KNOWLEDGE

Apa yang Dimaksud dengan Machine Learning dan Cara Kerjanya

By greatnusa16 Februari 2023

Bagikan Artikel

Apa yang Dimaksud dengan Machine Learning dan Cara Kerjanya

Istilah machine learning kerap muncul sebagai salah satu tren teknologi yang semakin banyak berperan dalam era industri digital 4.0. Apa yang dimaksud dengan machine learning? Bagaimana teknologi ini berperan dalam dunia bisnis? Jika kamu berniat memulai bisnis atau memulai karier yang melibatkan analisis dan evaluasi mendalam, pastikan kamu mengetahui dasar-dasar machine learning sebagai berikut.

Definisi Machine Learning

Machine learning adalah konsep terkait pengambilan dan pembacaan pola data oleh komputer. Dengan kata lain, teknologi machine learning melibatkan proses belajar oleh komputer, di mana sistem komputer membaca pola tertentu dari rangkaian data acak. Hasil pembacaan ini digunakan untuk berbagai kepentingan, mulai dari membaca pola perilaku hingga nilai suatu industri.

Machine learning juga terkait dengan tren Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence). Dalam AI, machine learning memungkinkan teknologi tersebut untuk membaca dan menarik kesimpulan signifikan dari kumpulan data. Hal ini banyak diterapkan di berbagai sistem dan teknologi pendukung bisnis.

AI dan machine learning memiliki pasar potensial di masa depan. Menurut survei Statista, keuntungan dari pasar industri perangkat AI menunjukkan proyeksi peningkatan signifikan sejak tahun 2018, dan diperkirakan mencapai 126 miliar Dolar AS pada tahun 2025. Paduan proyeksi keuntungan serta manfaat teknologi ini bisa menjadi pertimbanganmu untuk semakin terlibat di dalamnya.

Baca Juga: Pengenalan Machine Learning untuk Pemula

Manfaat Machine Learning dalam Bisnis

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan machine learning, saatnya kamu memahami manfaatnya agar semakin yakin untuk menerapkannya. Beberapa contoh manfaat tersebut adalah:

  • Proses Analisis dan Pemrosesan Lebih Cepat

Analisis dan pemrosesan data selalu menjadi bagian dari dunia bisnis. Akan tetapi, jika dulu hanya ada sistem hitung dan analisis manual, kini kamu bisa mengandalkan machine learning. Proses analisis dan pemrosesan seperti input data bisa dilakukan secara otomatis sesuai kategori. Kamu bisa menggunakan waktu yang tersisa untuk melakukan hal lain dalam bisnis.

  • Penerjemahan Pesan ke Berbagai Bentuk

AI dan machine learning bisa secara cepat menerjemahkan pesan ke dalam bentuk lain. Contohnya adalah perubahan pesan teks ke suara (dan sebaliknya) atau penerjemahan teks secara otomatis. Berbagai fungsi ini sering muncul di perangkat seperti situs pencarian dan aplikasi ponsel, sesuatu yang sangat membantu pengguna dan bisa meningkatkan keuntungan perusahaan pengelolanya.

  • Model Finansial dan Matematis yang Akurat

Berbagai bisnis membutuhkan pembuatan dan analisis model finansial serta matematis. Keduanya harus dibuat, dihitung, dan dianalisis secara akurat agar bisa diaplikasikan dengan benar dalam bisnis. Dengan AI dan machine learning, proses ini bisa dilakukan secara cepat dan akurat sehingga minim kesalahan.

  • Dokumentasi dan Pelaporan Lebih Mudah

Dokumentasi, input data, pembuatan laporan, dan berbagai kegiatan terkait terkenal memakan banyak waktu jika dilakukan secara manual. Kini, berbagai perusahaan menggunakan teknologi untuk membuat dokumentasi dan laporan berdasarkan data yang sudah dimasukkan. Prosesnya pun semakin cepat dan mudah serta minim kesalahan. Kamu pun bisa menghemat waktu untuk melakukan hal lain terkait bisnis.

  • Segmentasi Pelanggan yang Lebih Akurat

Ingin bisnis sukses dan meraih banyak pelanggan setia? Salah satu kuncinya adalah memahami segmentasi pelanggan serta karakteristik setiap kelompok. Informasinya bisa kamu gunakan untuk merumuskan strategi pemasaran dan promosi yang tepat. Kamu bisa menggunakan teknologi machine learning untuk menciptakan segmentasi tersebut dari kumpulan besar data. Machine learning “belajar” mengelompokkan karakteristik pelanggan secara mendetail lewat informasi yang sudah kamu masukkan.

Baca Juga: Pengertian Supervised Learning dalam Machine Learning

Contoh Penerapan Machine Learning

Apa yang dimaksud dengan machine learning dalam dunia bisnis dan industri? Penerapannya ternyata sudah banyak. Berikut beberapa di antaranya.

  • Asisten Virtual

AI dan machine learning adalah bagian penting dari teknologi asisten virtual, misalnya Siri dan Cortana. Keduanya memberikan jawaban terbaik terhadap pertanyaan “standar” pengguna (misalnya menanyakan ramalan cuaca atau kabar terbaru dari media daring) lewat masukan data yang sudah diberikan sebelumnya.

  • Rekomendasi Toko Daring

Pernahkah kamu melihat produk tertentu di toko daring lalu mendapat rekomendasi produk serupa di bawahnya? Hal ini berkat teknologi machine learning yang membaca minat calon pembeli berdasarkan barang yang mereka klik sebelumnya. Desain machine learning seperti ini juga terlihat dari Amazon yang memperlihatkan barang lain yang bisa kamu beli bersama produk utama yang sedang dilihat.

  • Chatbot

Chatbot adalah teknologi yang semakin sering terlihat di berbagai situs komersial. Chatbot diterapkan dalam kotak chat yang otomatis muncul ketika kamu membuka situs tersebut (biasanya mereka memulai dengan pesan “Ada yang bisa dibantu?”). Data yang dimasukkan ke dalam chatbot tersebut membuatnya mampu menjawab pertanyaan standar.

  • Analisis Peramban

Analisis pada peramban (browser) adalah bukti adanya machine learning yang mempelajari perilaku penggunaan internetmu. Ketika kamu rajin mencari suatu informasi, peramban akan mengisi kotak kosong dengan teks prediksi secara otomatis, tergantung apa yang kamu sering cari. Hal ini berarti peramban membaca perilakumu dengan mudah.

Baca Juga: 7 Contoh Kecerdasan Buatan yang Berhasil Diterapkan

Tips Adopsi Machine Learning di Perusahaan 

Mengadopsi teknologi baru yang menyeluruh seperti machine learning membutuhkan strategi agar penerapannya bisa jangka panjang. Inilah beberapa tips agar teknologi tersebut bisa terus berjalan:

  • Pekerjakan Staf dengan Keahlian Spesifik

Teknologi machine learning semakin berkembang dan perusahaan wajib merespons dengan mempekerjakan staf berkeahlian spesifik. Contohnya adalah insinyur data, peneliti data, dan mekanik AI. Keahlian spesifik mereka membutuhkan investasi, tetapi mereka mampu menjaga dan meningkatkan daya kerja teknologi yang diadopsi perusahaanmu.

  • Ciptakan Sistem Pengukuran Kesuksesan

Hasil pengambilan dan analisis data lewat machine learning harus melalui proses pengukuran agar kamu bisa mengukur potensi kesuksesan teknologi tersebut. Metrik dan sistem pengukuran tersebut harus dilakukan oleh pakar profesional yang sengaja ditunjuk. Sistem tersebut tidak hanya menjaga kinerja teknologi, tetapi juga memudahkanmu untuk mengukur kemajuan dan kemunduran perusahaan lewat tren data yang dibaca.

  • Terapkan Manajemen Rinci dan Privasi Data

Penerapan machine learning wajib melalui sistem manajemen rinci, dari pemasangan, pemeliharaan, pelaksanaan, perbaikan, hingga evaluasi. Semuanya harus memiliki daftar tugas rutin agar bisa dikelola secara rapi. Perusahaan juga wajib menciptakan sistem perlindungan privasi data sejak awal, bukan menambahkannya belakangan. Transparansi, manajemen yang baik, serta privasi data adalah kunci penerapan sukses.

Ingin belajar lebih jauh tentang machine learning? Ikuti kursus pengembangan diri dan karier lewat GreatNusa, penyedia kursus daring dengan materi digital. Selain kursus, GreatNusa juga rutin mengadakan webinar dengan berbagai tema, termasuk teknologi data, AI, dan machine learning.

GreatNusa menyediakan kursus dan webinar bertema teknologi, misalnya Introduction to Artificial Intelligence dan Praktik Data Science untuk Pemula. Setiap kursus disampaikan oleh instruktur yang ahli di bidangnya, lengkap dengan materi digital yang mudah diakses. Semua materinya juga disesuaikan dengan tuntutan era industri digital 4.0 sehingga keahlian yang kamu dapat lebih relevan.

Mengetahui apa yang dimaksud dengan machine learning serta cara kerja dan contohnya memberimu ilustrasi tentang tren bisnis masa depan. Ikuti kursus di GreatNusa untuk mempelajari beragam ilmu terkait teknologi dan tren ini.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok