KNOWLEDGE

Training and Development: Tujuan Serta Manfaat Mengikutinya

By greatnusa1 Februari 2023

Bagikan Artikel

Training and Development: Tujuan Serta Manfaat Mengikutinya

Seberapa penting program training and development di perusahaan? Tentu saja penting karena program tersebut dapat menunjang keterampilan karyawan di perusahaan. Training and development adalah program yang perlu kamu terapkan jika ingin meningkatkan keberhasilan perusahaan pada masa depan. Mari ketahui lebih dalam tentang program training and development melalui ulasan menarik dalam bacaan ini.

Definisi Training and Development

Training and development adalah metode dan teknik yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan karyawan. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu karyawan dalam mencapai potensi terbaik mereka dalam karier maupun kontribusi terhadap perusahaan. 

Training and development bisa diselenggarakan dalam berbagai bentuk, mulai dari pelatihan on-the-job, program pengembangan kepemimpinan, training teknis (skill), pelatihan interkultural, hingga pelatihan yang dikhususkan untuk divisi tertentu seperti pemasaran.

Manfaat Training and Development

Tidak ada salahnya kamu menyelenggarakan program training and development di perusahaan karena ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari program ini. Apa saja?

1. Mempertahankan Karyawan

Salah satu tantangan terbesar yang dialami perusahaan yaitu mempertahankan karyawan, khususnya karyawan berprestasi. Tantangan ini bisa diatasi melalui pengembangan karier. Program ini dapat membantu karyawan memiliki nilai yang tinggi dalam perusahaan serta meningkatkan loyalitas mereka. Retensi karyawan pun akan ikut meningkat seiring berkurangnya tingkat pergantian staf.

2. Melahirkan Pemimpin Masa Depan

Kamu bisa mengadakan training and development di bidang kepemimpinan. Topik kepemimpinan sangat penting untuk pertumbuhan bisnis. Perusahaan pun tidak perlu merekrut karyawan baru, melainkan hanya mempersiapkan karyawan lama menjadi pemimpin.

Program pelatihan kepemimpinan bertujuan agar perusahaan fokus pada tujuan bisnis masa depan melalui persiapan karyawan terbaik yang siap untuk dipromosikan.

Baca juga: Strategic Leadership: Pengertian, Ciri, dan Cara Penerapannya

3. Memberdayakan Karyawan

Pelatihan dan pengembangan juga berguna untuk memberdayakan karyawan. Apalagi jika mengadakan pelatihan kepemimpinan, kamu dapat memberdayakan calon pemimpin agar bisa mendapatkan kepercayaan dari anggota timnya. Karyawan juga akan merasa lebih mandiri, dihargai, dan percaya diri setelah mengikuti training and development. Karyawan juga mempunyai otonomi karyawan sehingga bisa membuat keputusan sendiri tentang pekerjaannya.

4. Meningkatkan Keterlibatan di Tempat Kerja

Karyawan yang pasif dan tidak terlibat banyak akan merasa tidak puas. Mereka pun memiliki kebiasaan kerja yang negatif dan bisa membahayakan kariernya. Training and development dapat mencegah ketidakpuasan serta membantu perusahaan dalam melakukan evaluasi berkala. Karyawan pun dapat terlibat aktif dan mereka memiliki keinginan untuk memberikan kontribusi serta partisipasi yang lebih besar selama bekerja.

5. Membangun Hubungan Kerja

Training and development berguna sebagai kesempatan karyawan untuk mengeksplorasi topik baru, meningkatkan keterampilan, dan memperluas pengetahuan mereka. Tidak hanya itu, setiap karyawan juga dapat saling terhubung satu sama lain melalui program ini.

Selama sesi training and development, karyawan akan menyelesaikan tantangan baru secara bersama. Mereka pun dapat saling mengandalkan satu sama lain dalam berbagai kesempatan melalui kolaborasi bersama rekan kerja dengan keahlian khusus.

Langkah Penerapan Training and Development di Perusahaan

Manfaat training and development yang dijelaskan di atas cukup signifikan, bukan? Kamu dapat memulai program ini di perusahaan melalui lima langkah berikut agar berjalan lancar.

1. Identifikasi Kebutuhan Pelatihan

Training and development perlu dimulai dari proses identifikasi kebutuhan karyawan terkait skill atau topik yang ingin dikembangkan. Contohnya, karyawan di bidang desain grafis membutuhkan training skill software edit foto atau karyawan bidang SDM ingin mempelajari sistem payroll. Usahakanlah agar karyawan mendapatkan pelatihan sesuai kebutuhan mereka dan selaras rencana pengembangan tenaga kerja strategis di perusahaan kamu. 

2. Buat Tujuan Pelatihan Organisasi

Hasil identifikasi yang ditentukan pada langkah sebelumnya mengarah pada tujuan pelatihan. Salah satu tujuan yang bisa ditetapkan yaitu untuk menjembatani kesenjangan antara kinerja karyawan dan harapan perusahaan melalui pelatihan. Dari tujuan tersebut, kamu bisa membuat tujuan yang lebih spesifik, contohnya meningkatkan keterampilan teknis karyawan atau menghasilkan calon pemimpin 6 bulan setelah pelatihan.

3. Buat Rencana Pelatihan

Layaknya tugas SDM lainnya, kamu juga perlu membuat rencana pelatihan agar berjalan baik. Rencana pelatihan terdiri dari teori dan materi pembelajaran, peserta, tempat dan waktu, pelatih, kurikulum, metode pembelajaran, serta silabus. Buatlah rencana latihan yang matang agar proses aktivitas berjalan sesuai harapan yang ingin kamu capai.

Baca juga: Ketahui 5 Perbedaan Machine Learning dan Deep Learning

4. Eksekusi Rencana Pelatihan

Dalam tahap ini, barulah kamu bisa mengimplementasikan rencana pelatihan yang telah ditetapkan. Kamu juga harus memantau aktivitas training and development agar berjalan lancar hingga akhir. Rencana pelatihan ini bisa dilakukan secara langsung maupun daring (online) seperti webinar, kursus, dan sebagainya. Kamu bisa memanfaatkan kelas di GreatNusa sebagai salah satu sarana pelatihan online.

5. Melakukan Evaluasi terhadap Kegiatan Pelatihan

Training and development juga perlu dievaluasi untuk menentukan tingkat keberhasilannya. Tingkat efektivitas program ini dinilai berdasarkan program pelatihan yang berjalan lancar dan sesuai tujuan yang telah ditetapkan. Kamu juga bisa melakukan evaluasi dengan cara mengetes kemampuan karyawan atau meminta ulasan mereka mengenai kegiatan latihan yang telah dilakukan.

Tips Mengikuti Pelatihan agar Kompetensi Tetap Berkembang

Bagi beberapa karyawan, program training and development merupakan proses yang dapat membuat frustrasi. Butuh waktu yang tidak sedikit serta latihan yang konsisten agar skill atau kemampuannya terus berkembang. Cobalah menerapkan tips pelatihan di bawah ini untuk mengembangkan skill-mu.

1. Sabar dan Tekun

Mempelajari keterampilan baru dapat membutuhkan waktu dan ketekunan yang tinggi. Jadi, bersabarlah dan terus hargai kemajuan kamu sekecil apa pun. Tips ini sangat berguna agar kamu tetap termotivasi untuk mencapai tujuan meskipun menemukan tantangan atau hambatan di tengah proses belajar.

Baca juga: Apa Saja Aspek-Aspek Teknis dan Teknologi dalam Studi Kelayakan Bisnis?

2. Lacak Progres Pembelajaran

Catat setiap kemajuan dalam tujuan pembelajaran sehingga kamu dapat mengukur dan melacak hasilnya. Progres dapat menunjukkan seberapa jauh kamu telah belajar serta menguji dirimu terhadap konsep yang telah dikuasai.

3. Evaluasi Keterampilan Baru

Salah satu cara efektif untuk mengembangkan keterampilan baru yaitu dengan terus berlatih dan mengevaluasi materi yang telah dipelajari. Contohnya, kamu bisa melatih keterampilan komunikasi melalui berbicara bersama orang baru. Cara lainnya yaitu melakukan penilaian diri mingguan untuk menguji keterampilan teknis yang baru dipelajari. 

4. Fokus pada Satu Keterampilan dalam Satu Waktu

Tidak bisa dimungkiri bahwa masa muda mendorongmu untuk mempelajari banyak skill. Lebih baik kamu fokus pada satu keterampilan dalam satu waktu. Kamu juga perlu membagi materi keterampilan yang diajarkan menjadi bagian-bagian kecil yang bisa dicapai. Langkah ini sangat membantu kamu dalam  mendalami seluruh materinya secara sistematis.

5. Ikuti Kelas di GreatNusa

Tips paling efektif dalam training and development adalah mengikuti kelas di platform pembelajaran GreatNusa. Ada banyak kategori kelas yang bisa kamu pilih sesuai minat dan kebutuhanmu. Contohnya, kamu bisa mendaftar kelas Dasar Menyusun Kamus Kompetensi SDM jika ingin meningkatkan kemampuan Human Resources perusahaan. Yuk, kunjungi website kami dan temukan berbagai topik yang menarik untuk pengembangan skill-mu.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok