KNOWLEDGE

Ide Kreatif Untuk Meningkatkan Penjualan Dengan Efektif

By greatnusa5 Mei 2023

Bagikan Artikel

Ide Kreatif Untuk Meningkatkan Penjualan Dengan Efektif

Kamu sudah mulai merintis bisnis yang diidam-idamkan, tetapi angka penjualan bisnismu cenderung stagnan? Kamu ingin meningkatkan penjualan, tetapi bingung harus memulai dari mana? Jangan tidak perlu khawatir, enam contoh ide kreatif untuk meningkatkan penjualan dengan efektif ini bisa coba kamu terapkan dan sesuaikan dengan bisnismu.

1. Membuat Branding Campaign

Branding campaign (kampanye merek) adalah sebuah strategi pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness (kesadaran merek) di masyarakat. Kampanye merek biasanya dilakukan melalui serangkaian strategi pemasaran. Hasil yang diincar setelah melaksanakan kampanye merek adalah meningkatnya persepsi publik terhadap merek yang bersangkutan.

Meskipun sering disangkutpautkan dengan iklan, merilis kampanye merek tidak melulu berarti merilis iklan baru. Strategi pemasaran lain seperti sistem reward, loyalty point, atau pelayanan publik juga bisa menjadi alternatif kampanye merek.

1. Sistem Loyalty Point

Pada dasarnya, program loyalty point atau loyalty reward adalah program ketika perusahaan memberi poin yang dapat dikumpulkan dan ditukarkan dengan berbagai macam penghargaan oleh konsumen. Penghargaan yang ditawarkan bisa berupa kupon diskon, upgrade layanan, gratis biaya antar, dan lain-lain.

Sistem loyalty semacam ini sudah cukup banyak diterapkan oleh beberapa perusahaan seperti maskapai penerbangan, e-commerce, dan penyedia jasa. Penerapannya pun cukup fleksibel. Pihak merek bisa memberikan poin untuk kegiatan apa pun yang dilakukan konsumen, seperti belanja dengan nilai tertentu, membeli produk tertentu, atau sekadar mengikuti akun media sosial perusahaan.

Dengan iming-iming reward point yang bisa didapatkan dari berbelanja, konsumen akan tergiur untuk meningkatkan frekuensi atau nilai transaksi demi mengumpulkan poin untuk ditukarkan.

2. Menggunakan Humor

Inti dari kampanye merek adalah membuat publik merasa memiliki koneksi dengan merek tersebut. Koneksi tersebut dapat dibangun salah satunya menggunakan humor dan komedi. Cara ini memang sedikit sulit karena biasanya segmen yang berbeda memiliki selera humor yang berbeda. Namun, ketika humornya sukses, maka kesadaran merek perusahaan pun dapat meningkat pesat.

Salah satu perusahaan yang melakukan kampanye merek menggunakan humor adalah Pahamify saat meluncurkan layanan Pegasus di kuartal akhir 2021. Dengan menggaet psikolog anak Kak Seto, Pahamify memparodikan meme “Kak Seto Kaiba” yang menggambarkan Kak Seto mengenakan kostum Seto Kaiba dari serial komik, animasi, dan card game YuGiOh.

Melihat seberapa viralnya kampanye ini di media sosial, bisa disimpulkan bahwa setidaknya selama setahun ke depan, publik—terutama pengguna Pahamify dan generasi ’90-an—akan selalu mengasosiasikan meme ini dengan Pahamify.

Baca Juga : 4 Jenis-Jenis Branding yang Perlu Diketahui Untuk Bisnismu

2. Melakukan Kolaborasi

Dalam dunia bisnis di era sebelumnya, kolaborasi antara dua merek adalah hal yang cukup sulit ditemukan, apalagi dari dua merek yang bersaing di segmen pasar yang sama dengan lini produk serupa. Kini, banyak merek yang menginisiasi collaborative marketing, baik dengan merek lain maupun dengan figur publik. Kolaborasi dapat menghadirkan ide kreatif untuk meningkatkan penjualan yang dapat menguntungkan kedua pihak yang bekerja sama.

Pada dasarnya, collaborative marketing (pemasaran berbasis kolaborasi) adalah sebuah strategi pemasaran ketika dua merek dengan segmentasi konsumen dan nilai bisnis yang selaras melakukan kerja sama. Agar kolaborasi bisa berjalan dengan baik, kedua pihak harus merumuskan nilai apa saja yang akan menjadi dasar kolaborasi, memperkirakan tanggapan dari konsumen, dan bagaimana bentuk kolaborasi akan dijalankan.

1. Dengan Brand Lain

Umumnya, dua merek yang berkolaborasi memiliki produk berbeda tetapi menyasar target pasar yang sama. Misalnya, kolaborasi antara Uber dan Spotify. Dua perusahaan startup ini bekerja sama untuk meningkatkan kepuasan pengguna atas layanan masing-masing. Dalam kolaborasi ini, penumpang Uber dapat menghubungkan Spotify ke radio mobil yang sedang ditumpangi.

Kolaborasi antara dua merek dengan produk serupa masih cukup jarang, tetapi tidak nihil. Kolaborasi semacam ini biasanya terjadi jika dua merek yang terlibat memiliki segmen pasar yang berbeda. Contohnya pada saat H&M berkolaborasi dengan Versace. Dengan kolaborasi terbatas ini, H&M membawa kemewahan dan prestise kelas atas Versace ke lini produknya yang menyasar segmen kelas menengah. 

2. Dengan Individu

Selain berkolaborasi dengan merek lain, sebuah merek juga bisa berkolaborasi dengan figur publik seperti selebritas, influencer, hingga pejabat publik. Salah satu contohnya adalah gerai roti bakar Jiwa Toast yang berkolaborasi dengan Suhaidi Jamaan, kontestan MasterChef Indonesia musim ke delapan. Kolaborasi ini meluncurkan menu Indonesia Toast Series yang diracik oleh pria yang kerap disebut sebagai Lord Adi oleh warganet.

Tidak hanya dengan manusia sungguhan, sebuah merek juga bisa “bekerja sama” dengan karakter fiktif. “Kolaborasi” semacam ini dilakukan oleh merek fesyen kelas atas Louis Vuitton yang menggaet Lightning, karakter utama video game Final Fantasy XIII. Dalam kolaborasi ini, Lightning memperagakan koleksi “SERIES 4, Spring-Summer 2016” yang diumumkan pada Januari 2016.

Baca Juga : User Generated Content: Pengertian Serta Manfaatnya dalam Dunia Digital Marketing

3. Menyelenggarakan Event

Selain merilis kampanye bisnis dan berkolaborasi dengan pihak kedua, perusahaan bisa berpartisipasi atau mengadakan sebuah acara untuk meningkatkan engagement dengan konsumen potensial. Engagement ini bisa meningkatkan kesadaran merek atau bahkan angka penjualan, tergantung dengan seberapa sukses acara tersebut berjalan. Strategi pemasaran dengan mengandalkan acara ini lazim disebut sebagai event marketing.

Event marketing dapat diartikan sebagai sebuah strategi promosi yang melibatkan interaksi tatap muka antara perusahaan dengan konsumen di acara-acara seperti konferensi, seminar, dan sebagainya. Karena setiap jenis acara memiliki demografi dan konten yang berbeda, maka perlakuan merek pun akan berbeda. Saat dihadapkan dengan event marketing, pihak merek memiliki dua opsi: bertindak sebagai peserta atau sebagai penyelenggara.

1. Sebagai Peserta

Posisi merek sebagai peserta sering ditemukan dalam acara maupun program berbentuk expo atau pameran. Dalam situasi seperti ini, teknis pelaksanaan dan promosi acara itu sendiri ditangani oleh pihak penyelenggara. Pihak merek yang berpartisipasi cukup menyiapkan materi promosi dan produk yang akan dipamerkan selama acara berlangsung.

Salah satu acara yang sukses diadakan dan berhasil meningkatkan angka penjualan produk adalah GIIAS 2021 yang digelar di ICE BSD, Tangerang pada 11-21 November 2021. Pihak GAIKINDO selaku penyelenggara mengklaim ajang GIIAS membawa dampak positif untuk pihak-pihak yang terlibat. Jumlah transaksi yang dicatatkan menyentuh angka 18.000 unit dengan total nilai Rp7 triliun dalam 10 hari penyelenggaraan (Sindonews, 2021).

2. Sebagai Penyelenggara

Selain berpartisipasi sebagai peserta acara, sebuah merek bisa menyelenggarakan acara sendiri. Dengan cara ini, acara yang digelar bisa mengedepankan nilai perusahaan dengan lebih maksimal. Target pengunjung pun bisa dengan mudah disesuaikan dengan segmentasi pasar merek tersebut sehingga hubungan antara merek dengan konsumen bisa terjalin dengan lebih baik,

Salah satu contoh festival yang diselenggarakan oleh sebuah brand adalah Festival Jajanan Bango. Dalam festival ini, PT Unilever Indonesia selaku pemilik dan produsen merek kecap manis Bango mempromosikan aneka kuliner khas Indonesia. Puluhan pengusaha kuliner berpartisipasi dalam festival ini setiap tahunnya. Lewat festival ini, penyelenggara tidak hanya meningkatkan penjualan saja, tetapi juga meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kuliner khas yang sudah sulit ditemukan.

Baca Juga : 5 Strategi Digital Marketing yang Efektif di Tahun 2023

Penutup

Begitulah 6 contoh pelaksanaan ide kreatif untuk meningkatkan penjualan dengan efektif yang bisa kamu pelajari. Kalau kamu tertarik mempelajari lebih jauh tentang berbagai cara meningkatkan penjualan dengan efektif, kamu bisa mendaftar dalam kursus 10 Alternatives Marketing You Should Know in this IR 4.0 Era di GreatNusa, platform pembelajaran daring yang fleksibel, adaptif, dan berkualitas!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok