahasa pemrograman memiliki kaitan dengan pengembangan software. Penggunaan bahasa pemrograman dapat membantu para pengembang dalam menulis dan menguji kode dengan cepat, sehingga proses pengembangan software menjadi lebih efisien.

5. Membuat Komputer Melakukan Banyak Tugas yang Berbeda

Bahasa pemrograman memungkinkan komputer untuk melakukan banyak tugas berbeda dengan cara memberikan instruksi-instruksi yang dapat dipahami oleh komputer. Instruksi-instruksi tersebut dapat digunakan untuk melakukan berbagai tugas yang berbeda.

Contohnya seperti menyimpan dan mengambil data, tugas  logika dan perhitungan, berinteraksi dengan penggunanya, hingga berkomunikasi dengan perangkat lain dan masih banyak lagi. Jadi, bahasa pemrograman membuat penggunaan komputer tidak terbatas.

Baca Juga: Bahasa Pemrograman HTML: Tips Serta Pemahaman Dasar Belajarnya

Apa Saja Tingkatan Bahasa Pemrograman?

Ada berbagai tingkatan bahasa pemrograman dalam penggunaannya. Tingkatan ini juga berpengaruh pada fungsi dan karakteristiknya. Berikut adalah tingkatan bahasa pemrograman yang kamu perlu ketahui!

1. Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah (Low-Level Language) 

Bahasa pemrograman yang sangat dekat dengan bahasa mesin (machine code) atau bahasa assembly termasuk ke dalam bahasa pemrograman tingkat rendah. Contoh bahasa tingkat rendah adalah assembly, C, atau C++. Bahasa ini cenderung sulit dipahami oleh manusia dan lebih banyak digunakan untuk aplikasi sistem atau aplikasi yang memerlukan performa tinggi.

2. Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah (Mid-Level Language)

Bahasa pemrograman tingkat menengah merupakan bahasa pemrograman yang menggabungkan konsep bahasa tingkat rendah dan tingkat tinggi. Contoh bahasa tingkat menengah adalah C#, Pascal, atau Java. Bahasa ini lebih mudah dipahami oleh manusia dan lebih banyak digunakan untuk aplikasi bisnis atau aplikasi pengembangan perangkat lunak.

3. Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi (High-Level Language)

Bahasa pemrograman yang sangat jauh dari bahasa mesin atau bahasa assembly adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi atau high-level language. Contoh bahasa tingkat tinggi adalah Python, Ruby, atau JavaScript. Bahasa ini sangat mudah dipahami oleh manusia dan lebih banyak digunakan untuk aplikasi web, aplikasi mobile, atau aplikasi data science.

Baca Juga: 6 Prospek Kerja Bisnis Digital dan Kualifikasinya

Apa Saja Contoh Bahasa Pemrograman di Kalangan Developer?

Bahasa pemrograman pada penerapannya memiliki banyak jenis dari yang paling populer hingga yang paling jarang digunakan. Namun, kami akan membagikan bahasa pemrograman yang paling sering digunakan di kalangan developer hanya untuk kamu!

1. JavaScript

JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk menambahkan interaksi dan dinamika pada halaman web. JavaScript dapat digunakan untuk membuat aplikasi web sederhana atau aplikasi web yang kompleks, seperti aplikasi web single-page atau aplikasi web progressive. JavaScript juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile dengan menggunakan framework seperti React Native atau Ionic.

2. Java

Bahasa pemrograman yang digunakan untuk pengembangan aplikasi desktop, aplikasi web, aplikasi mobile, atau aplikasi embedded termasuk ke dalam Java. Bahasa pemrograman Java mengutamakan konsep “write once, run everywhere” yang memungkinkan aplikasi yang ditulis dalam Java dapat dijalankan di berbagai platform tanpa perlu mengubah kode. Java juga memiliki keamanan yang baik dan fitur-fitur yang memungkinkan pengembangan aplikasi yang kompleks.

3. C#

Bahasa C# adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk pengembangan aplikasi desktop, aplikasi web, aplikasi mobile, atau game. C# dikembangkan oleh Microsoft dan dapat digunakan dengan framework .NET. C# memiliki sintaks yang mirip dengan Java dan memungkinkan pengembangan aplikasi yang kompleks dengan menggunakan fitur-fitur seperti OOP (Object-Oriented Programming), exception handling, atau generics.

4. C++

Bahasa pemrograman yang digunakan untuk pengembangan aplikasi sistem, game, atau aplikasi yang memerlukan performa tinggi adalah bahasa C++. Apa itu bahasa C++? Bahasa C++ merupakan bahasa tingkat tinggi yang dapat digunakan untuk mengakses fitur-fitur bahasa tingkat rendah. C++ juga memiliki fitur-fitur seperti OOP, exception handling, atau template.

5. SQL

Di poin terakhir, kamu akan mengenal SQL atau bahasa pemrograman yang digunakan untuk data science karena memiliki kemampuan untuk mengambil data dari database dan memanipulasinya. SQL sangat bermanfaat dalam data wrangling dan data cleaning.

Baca Juga: Pendekatan Waterfall dalam Manajemen Proyek

Apa Saja Perbedaan Bahasa Pemrograman dan Bahasa Lainnya?

Ada beberapa hal yang bisa dibedakan dari bahasa pemrograman dengan bahasa lainnya. Salah satunya beberapa hal yang dimiliki bahasa pemrograman sebagai berikut.

1. Sintaks

Bahasa pemrograman memiliki sintaks yang spesifik dan harus diikuti dengan benar agar kode dapat dijalankan dengan baik. Sintaks dalam bahasa pemrograman biasanya lebih terstruktur dan tidak fleksibel seperti bahasa alami.

2. Logika

Bahasa pemrograman mengikuti logika matematika yang jelas dan tidak bersifat subyektif seperti bahasa alami. Hal ini membuat kode dalam bahasa pemrograman lebih mudah diprediksi dan diuji.

3. Tujuan dan Eksekusi

Bahasa pemrograman digunakan untuk mengontrol komputer dan membuat aplikasi, sementara bahasa lain digunakan untuk komunikasi antar manusia. Selain itu, bahasa pemrograman dijalankan oleh komputer dan mengeksekusi instruksi yang diberikan, sedangkan bahasa lain tidak memerlukan eksekusi.

4. Scalability

Bahasa pemrograman memungkinkan untuk skalabilitas yang tinggi dalam pengembangan aplikasi yang kompleks. Hal ini akan berbeda jika dibandingkan dengan bahasa lainnya karena bahasa lain tidak memiliki kapabilitas semacam ini.

Sebagai pengguna komputer, kamu tentunya bisa memperdalam pemahaman mengenai bahasa pemrograman hingga tingkatan bahasa pemrograman. Meskipun bahasa pemrograman terkesan memiliki materi yang kompleks, kamu bisa memahaminya dengan mudah melalui kursus desain web dan mempelajari bahasa pemrograman di GreatNusa. Kamu juga bisa mengikuti kursus-kursus lainnya yang tersedia di GreatNusa untuk menaikkan skill kapan saja dan di mana saja. Yuk, daftarkan dirimu segera!

Bagikan Artikel

[show_copy_btn]

Great Nusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan Required fields are marked *

Tentang GreatNusa

GreatNusa adalah portal pembelajaran online dengan visi mencetak pemimpin masa depan Indonesia yang berani menjadi pribadi HEBAT dengan materi pembelajaran berkualitas. Akses pembelajaran dengan mudah dari mana saja dan kapan saja tersedia dalam bentuk kursus gratis maupun kursus berbayar melalui website dan aplikasi GreatNusa. Kami berkomitmen membentuk karakter yang HEBAT melalui nilai-nilai perusahaan kami