KNOWLEDGE

Apa itu Kecerdasan Buatan dan Contohnya? Bagaimana Cara Kerjanya?

By greatnusa28 Februari 2023

Bagikan Artikel

Apa itu Kecerdasan Buatan dan Contohnya? Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa itu kecerdasan buatan? Apakah kamu sudah memahaminya? Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) adalah suatu teknologi yang dikembangkan untuk membantu pekerjaan manusia. Sederhananya, kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dibuat dari susunan format kode (coding) yang memungkinkannya bertindak seperti manusia. Ingin mengenal kecerdasan buatan lebih jauh? Baca artikel ini sampai akhir, ya!

Apa Itu Kecerdasan Buatan?

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence adalah sistem komputer yang diprogram untuk dapat melakukan apa yang dilakukan oleh manusia. AI memang belum memiliki kemampuan sempurna yang umumnya dimiliki oleh manusia, namun AI sudah bisa melakukan hal-hal dasar seperti berikut ini. 

  1. Acting Humanly = Sistem AI dapat bertindak layaknya manusia.
  2. Thinking Humanly = Sistem AI bisa berpikir seperti halnya manusia.
  3. Think Rationally = Sistem AI memiliki kemampuan berpikir secara rasional.
  4. Act Rationally = Sistem AI memiliki kemampuan bertindak secara rasional.

Keempat poin di atas sudah bisa dilakukan oleh AI. Kemampuannya bisa kita lihat dalam berbagai aspek kehidupan. Namun perlu diingat bahwa setiap sistem AI hanya bisa melakukan salah satu dari keempat dasar di atas. Dalam AI asisten virtual (virtual assistant), kita bisa melihat bahwa sistem AI dapat berpikir secara rasional lewat jawaban dari pertanyaan yang diajukan. 

Baca Juga: Mengenal Beberapa Kelebihan Kecerdasan Buatan

Perkembangan AI di dunia bisa dibilang cukup pesat dengan semakin berkembangnya teknologi yang ada. Tidak hanya berbentuk robot seperti yang dikabarkan dalam berita, sistem AI juga ada yang tidak berwujud seperti dalam HP dan gadget yang kita miliki. Pernahkah kamu memikirkan bagaimana cara AI dapat bertindak seperti manusia? Cari tahu jawabannya pada poin berikut. 

Apa Saja Bentuk Kecerdasan Buatan?

Setidaknya ada empat bentuk teknologi kecerdasan buatan yang dapat dilakukan oleh instrumen teknis. Sistem kecerdasan ilmu komputer yang berdasarkan kecerdasan manusia ini terdiri dari:

1. Acting Humanly

Bentuk ini pada dasarnya adalah kecerdasan buatan yang dapat menyelesaikan pekerjaan dan melakukan tugas-tugas yang biasanya ditangani oleh manusia.

2. Thinking Humanly

Thinking Humanly berarti suatu perangkat teknologi mempunyai sistem berpikir secara manusiawi. Dapat terlibat dalam aktivitas manusia berkat gaya berpikir tersebut.

3. Think Rationally

Cara lain untuk berpikir secara manusiawi adalah dengan berpikir secara logis. Maka, sistem diciptakan untuk memiliki kemampuan bernalar secara kritis seperti manusia.

4. Act Rationally

Kemampuan berpikir logis diikuti dengan kemampuan bertindak logis, yang merupakan pengembangan dari suatu sistem dimana manusia tidak hanya mampu berpikir logis tetapi juga mampu bereaksi secara logis, seperti mengenali benar atau tidaknya sesuatu.

Bagaimana Cara Kerja Kecerdasan Buatan?

AI bisa bertindak dan berpikir seperti manusia karena suatu program yang telah disusun sedemikian rupa. Namun tidak hanya karena program yang diberikan, AI juga memerlukan pengetahuan dan pengalaman yang baru seperti manusia. Pengetahuan dan pengalaman yang baru ini akan menambahkan informasi baru yang bisa membuat AI lebih cerdas dan bisa bertindak lebih banyak. 

Semua itu penting karena inti dari proses atau cara kerja AI adalah pembelajaran (learning), penalaran (reasoning) dan koreksi diri (self correction). Proses inilah yang membuat sistem AI memiliki kemampuan belajar dengan sendirinya dari pengetahuan dan pengalaman saat AI digunakan oleh manusia. 

Baca Juga: Pengertian Supervised Learning dalam Machine Learning

Apa Saja Contoh Kecerdasan Buatan dalam Kehidupan Sehari-hari?

Jika kamu belum bisa membayangkan seperti apa sistem AI yang bisa bertindak seperti manusia, berikut ini adalah beberapa contohnya. 

1. Asisten Virtual

Kecerdasan buatan dalam bentuk asisten virtual adalah sistem AI yang paling dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Saat bepergian, kita selalu membawanya di dalam tas. Ketika dibutuhkan, kita hanya perlu memanggil nama dari asisten virtual tersebut dan mereka akan menjawab pertanyaan atau melakukan sesuatu yang diminta. 

Sebagai contoh, kita bisa meminta asisten virtual untuk mengingatkan suatu acara atau tugas yang harus diselesaikan. Kita juga bisa bertanya mengenai cuaca atau berita yang terbaru. Asisten virtual bisa diandalkan bahkan untuk memberi tahu perkiraan waktu jalan pulang ke tempat yang kita tuju. Beberapa hal tersebut hanyalah sebagian kecil dari apa yang bisa dilakukan AI dalam bentuk asisten virtual. Nyatanya, masih banyak tugas yang bisa dilakukan oleh AI. 

2. Pengenal Wajah

Contoh AI berikutnya bisa dilihat dari sistem pengamanan di perangkat gadget yang kita punya. Fitur pengenal wajah (face recognition) adalah salah satu sistem AI yang berfungsi untuk memberikan proteksi pada gadget. Setiap kali kamu mencoba membuka gadget, sistem AI akan memindai wajah dan membandingkannya dengan wajah yang  sudah dipindai sebelumnya. Jika AI mendapati hasil pindaian berbeda, maka akses tidak dapat diberikan. 

Perbedaan Kecerdasan Buatan dengan Machine Learning

Machine learning adalah teknik komputer yang digunakan untuk secara otomatis meningkatkan kinerja program komputer berdasarkan data. Ini berfungsi dengan mengumpulkan, memproses, dan membandingkan data (dari kecil hingga besar) untuk mencari pola dan menilai perbedaan. Terdapat tiga jenis machine learning yang wajib Anda ketahui, yaitu supervised learning, unsupervised learning, dan reinforcement learning. 

1. Output

Mendefinisikan kecerdasan dapat melalui pengetahuan, maka dari itu knowledge adalah output dari kecerdasan buatan. Sementara itu machine learning menghasilkan output dalam bentuk data.

2.  Tujuan

Kecerdasan buatan berupaya menciptakan mesin yang dapat memecahkan masalah dengan meniru kecerdasan manusia. Sebaliknya, machine learning berupaya membuat algoritme yang dapat belajar dari data yang sudah ada sebelumnya.

3. Fungsi

Tujuan utama kecerdasan buatan adalah mengembangkan mesin cerdas yang dapat melakukan pekerjaan yang dilakukan manusia. Sedangkan machine learning bekerja melatih komputer untuk melakukan tugas sesuai dengan data sehingga dapat memberikan hasil yang dapat diandalkan.

4. Jenis Data

Tipe data tidak terstruktur, semi-terstruktur, dan terstruktur biasanya digunakan dalam kecerdasan buatan. Sementara itu machine learning hanya menggunakan data terstruktur dan semi-terstruktur.

5. Contoh Implementasi

Google assistant, chatbot, dan sistem pakar lainnya adalah contoh penerapan kecerdasan buatan. Sedangkan machine learning saat ini digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti mesin rekomendasi (yang memberikan saran untuk film di layanan streaming dan barang di situs e-commerce berdasarkan perilaku pengguna), algoritme pencarian Google, saran penandaan foto Facebook, dan banyak lagi.

Saat ini AI memang sudah terlihat cukup bagus dan canggih untuk membantu pekerjaan manusia sehari-hari, tetapi bisa dipastikan bahwa kecerdasan buatan akan terus berkembang dalam waktu-waktu ke depan. Apakah kamu tertarik mempelajari AI lebih jauh? Jika ya, kamu bisa memulai perjalanan belajar kecerdasan buatan bersama GreatNusa. 

GreatNusa menyediakan kursus artificial intelligent yang bisa membantu kamu mempelajari kecerdasan buatan dengan lebih lengkap. Jadi tunggu apalagi? Belajar bersama GreatNusa sekarang dan coba cari tahu lebih jauh apa itu kecerdasan buatan.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok