WORK CULTURE

Kunci Sukses Perusahaan Jepang yang Bisa Kamu Gunakan

By greatnusa6 Februari 2023

Bagikan Artikel

Kunci Sukses Perusahaan Jepang yang Bisa Kamu Gunakan

Para pengusaha dari berbagai belahan dunia tahu bahwa Jepang adalah negara yang sangat penting dalam sektor industri. Negara berjuluk negeri sakura itu tidak hanya menjadi supplier yang besar, tetapi juga pelanggan sekaligus kompetitor. Selain itu, Jepang juga memegang posisi yang tidak kalah penting: sebagai guru di bidang bisnis.

Salah satu kunci sukses perusahaan di Jepang adalah kedisplinan yang tinggi. Inilah yang membuat banyak orang ingin belajar dari Jepang. Namun itu tentu bukan satu-satunya hal yang bisa kita contoh dari negara tersebut. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Bagaimana Manajemen Perusahaan Jepang Bisa Sukses?

Meski secara umum bisnis di dunia memiliki indikator dan prinsip yang sama dalam menciptakan manajemen yang baik, Jepang ternyata punya pendekatan berbeda. Apa saja yang membuat manajemen perusahaan Jepang bisa memiliki performa terbaik?

Membuat Keputusan dengan Konsensus

Semua institusi di Jepang baik lembaga pemerintah atau perusahaan, selalu membuat keputusan dengan sistem konsensus. Artinya, ketika mereka menemui masalah, mereka akan mempedebatkan keputusan yang diusulkan di semua organisasi sampai mereka menemui kata sepakat. Setelahnya, barulah keputusan bisa dibuat.

Fokus pada Masalah

Manajemen perusahaan Barat dan Jepang memiliki perbedaan pendapat tentang cara membuat keputusan. Banyak manajer di Barat berfokus pada jawaban dari pertanyaan. Tentu saja dengan mengembangkan pendekatan sistematis.

Berbeda dengan orang Jepang. Bagi mereka, elemen penting dari pengambilan keputusan adalah mendefinisikan pertanyaan. Langkah-langkah penting dan krusial terkait pengambilan keputusan adalah dengan melihat apakah sebenarnya mereka butuh keputusan? Jika ya, untuk apa keputusan itu? Dari langkah-langkah inilah, mereka akan menemukan konsensus dan persamaan pendapat.

Baca Juga: 5 Contoh Perusahaan yang Melakukan Transformasi Digital

Meningkatkan Transparansi Antar Komponen Bisnis

Dalam budaya kerja Jepang dikenal istilah kaizen. Kaizen sendiri merupakan sebuah metode praktis yang fokus pada tindakan perbaikian ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Kaizen digunakan ketika perusahaan menjalankan kegiatan operasional di bidang business management, engineering, manufaktur maupun development.

Berdasarkan metodologi ini, perusahaan akan didorong untuk melakukan komunikasi dan transparansi yang bisa meningkatkan kepercayaan yang lebih besar antara karyawan tingkat bawah hingga ke manajemen atas. Dengan begitu, bisnis bisa fokus menciptakan nilai yang berguna bagi konsumen ketimbang hanya fokus pada kesalahan-kesalahan karyawan.

Ketepatan adalah Kunci

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu kunci sukses perusahaan di Jepang adalah karena kedisplinan orang-orangnya. Hal ini betul-betul ditanamkan dalam lingkungan kerja di negara tersebut.

Saking disiplinnya orang Jepang, ada pepatah yang mengatakan, “Jika kamu datang sepuluh menit lebih awal, artinya kamu memang datang lebih awal. Kalau kamu datang lima menit sebelum waktu yang dijanjikan, artinya kamu tepat waktu. Saat kamu datang tepat di waktu yang sudah dijanjikan, di situlah kamu terlambat.”

Bagi orang Jepang, ketepatan adalah kunci. Baik itu untuk pertemuan penting, konsultasi dengan klien peroerangan atau pesta kantor di aktir tahun, mereka selalu mengutamakan ketepatan alias datang lima menit lebih awal. Meskipun ini terdengar sepele, tetapi pada kenyataannya ini adalah salah satu kunci kesuksesan banyak orang bahkan perusahaan di Jepang.

Memiliki Tenaga Kerja dengan Banyak Keterampilan

Menempatkan tenaga kerja sesuai dengan keahlian dan kompetensinya memang penting. Hal yang sama juga berlaku di Jepang. Hanya saja dalam budaya kerja Jepang, ada penekanan multi-keterampilan di mana kompetensi individu juga dilihat dari kemampuannya melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang.

Kemampuan ini sangat penting ketika kondisi bisnis sedang tidak stabil. Adanya sudut pandang yang luas dari masing-masing pekerja akan memudahkan proses navigasi dan pengambilan keputusan secara efektif.

Selain pemahaman dari berbagai sudut pandang, sifat integral dalam dunia kerja orang Jepang juga sangat menguntungkan bagi bisnis mereka. Meningkatnya kebutuhan akan inovasi membuat perusahaan harus mencari solusi terbaik dan ini bisa didapatkan ketika mereka melakukan integrasi ide dari domain-domain yang berbeda.

Ketika individu-individu dengan disiplin ilmu berbeda menggabungkan ide-ide, akan tercipta solusi unik. Inilah yang kemudian memudahkan perusahaan untuk menentukan produk seperti apa yang unggul dan bisa mereka tawarkan di pasaran.

Baca Juga: Pengertian Strategi Operasi dan Fungsinya Dalam Dunia Bisnis

Contoh Perusahaan Jepang yang Sukses di Kancah Global

Dengan lingkungan kerja yang lekat dengan kedisplinan, tak heran jika Jepang menjadi rumah bagi berbagai perusahaan besar. Tidak hanya di Asia, tetapi termasuk raksasa dari segi pendapatan di dunia. Beberapa di antaranya mungkin sudah familier di telingamu. Apa saja?

Toyota

Secara global, Toyota dikenal dengan produksi kendaraan berkualitas terbaik dengan harga mumpuni. Saat ini Toyota menduduki peringkat kedua perusahaan mobil terbesar dunia (hanya dikalahkan oleh Volkswagen asal Jerman). 

Toyota Mobile Corporation yang memiliki market value $176,6 miliar adalah salah satu perusahaan yang kisah suksesnya populer karena berhasil menjadi perusahaan pertama yang memproduksi 1 juta unit mobil dalam satu tahun. Mau tahu seberapa besar popularitas Toyota? Lihat saja garasimu, mungkin salah satu unitnya ada di sana.

Honda

Honda Motor Company sejak tahun 1980-an telah menjadi salah satu produsen sepeda motor dan mobil. Bersama-sama dengan Toyota, Mitsubishi dan Nissan, Honda meluncurkan produk kendaraan bermotor yang inovatif dengan harga bersaing. Honda bahkan diperkirakan sebagai perusahaan produsen sepeda motor terbesar di dunia saat ini dengan total market value $50,5 miliar.

Mitsubishi

Meski dikenal juga sebagai perusahaan yang memproduksi kendaraan bermotor, Mitsubishi Corporation yang berbasis di Tokyo sebenarnya adalah perusahaan trading terbesar di Jepang. Sektor usaha yang digeluti oleh Mitsubishi juga terbilang sangat banyak termasuk di bidang keuangan, mesin, bahan kimia dan makanan. Sementara itu kelompok bisnis energinya (yang menangani perdagangan dan investasi minyak dan gas) menghasilkan pendapatan yang cukup besar.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Strategi Pemasaran Global dan Contohnya

Japan Post Holdings

Perusahaan ini bertanggung jawab atas empat bidang bisnis utama (termasuk pengelolaan pengiriman surat dan layanan kantor pos Jepang). Japan Post Holdings merupakan konglomerat yang menggeluti berbagai bidang termasuk perbankan, asuransi dan logistik.

Pemerintah Jepang saat ini menjadi pemiliki sekitar 71% dari seluruh saham perusahaan. Kementerian Keuangan telah melakukan dua kali IPO (Penawaran Umum Perdana) pada tahun 2015 dan 2017 yang berhasil mengumpulkan total $14 miliar. Sebagian besar pendapatan pada tahun 2015 digunakan untuk perbaikan dan rekonstruksi daerah yang terkena bencana lingkungan.

Mempelajari bisnis dan konsep-konsepnya bisa dilakukan dari mana saja. Kalau kamu suka dengan budaya Jepang, kamu bisa mencontoh etiket kerja mereka. Kalau kamu ingin belajar dari negara lain yang kamu anggap lebih sukses, tentu juga tidak ada salahnya. Ingin belajar langsung dengan ikut kursus daring? GreatNusa adalah tempat terbaik yang bisa kamu pilih. Kami menyediakan beragam pilihan kelas daring untuk kamu yang ingin menjadi pebisnis.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok