ENTREPRENEURS

Mengapa Perdagangan Internasional Dapat Menstabilkan Harga?

By greatnusa13 Februari 2023

Bagikan Artikel

Mengapa Perdagangan Internasional Dapat Menstabilkan Harga?

Perdagangan Internasional tidak serta-merta hanya untuk membantu memperbanyak keuntungan suatu negara dalam dunia bisnis. Perdagangan internasional juga dapat menstabilkan harga. Mengapa perdagangan internasional dapat menstabilkan harga? Mari cari tahu jawabannya pada artikel berikut ini!

Apa Saja Ciri-Ciri Perdagangan Internasional?

Perdagangan internasional sebenarnya memiliki konsep yang sama dengan perdagangan pada umumnya. Namun, ada beberapa hal yang membedakan perdagangan internasional. Berikut adalah ciri-ciri perdagangan internasional yang perlu kamu ketahui!

1. Terjadi Antara Negara-Negara yang Berbeda

Perdagangan internasional adalah jenis perdagangan yang terjadi antara negara-negara yang berbeda. Hal ini dapat membantu negara-negara tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya. Perdagangan internasional juga dapat memperluas pasar bagi perusahaan-perusahaan dan membuka kesempatan kerja baru. 

2. Penggunaan Mata Uang Asing

Penggunaan mata uang asing adalah ciri-ciri perdagangan internasional selanjutnya. Perdagangan internasional memungkinkan negara-negara untuk melakukan transaksi dengan satu sama lain tanpa harus menukar mata uang mereka ke mata uang negara lain terlebih dahulu. Hal ini membuat perdagangan lebih mudah dan cepat, serta mengurangi risiko yang terkait dengan perubahan nilai tukar mata uang. 

Namun, penggunaan mata uang asing juga dapat menimbulkan risiko tambahan. Contohnya seperti risiko nilai tukar, dan negara-negara dapat mengambil tindakan untuk mengendalikan atau mengurangi risiko ini.

3. Ekspor dan Impor Barang atau Jasa

Perdagangan internasional adalah proses pertukaran barang dan jasa antarnegara. Negara-negara melakukan ekspor barang atau jasa yang dihasilkan di negara tersebut ke negara lain dan juga mengimpor barang atau jasa dari negara lain. 

4. Melibatkan Perusahaan Multinasional atau Organisasi Global

Perdagangan internasional melibatkan perusahaan multinasional dan organisasi global karena perdagangan internasional adalah proses global yang membutuhkan partisipasi dari berbagai negara dan perusahaan. Perusahaan multinasional adalah perusahaan yang beroperasi di lebih dari satu negara, baik dengan memiliki anak perusahaan atau dengan melakukan ekspor dan impor. 

Baca Juga: Perdagangan Internasional: Pengertian, Tujuan, Manfaatnya Bagi Konsumen

Apa Saja Contoh Perdagangan Internasional?

Banyak sekali bentuk perdagangan internasional yang dilakukan sejauh ini oleh antarnegara. Untuk menambah pemahaman kamu mengenai perdagangan internasional, berikut adalah contoh-contoh perdagangan internasional!

1. Ekspor dan Impor Minyak Bumi

Ekspor minyak bumi adalah proses pengiriman minyak mentah atau produk turunan minyak dari suatu negara ke negara lain. Negara-negara dengan cadangan minyak yang besar seperti Arab Saudi, Rusia, dan Venezuela adalah pemasok utama minyak bumi dalam perdagangan internasional.

Sedangkan impor minyak bumi adalah proses pembelian minyak mentah atau produk turunan minyak dari negara lain oleh suatu negara. Negara-negara yang memiliki konsumsi minyak yang tinggi seperti Amerika Serikat, China, dan Jepang adalah pembeli utama minyak bumi dalam perdagangan internasional.

2. Ekspor dan Impor Barang Elektronik

Contoh perdagangan internasional barang elektronik adalah sebuah perusahaan di Amerika Serikat yang memproduksi smartphone menjual produknya ke perusahaan di negara lain, seperti China atau India. Contoh lainnya, sebuah perusahaan di negara lain yang memproduksi televisi menjual produknya ke perusahaan di Amerika Serikat atau negara lain. Perdagangan ini dapat dilakukan melalui ekspor dan impor.

3. Jasa Keuangan

Barang jasa juga dapat diperjualbelikan pada perdagangan internasional. Contoh perdagangan internasional barang jasa dalam bidang keuangan adalah sebuah bank asal Amerika Serikat yang memberikan jasa layanan perbankan, seperti transfer uang atau pembiayaan, ke nasabah di negara lain, seperti Inggris atau Singapura. 

Contoh lainnya, sebuah perusahaan asuransi asal Jepang yang menjual produk asuransi ke perusahaan atau individu di negara lain seperti Brasil. Perdagangan ini dapat dilakukan melalui ekspor dan impor jasa keuangan.

4. Jasa Teknologi Informasi

Jasa cloud computing adalah salah satu jenis jasa teknologi informasi yang dapat dikategorikan sebagai produk perdagangan internasional. Cloud computing adalah teknologi yang memungkinkan penyimpanan data dan aplikasi di internet. Perusahaan yang menyediakan jasa cloud computing dapat menyediakan layanan ini ke perusahaan atau individu di negara lain melalui internet. 

Contohnya, sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang menyediakan layanan cloud storage atau layanan platform cloud computing seperti Amazon Web Services, Microsoft Azure, atau Google Cloud Platform dapat menyediakan layanan ini ke perusahaan di negara lain melalui ekspor jasa.

Baca Juga: Memahami Pengertian dan Contoh Pasar Global

Apa Saja Alasan Mengapa Perdagangan Internasional Dapat Menstabilkan Harga?

Perdagangan internasional dapat menstabilkan harga karena dapat meningkatkan pasokan dan permintaan suatu barang atau jasa, meningkatkan kompetisi, efisiensi produksi, dan spesialisasi dalam produksi yang dapat diproduksi dengan biaya lebih rendah. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai alasan-alasan tersebut.

1. Diversifikasi Sumber Daya

Diversifikasi sumber daya adalah strategi yang digunakan untuk mengurangi risiko dengan menyebar investasi atau sumber daya ke beberapa area atau jenis yang berbeda. Hal ini dapat menstabilkan harga dengan mengurangi dampak dari fluktuasi harga di satu area atau sektor tertentu.

2. Kompetisi

Jika ada beberapa pemasok yang bersaing untuk pasar yang sama, mereka akan berusaha untuk menawarkan harga yang lebih baik dan kualitas yang lebih baik untuk menarik pelanggan. Hal ini dapat membantu menjaga harga tetap stabil dan mengurangi tingkat inflasi.

3. Efisiensi

Efisiensi dalam perdagangan internasional dapat menstabilkan harga dengan cara meningkatkan pasokan dan permintaan barang dan jasa di pasar global, sehingga mengurangi volatilitas harga. Efisiensi juga dapat meningkatkan kompetisi di pasar global, yang dapat menekan harga secara alami.

4. Spesialisasi

Spesialisasi dalam perdagangan internasional dapat menstabilkan harga dengan cara meningkatkan efisiensi produksi dan mengurangi biaya produksi. Ketika negara atau wilayah mengejar spesialisasi dalam produksi tertentu, mereka dapat meningkatkan skala produksi dan meningkatkan efisiensi dengan cara menggunakan teknologi dan pengalaman produksi yang lebih efisien. 

Hal ini dapat menurunkan harga produk yang dihasilkan dan meningkatkan daya saing perdagangan. Spesialisasi juga dapat membantu negara atau wilayah untuk mengejar kompetensi yang unik dan meningkatkan daya saing mereka di pasar global.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Pasar Global Bagi Bisnis atau Perusahaan

Apa Kebijakan Perdagangan Internasional?

Kebijakan perdagangan internasional meliputi berbagai macam instrumen yang digunakan oleh pemerintah untuk mengatur perdagangan antarnegara. Berikut adalah kebijakan perdagangan internasional yang perlu kamu ketahui! 

1. Kebijakan Tarif

Kebijakan tarif pada perdagangan internasional adalah mekanisme yang digunakan oleh negara untuk mengatur masuknya barang dan jasa dari negara lain. Tarif adalah pajak yang dikenakan pada barang atau jasa yang diimpor ke negara tersebut.

2 Kebijakan Kuota

Kebijakan kuota ditetapkan untuk mengendalikan jumlah suatu produk yang diperdagangkan antarnegara dan dapat digunakan untuk melindungi industri domestik, mengendalikan inflasi harga, atau membatasi jumlah suatu produk yang dapat masuk ke negara tersebut. Kebijakan kuota dapat diterapkan pada produk tertentu atau pada negara tertentu. 

3. Kebijakan Politik Dagang Bebas

Kebijakan ini diterapkan dengan menandatangani perjanjian perdagangan bebas dengan negara lain atau dengan bergabung dengan organisasi perdagangan global, seperti Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Kebijakan perdagangan bebas diharapkan dapat meningkatkan efisiensi ekonomi dengan mengizinkan barang dan jasa untuk diperdagangkan di pasar yang lebih luas, yang pada gilirannya akan menurunkan harga bagi konsumen dan meningkatkan kompetisi yang menguntungkan bagi produsen domestik.

Pendalaman mengenai materi mengapa perdagangan internasional dapat menstabilkan harga bisa kamu dapatkan lebih jauh lagi dengan mengikuti kursus ekonomi dan bisnis online di GreatNusa. Selain belajar, kursus di GreatNusa bisa membantu kamu untuk mengembangkan bisnismu ke depannya! Mari bergabung dan belajar bersama GreatNusa sekarang juga!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok