KNOWLEDGE

Public Speaking: Pengertian, Contoh, Serta Pertanyaan yang Sering Diajukan

By greatnusa6 Februari 2023

Bagikan Artikel

Public Speaking: Pengertian, Contoh, Serta Pertanyaan yang Sering Diajukan

Sudah banyak contoh public speaking yang menarik dan kamu pasti ingin mengikuti jejak pembawa acara idolamu. Apalagi kamu beranggapan bahwa public speaking adalah cara terbaik untuk meningkatkan kepercayaan diri. Namun, masih banyak pertanyaan tentang public speaking yang sering menghantui benakmu sehingga masih ragu untuk terjun di bidang ini.

Tidak perlu khawatir karena GreatNusa akan mengupas tuntas tentang public speaking di artikel ini. Yuk, simak sampai selesai agar kamu makin antusias dalam bidang ini!

Memahami Public Speaking

Public speaking adalah bentuk komunikasi verbal antara seorang pembicara dan sekelompok orang sebagai audiens dalam suatu acara atau kegiatan. Pembicara harus bisa menyampaikan pesan yang jelas dan efektif kepada audiens agar dapat memengaruhi pandangan, perasaan, atau tindakan mereka.

Public speaking membutuhkan kemampuan persuasi, kreativitas, dan keterampilan berbicara yang baik. Kemampuan berbicara ini mencakup teknik presentasi, gaya berbicara, penggunaan bahasa tubuh, dan interaksi bersama audiens. Keberhasilan public speaking terlihat pada kemampuan pembicara dalam membangun hubungan dengan audiens dan membuat mereka merasa nyaman dan terlibat dalam presentasi.

Public speaking dapat dilakukan dalam berbagai situasi, seperti konferensi, seminar, workshop, ceramah, dan pidato. Public speaking merupakan keterampilan yang sangat berguna karena kamu bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi audiens yang mendengarnya.

Baca Juga: 7 Tips Cara Melatih Public Speaking Untuk Mahir Berbicara

Tujuan Public Speaking

Public speaking memiliki beberapa tujuan yang bisa dicapai sesuai jenis acara atau kegiatan yang dilakukan. Beberapa tujuan public speaking:

1. Menyampaikan Informasi

Penyampaian informasi merupakan tujuan utama public speaking. Kamu perlu melakukan presentasi secara efektif untuk memberikan informasi yang jelas dan mudah dipercaya oleh audiens ketika mendengarnya.

2. Memotivasi Audiens

Public speaking bisa menjadi sarana untuk memotivasi atau membujuk audiens untuk melakukan sesuatu. Kamu tidak hanya berfokus pada pesan yang akan disampaikan, tetapi juga teknik presentasi dan bahasa tubuh yang digunakan agar audiens makin yakin untuk mengikuti pesanmu.

3. Memengaruhi Pandangan 

Public speaking juga bertujuan untuk memengaruhi pandangan audiens. Biasanya, tujuan ini dicapai ketika hendak melakukan kampanye. Kamu perlu membangun pesan agar terdengar logis dan argumentatif untuk mencapai tujuan ini.

4. Menghibur Audiens

Ada pula public speaking yang bertujuan untuk menghibur audiens atau membangkitkan suasana. Kamu bisa menyisipkan pesan yang menghibur dalam pembicaraan utama agar audiens tidak merasa bosan ketika mendengar presentasimu.

Baca Juga: 8 Cara Public Speaking Untuk Pemula

Manfaat Public Speaking untuk Pengembangan Diri

Sekilas dijelaskan bahwa public speaking adalah cara yang bermanfaat untuk meningkatkan pengembangan diri. Seperti apa manfaatnya?

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Tidak salah jika kamu menganggap public speaking dapat meningkatkan kepercayaan diri. Pasalnya, kamu akan berbicara di depan banyak orang dan harus mengatasi rasa takut yang dialami pada momen tersebut. Kepercayaan diri makin meningkat apabila kamu merasa yakin dengan pesan yang disampaikan kepada audiens.

2. Membangun Keterampilan Komunikasi

Komunikasi merupakan keterampilan (skill) wajib yang harus dikembangkan setiap saat. Public speaking dapat meningkatkan skill komunikasi agar kamu lebih efektif dalam menyampaikan pesan. Setelah menguasai public speaking, kamu pun lebih efektif dalam kegiatan presentasi, wawancara, bahkan negosiasi bisnis.

3. Memperkaya Wawasan dan Pengetahuan

Public speaking mengharuskan kamu untuk menyampaikan materi yang bermanfaat dan memotivasi para pendengar. Itulah pentingnya wawasan dan pengetahuan untuk melengkapi dirimu. Audiens pun akan lebih percaya pada public speaker yang berwawasan luas dalam menyampaikan pesannya.

4. Meningkatkan Kemampuan Persuasi

Kamu pun dapat melatih kemampuan persuasi melalui public speaking. Kemampuan ini bisa berkembang kalau kamu menyusun pesan yang efektif dan mampu memengaruhi audiens untuk melakukan setiap pesanmu.

5. Memperluas Jaringan

Public speaking dapat menjadi sarana untuk membangun jaringan profesional. Kamu bisa berinteraksi bersama audiens yang berasal dari individu dan organisasi yang terlibat dalam acara yang diikuti.

6. Membangun Citra Diri

Ketika menyampaikan pesan yang efektif, kamu bisa menjadi sumber inspirasi bagi audiens. Kamu pun bisa membangun citra diri (image) yang positif di mata banyak orang dan mendapatkan kesempatan lebih besar dalam pengembangan karier.

Baca Juga: 7 Tips Cara Melatih Public Speaking Untuk Mahir Berbicara

Contoh Public Speaking

Ada banyak contoh public speaking berdasarkan konsep acaranya, yaitu:

1. Konferensi

Jenis acara ini melibatkan banyak pembicara. Semua pembicara mendapat giliran untuk mempresentasikan ide atau hasil penelitian mereka. Audiensnya adalah para pakar dalam bidang yang sama.

2. Pidato

Pidato merupakan kegiatan public speaking untuk menyampaikan pesan atau memotivasi audiens. Pidato biasanya disampaikan dalam acara resmi atau formal. Audiensnya merupakan tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut.

3. Seminar

Seminar merupakan acara yang didedikasikan untuk diskusi dan mempresentasikan topik tertentu. Audiensnya berupa ahli dalam bidang terkait dan peserta undangan yang tertarik mendengar topik yang dibawakan.

4. Debat

Debat merupakan kegiatan yang melibatkan dua atau lebih pembicara. Masing-masing pembicara menyampaikan argumentasi mereka dan berusaha untuk memengaruhi pendapat audiens yang mendengarnya.

Baca Juga: Apa Itu Jenjang Karier serta Contohnya

Pertanyaan Tentang Public Speaking yang Sering Diajukan

Apakah kamu tertarik untuk meningkatkan kemampuan public speaking? Tentunya kamu memiliki sejumlah pertanyaan tentang public speaking, tetapi belum menemukan jawabannya. Berikut lima pertanyaan tentang public speaking yang sering terlintas di benak banyak orang.

1. Bagaimana Cara Mengetahui Topik yang Menarik untuk Audiens?

Pasti sulit mengetahui topik yang menarik apabila tidak mendapatkan brief tentang acaranya. Namun, kamu bisa mendapatkan inspirasi topik dengan bertanya kepada 1-2 orang peserta atau koordinator acara. Kamu pun bisa meminta pendapat orang lain di media sosial melalui opsi tema yang disediakan.

2. Berapa Kali Saya Harus Latihan Public Speaking?

Tidak ada batasan untuk berlatih public speaking. Namun, berlatihlah sampai kamu bisa memahami pesan atau materi yang ingin disampaikan. Metode latihannya bisa dengan berbicara di depan cermin atau merekam suara sendiri.

3. Berapa Banyak Pesan yang Harus Disampaikan?

Pesan yang disampaikan tidak perlu terlalu panjang, apalagi jika ada keterbatasan waktu dalam acara. Audiens pun tidak akan mengingat pesanmu apabila terlalu panjang. Cukup sampaikan pesan secara sederhana, tetapi spesifik dan ringkas sehingga lebih mudah dipahami oleh audiens.

4. Bagaimana Cara Membuat Audiens Nyaman?

Gunakan intonasi dan bahasa tubuh yang sesuai ketika berinteraksi bersama audiens. Jangan lupa untuk menyisipkan pesan yang menghibur agar suasana acara tidak terasa canggung.

5. Bagaimana Cara Agar Tidak Gugup saat Presentasi?

Mulailah presentasi dengan melakukan interaksi dua arah bersama audiens. Kamu bisa memberikan pertanyaan atau sapaan interaktif mengenai tema terkait. Perasaan gugup pun dapat hilang dan kamu bisa mengingat materi yang ingin disampaikan sehingga tidak blank out.

Menarik sekali belajar tentang public speaking, bukan? Apalagi jika mempraktikkannya secara langsung, kamu bisa mengembangkan potensi terbaik dalam dirimu. Ikutilah kursus Public Speaking dari GreatNusa untuk mengetahui tips dan trik mengembangkan kepercayaan dirimu selama melakukan presentasi. Yuk, tingkatkan kemampuan public speaking kamu hanya bersama GreatNusa!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok