TIME MANAGEMENT

7 Manfaat Manajemen Waktu Dalam Dunia Kerja

By greatnusa18 Februari 2023

Bagikan Artikel

7 Manfaat Manajemen Waktu Dalam Dunia Kerja

Pernahkah kamu merasa kewalahan dengan pekerjaanmu? Lalu, kamu melihat rekan kerja dengan posisi dan beban kerja yang sama denganmu, tapi kamu tidak pernah melihat dia kewalahan. Hasil kerja rekan yang bersangkutan pun memiliki kualitas yang lebih tinggi darimu, padahal dari segi kemampuan, perbedaan antara kalian berdua tidak signifikan. Ia juga terlihat lebih sehat dan bahagia.

Jika kamu bertanya-tanya, apa yang kamu lihat pada rekanmu itu adalah manfaat manajemen waktu dalam dunia kerja yang ia terapkan. Singkatnya, manajemen waktu adalah kemampuan untuk merencanakan dan menggunakan waktu semaksimal mungkin. Manajemen waktu juga berarti suatu proses membagi prioritas dari sesuatu yang dikerjakan dalam kurun waktu tertentu.

Lalu, apa saja manfaat yang bisa dirasakan? Kami sudah merangkum beberapa di antaranya. Harap diperhatikan bahwa penerapan manajemen waktu ini tetap harus disesuaikan dengan beban kerja masing-masing.

1. Meminimalisir Stres

Pengelolaan waktu yang efektif akan membantu mengurangi beban kerja yang berujung pada berkurangnya tekanan yang dapat menyebabkan stres. Dengan mengendalikan waktu dan jam kerja, maka keseimbangan antara beban kerja dengan tenggat waktu bisa tercapai dengan baik. Tenggat waktu pun akan terasa lebih lengang, kualitas kerja akan meningkat, dan tingkat stres pun berkurang drastis.

Tidak hanya pada kualitas kerja, manajemen waktu yang baik juga akan membantumu mendapatkan istirahat yang cukup. Dengan waktu dan kualitas tidur yang baik, kamu akan bangun dengan keadaan segar sehingga tidak mudah stres. Sebaliknya, jika kamu tidak mendapatkan istirahat yang cukup karena harus mengejar tenggat waktu yang sempit dengan jumlah pekerjaan yang menumpuk, kamu akan mudah merasa tertekan dan rentan stres.

Baca Juga: Matriks Manajemen Waktu: Pengertian dan Cara Membuatnya

2. Meningkatkan Produktivitas

Masih berkaitan dengan kualitas istirahat yang didapatkan dari manajemen waktu yang baik, Dengan istirahat yang cukup, kamu akan memiliki energi yang cukup untuk menyelesaikan pekerjaan dengan efektif. Karena pekerjaan diselesaikan dengan efektif, kamu punya waktu untuk mengerjakan hal lain, entah dalam hal pekerjaan ataupun proyek pribadimu. Tanpa kamu sadari, kamu sudah mengerjakan lebih banyak hal dalam rentang waktu yang sama.

Tanpa manajemen waktu yang baik, pikiran kamu akan tersita pada penyelesaian pekerjaan yang menumpuk dalam tenggat waktu yang sempit. Kamu jadi tidak punya waktu untuk mengerjakan hal lain, apalagi yang berkaitan dengan pengembangan diri. Selain itu, kamu akan merasa cepat lelah, dan kelelahan bisa menghambat penyelesaian pekerjaan. Ini karena otakmu memberi sinyal kepada tubuh untuk mengurangi metabolisme dan beristirahat sedangkan kamu memaksakan diri untuk tetap terjaga.

3. Mengurangi Penundaan

Terkadang, manajemen waktu itu sesederhana tidak menunda pekerjaan. Mulai tanamkan pola pikir “Saya selesaikan sekarang supaya bisa bersantai nanti” agar kamu bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Atau, tanamkan pola pikir “Hari ini selesaikan yang ini dulu, besok yang ini, lalu besoknya yang ini” agar beban kerja bisa didistribusikan dengan lebih efektif sambil memastikan kamu tetap mendapatkan keseimbangan antara jam kerja dengan waktu istirahat.

Sebaliknya, hindari pola pikir “Dikerjakan nanti saja, masih ada besok” agar pekerjaan tidak menumpuk di akhir. Semakin sering kamu menuruti pikiran ini, semakin menumpuk pula pekerjaan yang harus diselesaikan di akhir. Penundaan ini juga bisa membuat pekerjaan jadi terasa lebih sulit karena harus mengejar tenggat waktu yang menipis. Hasilnya, kamu jadi mengorbankan waktu istirahat yang krusial dalam produktivitas.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Waktu Cara Menerapkannya

4. Meminimalisir Kemungkinan Konflik Internal

Terpeliharanya hubungan baik antara rekan kerja adalah manfaat manajemen waktu dalam dunia kerja berikutnya. Karena manajemen waktu yang baik, pekerjaan tidak akan diselesaikan secara terburu-buru, sehingga kualitas pekerjaan meningkat. Kualitas pekerjaan yang meningkat berarti potensi kesalahan dapat diminimalisir. Minimnya kesalahan dalam pekerjaan berarti kerja atasan dan anggota tim yang lain tidak terganggu, sehingga konflik internal bisa dihindari.

Sebaliknya, pekerjaan yang diselesaikan secara terburu-buru bisa menyebabkan banyak kesalahan yang luput akibat ketidaktelitian. Karena banyak kesalahan, kinerja anggota tim yang lain pun bisa terganggu. Atasan pun kecewa karena hasil pekerjaan tidak sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan. Kinerja tim pun jadi tidak terorganisir dan rentan terjadi konflik, baik antara anggota tim maupun dengan atasan.

5. Meningkatkan Peluang

Menerapkan teknik manajemen waktu yang tepat akan berdampak pada peluang yang mungkin akan kamu dapatkan ke depannya nanti. Bagaimana pun, mampu menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu adalah sebuah preseden baik untukmu sendiri. Selain lebih mudah mendapatkan promosi di tempat kerja, kamu akan lebih mudah diterima di posisi yang lebih tinggi di tempat lain jika kamu memutuskan untuk keluar dari pekerjaan sekarang.

Selain peluang dalam hal pekerjaan yang sedang ditekuni, penerapan manajemen waktu yang baik juga akan berdampak pada peluangmu untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Contohnya jika ada tawaran freelance yang datang dari keluarga, kolega, atau atasanmu. Tawaran ini adalah peluang penghasilan tambahan yang mungkin akan sulit kamu ambil jika tidak menerapkan manajemen waktu yang baik.

Supaya kamu punya value lebih dari skill dan kemampuan yang dapat mendatangkan penghasilan sampingan, kamu bisa cek kursus dan pelatihan yang ditawarkan oleh GreatNusa. Bidang kemampuan yang ditawarkan pun beragam, mulai dari bisnis dan manajemen, seni dan desain, teknologi dan software, hingga penelitian dan statistika.

6. Lebih Mudah mengatur Work-Life Balance

Menyelesaikan pekerjaan dengan baik sehingga kredibilitas kamu terjaga adalah hal yang penting. Menjaga kesehatan agar bisa bekerja dengan baik adalah hal yang penting. Menjaga kebahagiaan dengan melakukan hal-hal yang disukai juga tidak kalah baik. Tidak ada yang salah dengan melakukan hal-hal yang bersifat rekreatif selama bukan sesuatu yang mengganggu ketertiban umum atau melanggar hukum.

Mampu mendapatkan ketiganya adalah manfaat manajemen waktu dalam dunia kerja yang bisa kamu dapatkan jika diterapkan dengan benar. Mencapai keseimbangan antara tiga hal ini—karier, kesehatan, dan kebahagiaan—memang cukup sulit, tapi tidak mustahil. Banyak faktor yang berpengaruh dalam mencapai work-life balance ini, dan menerapkan manajemen waktu yang baik adalah salah satu faktor dengan peran paling besar.

Baca Juga: 7 Fungsi Manajemen Pemasaran untuk Sebuah Perusahaan

7. Fokus Lebih Terarah

Salah satu penerapan manajemen waktu yang paling baik adalah dengan menyusun daftar prioritas dari pekerjaan yang harus diselesaikan. Hadirnya daftar atau checklist ini berfungsi untuk mengarahkan fokus kepada hal-hal yang membutuhkan perhatian lebih. Selain itu, manajemen waktu juga akan melatih kamu berfokus pada hal-hal yang tergolong kecil, tapi bisa langsung diselesaikan sehingga mengurangi daftar pekerjaan sedikit demi sedikit.

Selain fokus dalam hal pekerjaan, fokus kamu juga akan lebih terarah kepada hal-hal penting di luar pekerjaan. Ini karena ketika kamu sedang tidak bekerja, pikiranmu tidak terbagi kepada pekerjaan karena sudah diselesaikan terlebih dulu. Kamu jadi bisa lebih fokus kepada keluarga, sahabat, pasangan, atau hobimu. Kamu juga bisa lebih fokus mengerjakan hal-hal yang sifatnya rekreatif tanpa merasa bersalah.

Kesimpulan

Dari 7 manfaat manajemen waktu dalam dunia kerja di atas, hampir semua berkaitan dengan meningkatkan kemampuan diri, karier, kesehatan, dan kebahagiaan. Ini karena tujuan akhir dari penerapan manajemen waktu adalah mencapai work-life balance. Jadi, mulailah menerapkan manajemen waktu untuk kualitas hidup yang lebih baik.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok