CAREERS

Micromanagement Adalah: Pengertian dan Dampaknya

By greatnusa20 April 2023

Bagikan Artikel

Micromanagement Adalah: Pengertian dan Dampaknya

Pernahkah kamu berpikir untuk tidak mendelegasikan pekerjaanmu kepada karyawan atau rekan kerja karena merasa masih bisa menyelesaikannya sendiri? Situasi tersebut dikenal sebagai micromanagement. Micromanagement adalah gaya manajemen yang perlu dihindari karena bisa membawa dampak buruk kepada karyawan.

Seperti apa dampak yang ditimbulkan akibat micromanagement? Bagaimana cara menghindari micromanagement dalam bekerja? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Memahami Micromanagement

Penting sekali untuk mengenali definisi micromanagement dan ciri-ciri yang ditimbulkan supaya kamu bisa mengatasinya pada waktu yang tepat.

1. Definisi Micromanagement

Micromanagement adalah gaya manajemen ketika seorang manajer terlalu memperhatikan, mengawasi, atau mengendalikan pekerjaan karyawannya secara ketat. Orang yang melakukan micromanagement alias micromanager terlibat langsung dalam pekerjaan orang lain. Artinya, seorang micromanager sering kali merasa enggan memberikan tanggung jawab kepada karyawan sehingga mereka menjadi satu-satunya pembuat keputusan. Mereka juga lebih memberi perintah daripada mengajari karyawannya.

Micromanagement mungkin memberikan hasil yang bagus, tetapi bisa merusak semangat karyawan dan perusahaan dalam jangka panjang. Biasanya, micromanagement dianggap sebagai konotasi negatif karena karyawan merasa bahwa micromanager meragukan kompetensi mereka.

Seorang micromanager biasanya menggunakan sebagian besar waktunya untuk mengawasi pekerjaan karyawannya dan terlalu menyoroti hal-hal kecil yang kurang penting dari tugas karyawannya. Meskipun manajer micromanager mungkin tidak memandang diri mereka sebagai orang yang demikian.

2. Ciri-ciri Micromanagement

Micromanagement ternyata lebih mudah dikenali oleh orang lain di perusahaan. Berikut ini beberapa tanda-tanda umum seorang micromanager:

  • Jarang memberikan pekerjaan atau mendelegasikan tugas kepada orang lain.
  • Sering meminta informasi terbaru mengenai proyek atau tugas yang terlalu terperinci dan membutuhkan laporan yang sangat detail.
  • Memaksa setiap karyawan untuk mendokumentasikan semua proses kerja.
  • Fokus pada detail yang tidak penting daripada melihat gambaran secara keseluruhan.
  • Menyarankan tenggat waktu yang tidak realistis.
  • Merasa kesal ketika keputusan dibuat tanpa melibatkan micromanager.
  • Terus-menerus memantau anggota tim dan sering mengulang pekerjaan yang sudah dikerjakan.
  • Merasa perlu melakukan semua pekerjaannya secara sendiri untuk memastikan segala sesuatunya sudah benar.

Baca Juga : Performance Management: Pengertian, Tujuan, serta Manfaat Melakukannya bagi Leader

Dampak Micromanagement pada Karyawan

Micromanagement memiliki dampak yang signifikan terhadap karyawan yang berada di bawah kendali seorang micromanager. Berikut beberapa dampak negatif micromanagement adalah sebagai berikut:

1. Rasa Tidak Percaya Diri

Karyawan yang dikelola oleh seorang micromanager cenderung merasa tidak percaya diri dalam melaksanakan tugasnya. Rasa tidak percaya diri ini muncul akibat kebiasaan micromanager yang terus-menerus memeriksa pekerjaan yang telah dilakukan oleh karyawan, bahkan pada rincian terkecil sekalipun. Akibatnya, karyawan merasa tidak dihargai dan meragukan kemampuan mereka sendiri.

2. Penurunan Produktivitas

Micromanagement juga berdampak negatif pada produktivitas karyawan. Karyawan yang selalu dipantau secara ketat dan diberi perintah yang detail pada setiap tahapan pekerjaan cenderung merasa tertekan dan stres. Alhasil, konsentrasi mereka terganggu sehingga memengaruhi kinerja secara keseluruhan yang pada akhirnya bisa menurunkan produktivitas karyawan dalam bekerja.

3. Kurangnya Inisiatif

Seorang micromanager cenderung mengambil alih seluruh kendali dan membuat semua keputusan, termasuk keputusan yang seharusnya bisa diambil oleh karyawan. Alhasil, karyawan kehilangan kepercayaan diri sehingga merasa tidak perlu berinisiatif untuk membuat keputusan penting. Akibatnya, mereka cenderung hanya menunggu instruksi dari atasan sehingga kurang berkembang secara profesional.

4. Rasa Frustasi dan Kelelahan

Karyawan yang dikelola oleh seorang micromanager akan merasa frustasi dan kelelahan selama bekerja. Rasa ini muncul karena terus-menerus dipantau dan diberi perintah secara detail. Mereka merasa tidak dihargai dan tidak diberi kepercayaan untuk melaksanakan tugasnya sendiri sehingga merasa stres dan kelelahan. Pada akhirnya, kesehatan dan kesejahteraan karyawan secara keseluruhan akan terpengaruh akibat micromanagement.

Baca Juga : Manajemen Personalia: Tugas, Fungsi, dan Syaratnya

Cara Menghindari Micromanagement

Setelah melihat dampak negatifnya di atas, kamu pasti sudah memahami bahwa micromanagement dapat mengganggu kinerja karyawan dan memengaruhi produktivitas tim. Untuk menghindari micromanagement, kamu bisa melakukan hal-hal berikut sebagai seorang pemimpin yang baik.

1. Memberikan Kepercayaan kepada Karyawan

Kepercayaan merupakan hal utama dalam bekerja sama, termasuk juga hubungan antara atasan dan bawahannya. Langkah ini juga berguna untuk menghindari micromanagement dalam bekerja. Cobalah mendelegasikan tugas dan tanggung jawab yang jelas serta berikan kebebasan pada karyawan untuk menentukan cara terbaik dalam menyelesaikan tugasnya. Karyawan akan merasa dihargai dan termotivasi untuk bekerja dengan lebih baik karena kamu memercayai mereka.

2. Memberikan Arahan yang Jelas

Ketika mendelegasikan tugas, pastikan kamu memberikan arahan yang jelas pada awal proyek atau tugas supaya karyawan bisa memahami tujuan dan ekspektasi yang diharapkan. Karyawan akan lebih mandiri dalam menyelesaikan tugas sehingga bisa menghindari kebingungan yang berpotensi membuatmu terpaksa melakukan semua pekerjaan alias micromanagement.

3. Berikan Umpan Balik yang Konstruktif

Memberikan umpan balik (feedback) yang konstruktif pada karyawan merupakan hal penting untuk membantu karyawan dalam memperbaiki kinerja mereka. Namun, pastikan feedback yang kamu berikan bukanlah sebuah kritik yang bersifat personal atau menjatuhkan motivasi karyawan. Berikan umpan balik secara positif dan sediakan solusi untuk mengatasi masalah yang muncul.

4. Pilih Karyawan yang Memiliki Kemampuan Bekerja secara Mandiri

Terakhir, kamu juga harus memilih karyawan yang mampu bekerja secara mandiri sehingga bisa menghindari micromanagement. Kamu bisa memilih karyawan yang memiliki pengalaman dan kemampuan dalam menyelesaikan tugas secara mandiri. Selain itu, kamu juga bisa memberikan pelatihan dan dukungan yang dibutuhkan kepada karyawan yang belum bisa bekerja mandiri dan efektif.

Intinya, micromanagement adalah gaya manajemen yang perlu dihindari. Tim kamu tidak akan mengalami perkembangan yang signifikan kalau kamu terus menerapkan micromanagement. Lagi pula, tim yang baik harus dibangun berdasarkan kepercayaan, sehingga kamu perlu menghindari micromanagement dan mulai memercayakan karyawanmu untuk melaksanakan pekerjaanmu.

Baca Juga : Agile Project Management: Pengertian, Fungsi, Serta Tugasnya

Menjadi seorang pemimpin juga harus memastikan agar anggotanya memiliki kinerja yang mumpuni. Bagaimana caranya? Temukan jawabannya dengan mengikuti kelas  Mengembangkan Kepemimpinan yang Berkinerja Tinggi dari GreatNusa! Daftarkan dirimu untuk mengikuti kelasnya supaya kamu bisa menjadi pemimpin yang diandalkan anggota timmu!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok