TIME MANAGEMENT

Cara Membangun Kepercayaan Diri dalam Public Speaking: Tips dan Strategi yang Perlu Kamu Coba

By greatnusa21 April 2023

Bagikan Artikel

Cara Membangun Kepercayaan Diri dalam Public Speaking: Tips dan Strategi yang Perlu Kamu Coba

Tahukah kamu bahwa pembicara yang telah berpengalaman pun pernah mengajukan pertanyaan di atas? Ya, pertanyaan tersebut terlintas di benak mereka ketika hendak tampil di depan umum. Berbicara di depan banyak orang sering menjadi tantangan yang menakutkan bagi kamu yang baru pertama kali melakukannya.

Kepercayaan diri merupakan hal yang esensial dalam public speaking. Lantas, bagaimana cara meningkatkannya ketika kamu hendak berbicara di depan banyak orang? Langsung simak saja artikel ini untuk mengetahui caranya.

Pengertian Public Speaking

Public speaking atau berbicara di depan umum merupakan proses penyampaian informasi atau komunikasi kepada audiensi yang terdiri dari banyak orang secara langsung. Jenis informasi yang disampaikan biasanya bersifat membujuk (persuasif), mendidik (edukatif), atau menghibur.

Public speaking mencakup tiga komponen utama, yaitu: gaya, substansi, dan dampak. Gaya berarti teks yang dibuat harus disampaikan agar terdengar lebih indah di telinga audiensi. Substansi dalam public speaking merupakan tema yang disampaikan untuk menarik dan menginspirasi nilai serta idealisme audiensi. Terakhir, dampak yang bermakna bahwa public speaking harus bisa memengaruhi pendapat dan pikiran audiensi serta meninggalkan kesan yang membekas.

Pentingnya Kepercayaan Diri dalam Public Speaking

Sekilas dijelaskan bahwa kepercayaan diri merupakan elemen tidak terpisahkan dalam public speaking. Kepercayaan diri membawa manfaat yang besar ketika kamu berbicara di depan umum. Pertama, kamu akan lebih fokus pada audiensi sehingga kamu lebih memusatkan perhatian pada kebutuhan, masalah, serta cara penyelesaiannya untuk membantu mereka. 

Selain itu, kepercayaan diri juga membantu kamu agar berbicara lebih jelas dan ringkas. Kamu hanya perlu menciptakan konten yang relevan dan sesuai kebutuhan audiensi serta meniadakan pesan yang dianggap kurang penting. Kamu juga mampu mengatasi beberapa tantangan tak terduga selama melakukan public speaking, seperti kehilangan pikiran selama berbicara atau merasa gugup.

Kepercayaan diri akan membuatmu menghasilkan karisma yang bisa membuat audiensi makin tertarik untuk mendengarkan orasi atau pesan yang kamu sampaikan. Pasalnya, orang yang percaya diri mampu memancarkan otoritas dan transparansi sehingga audiensi lebih percaya dengan pesan yang kamu sampaikan.

Baca Juga: Technical Skill Adalah: Pengertian dan Cara Meningkatkannya

Faktor-faktor yang Memengaruhi Kepercayaan Diri dalam Public Speaking

Terkadang seseorang bisa merasa tidak percaya diri ketika berbicara di depan umum. Namun, ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi tingkat kepercayaan diri dalam public speaking. Apa saja? Mari kita lihat penjelasannya di bawah ini.

1. Pengalaman Masa Lalu

Pengalaman masa lalu di bidang public speaking sangatlah memengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Apabila seseorang pernah mengalami kegagalan atau pengalaman buruk dalam berbicara di depan umum, kepercayaan diri mereka pun berkurang. Sebaliknya, orang yang memiliki pengalaman positif dan mendapat pujian dari audiensi akan lebih percaya diri dalam berbicara di depan umum.

2. Persiapan dan Latihan yang Kurang

Tidak sedikit orang yang merasa kurang percaya diri berbicara di depan umum hanya karena kurang latihan. Persiapan dan latihan yang cukup sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam public speaking. Pembicara impromptu alias orang yang bisa menyampaikan orasi tanpa persiapan pun sebetulnya sudah memiliki pengalaman dan jam terbang yang cukup tinggi sehingga bisa menyampaikan pesannya secara lancar.

3. Perasaan Takut dan Cemas

Wajar saja jika kamu merasa takut atau cemas ketika hendak berbicara di depan umum. Namun, kamu harus mengendalikan perasaan tersebut agar kepercayaan dirimu berkurang. Mengapa? Orang yang merasa takut atau cemas justru akan kesulitan berbicara di depan umum secara lancar. 

Baca Juga: Cara Membangun Kepercayaan Diri untuk Meraih Kesuksesan

Strategi dan Cara Membangun Kepercayaan Diri dalam Public Speaking

Sekarang saatnya kamu mengetahui cara membangun kepercayaan diri dalam public speaking. Cobalah menerapkan empat langkah di bawah ini yang untuk meningkatkan kepercayaan diri ketika berbicara di depan umum.

1. Persiapan yang Baik

Sekilas dijelaskan bahwa kepercayaan diri dalam public speaking dipengaruhi oleh persiapan dan latihan yang cukup. Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan materi presentasi yang teliti. Cari tahu informasi mengenai audiensi supaya kamu bisa menentukan gaya bahasa dan penyampaian yang efektif. Lakukan latihan dan gladi bersih (rehearse) untuk memastikan bahwa presentasi yang dibawakan berjalan lancar.

2. Fokus pada Pesan yang Disampaikan

Kepercayaan diri bisa juga terbangun ketika kamu lebih fokus pada pesan yang kamu sampaikan. Terobsesi pada diri sendiri justru akan menghambatmu untuk lebih percaya diri. Lebih baik kamu fokus menyampaikan pesan sejelas mungkin kepada audiensi. Lagi pula, langkah ini sangat penting karena merekalah yang menjadi sasaran utama pesanmu. Kamu pun akan lebih mudah mengatur pesan yang ingin disampaikan sehingga mereka lebih mudah memahaminya.

Baca Juga: Cara Membangun Kepercayaan Diri untuk Meraih Kesuksesan

3. Gunakan Bahasa Tubuh yang Tepat

Bahasa tubuh yang tepat juga penting untuk meningkatkan kepercayaan diri saat public speaking. Pertahankan postur tubuh yang tegap dan tidak membungkuk sebagai tanda bahwa kamu orang yang percaya diri. Gunakan gerakan tangan yang tepat dan tidak berlebihan, contohnya mengarahkan tangan pada slide presentasi atau memperjelas poin penting. Terakhir, jangan lupakan pentingnya kontak mata bersama audiensi secara periodik agar mereka merasa dihargai dan terlibat dalam presentasi kamu.

4. Terima Perasaan dan Emosi yang Muncul

Sering kali muncul perasaan dan emosi yang tidak diinginkan ketika berbicara di depan umum. Kamu tidak perlu takut, melainkan kenali dan terima perasaan tersebut supaya bisa mengelolanya lebih baik. Cobalah menenangkan diri dan cari cara untuk mengatasi perasaan yang mengganggu agar tidak menghambat presentasi yang sedang disampaikan. Terima dan atasi perasaan dan emosi yang muncul agar kepercayaan dirimu bertahan selama presentasi.

Ingin mengetahui cara membangun kepercayaan diri dalam public speaking yang lebih praktis dan komprehensif? Ikuti saja kelas Confident in Online Presentation dari GreatNusa. Kamu akan mempelajari cara mengatasi demam panggung, mengenali audiensi dalam waktu singkat, bahkan bisa menanggapi pertanyaan sulit yang sering keluar dari mulut audiensi. Tunggu apa lagi, daftarkan dirimu untuk mengikuti kelasnya. Kembangkan skill public speaking-mu hanya melalui kursus online di GreatNusa!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok