ENTREPRENEURS

Perdagangan Internasional: Pengertian, Tujuan, Manfaatnya Bagi Konsumen

By greatnusa12 Februari 2023

Bagikan Artikel

Perdagangan Internasional: Pengertian, Tujuan, Manfaatnya Bagi Konsumen

Manfaat perdagangan internasional sangat penting bagi peningkatan ekonomi suatu negara, juga bagi konsumen. Salah satu manfaat perdagangan antarnegara bagi konsumen adalah akses yang lebih luas pada produk dan jasa yang beragam, yang dapat meningkatkan kualitas hidup konsumen. 

Secara umum, perdagangan internasional dilakukan untuk mencukupi keperluan suatu negara akan produk atau layanan yang tidak dapat diproduksi di dalam negeri karena berbagai alasan. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, berikut ini adalah tulisan yang menjelaskan secara lebih detail mengenai perdagangan internasional.

Apa Itu Perdagangan Internasional?

Perdagangan internasional merupakan pertukaran barang dan jasa antara negara-negara. Hal ini termasuk menjual barang dan jasa ke negara lain (ekspor) dan membeli barang dan jasa dari negara lain (impor). 

Perdagangan internasional memungkinkan negara untuk memenuhi kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi oleh produksi dalam negeri dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi dengan meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Apa Tujuan Perdagangan Internasional?

Tujuan perdagangan internasional bervariasi antarnegara, tetapi secara umum tujuan perdagangan internasional meliputi:

1. Memenuhi Kebutuhan yang Tidak Dapat Dipenuhi oleh Produksi Dalam Negeri

Memenuhi kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi oleh produksi dalam negeri adalah salah satu tujuan utama dari perdagangan internasional. Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi kemampuan suatu negara untuk memproduksi barang dan jasa yang diperlukan. 

2. Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi

Perdagangan internasional dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan dan negara, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

3. Memperluas Pasar

Perdagangan internasional memungkinkan perusahaan dan negara untuk mengeksploitasi pasar global yang lebih luas. Perusahaan dapat meningkatkan pendapatan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan menjual produk ke pasar global. Begitu juga dengan negara, dengan mengekspor produk mereka ke pasar global akan meningkatkan pendapatan negara dan peningkatan ekonomi.

Baca Juga: Masih Ragu? Ini Manfaat E-Commerce Bagi Konsumen

Apa Saja Faktor Pendorong Perdagangan Internasional?

Adanya perdagangan internasional didukung oleh beberapa faktor. Berikutnya, kami akan menjelaskan faktor-faktor yang mendorong perdagangan internasional secara lebih lanjut.

1. Sumber Daya Alam yang Berbeda

Salah satu faktor yang mendorong perdagangan internasional adalah perbedaan sumber daya alam yang dimiliki oleh setiap negara. Ada negara yang kaya akan sumber daya alam seperti kayu, minyak bumi, batu bara, timah, dan karet, sementara negara lain tidak memiliki sumber daya alam yang sama. 

Negara yang kaya akan sumber daya alam tetapi tidak memiliki kemampuan untuk mengolahnya, akan mengekspor bahan mentah atau bahan baku ke negara lain yang memiliki kemampuan untuk mengolahnya.

2. Menghemat Biaya Produksi

Faktor lain yang mendorong perdagangan internasional adalah untuk penghematan biaya produksi. Negara yang tidak memiliki kemampuan atau sumber daya yang cukup untuk memproduksi produk tertentu seperti peralatan medis atau komponen elektronik akan menghabiskan biaya produksi yang lebih tinggi jika mereka memproduksinya sendiri. Oleh karena itu, membeli produk seperti peralatan medis atau komponen elektronik dari negara pembuatnya dapat menghemat biaya produksi dan meningkatkan efisiensi ekonomi.

3. Menjalin Kerja Sama Antarnegara

Perdagangan internasional merupakan salah satu cara yang efektif untuk membuka kerja sama antarnegara, karena dua negara atau lebih yang terlibat dapat mendapatkan keuntungan yang sama. Hubungan antarnegara dapat berjalan dengan baik dan meningkatkan stabilitas ekonomi dan politik global dengan adanya kerja sama ini.

4. Produksi Barang Berlebih

Jika suatu negara memiliki produksi barang yang berlebih, maka barang tersebut dapat dijual ke negara lain. Produksi yang berlebih dapat diubah menjadi keuntungan dengan menemukan pasar dari negara lain yang membutuhkan produk tersebut. Selain itu, dengan cara ini, perusahaan dapat memperluas pasarnya dan menjadi pendorong dalam melakukan perdagangan internasional.

Baca Juga: Apa Saja Jenis-jenis Perilaku Konsumen yang Perlu Saya Tahu?

Apa Manfaat Perdagangan Antarnegara Bagi Konsumen?

Selain memudahkan, perdagangan antarnegara dapat memberikan manfaat bagi konsumen di antaranya:

1. Pilihan Lebih luas

Perdagangan antarnegara menyediakan pelanggannya dengan pilihan produk yang lebih luas dari berbagai negara, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang lebih spesifik.

2. Harga Lebih Terjangkau

Perdagangan antarnegara dapat menyebabkan harga barang yang lebih rendah karena adanya persaingan yang lebih ketat dan efisiensi dalam proses produksi. Persaingan yang lebih ketat dapat membuat perusahaan yang beroperasi di negara yang sama untuk menurunkan harga barang mereka agar dapat bersaing dengan perusahaan dari negara lain yang menjual produk yang sama. Efisiensi dalam produksi dapat diperoleh melalui berbagai cara, seperti teknologi yang lebih baik, praktik manajemen yang lebih baik, dan penghematan biaya.

3. Meminimalkan Potensi Kerugian

Konsumen dapat meminimalkan potensi kerugian dengan melakukan riset dan analisis terlebih dahulu sebelum membeli produk dari suatu negara. Mereka dapat melakukan riset tentang kondisi ekonomi, politik, dan lingkungan bisnis di negara tersebut, serta melakukan analisis terhadap kualitas dan reputasi perusahaan yang menjual produk. Hal ini dapat membantu konsumen untuk membuat keputusan yang lebih informatif dan mengurangi risiko kerugian yang mungkin terjadi.

Apa Manfaat Perdagangan Internasional Bagi Produsen Dalam Negeri?

Setelah mengetahui manfaat perdagangan antarnegara bagi konsumen, penjelasan selanjutnya manfaat perdagangan internasional bagi produsen dalam negeri. Berikut penjelasannya.

1. Kompetisi Lebih Ketat

Perdagangan internasional menghadirkan kompetisi yang lebih ketat dari produsen asing, yang dapat mendorong produsen dalam negeri untuk meningkatkan kualitas produk dan efisiensi operasional mereka.

2. Meningkatkan Pendapatan

Perdagangan internasional dapat menambah pemasukan negara asal dan produsen dalam negeri dengan meningkatkan jumlah produk yang dijual dan harga produk yang lebih tinggi.

Baca Juga: Memahami Pengertian dan Contoh Pasar Global

3. Bahan Baku yang Beragam

Perdagangan internasional juga memberikan pilihan bahan baku yang lebih luas bagi produsen domestik. Produsen dapat memperoleh bahan baku dengan harga yang lebih murah dari negara lain, sehingga dapat menekan biaya produksi dan meningkatkan daya saing produk yang dihasilkan.

Jadi, itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan. Untuk memperdalam pengetahuan dan pemahaman tentang perdagangan internasional kamu dapat mengikuti kursus bisnis online dari GreatNusa. Kami akan membantu kamu dalam mengembangkan bisnis dan memahami lebih dalam tentang manfaat perdagangan internasional.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok