KNOWLEDGE

5 Contoh Perusahaan yang Melakukan Transformasi Digital

By greatnusa30 Januari 2023

Bagikan Artikel

5 Contoh Perusahaan yang Melakukan Transformasi Digital

Menyongsong era inovasi digital, transformasi digital menjadi hal penting yang harus dipersiapkan sebuah entitas bisnis untuk bisa bertahan dan bersaing. Pemerintah pun mendorong perusahaan-perusahaan, baik milik negara maupun swasta, untuk bertransformasi ke arah digitalisasi. Berikut lima contoh perusahaan yang melakukan transformasi digital dari berbagai sektor.

Sektor Industri Otomotif

Sektor industri otomotif mungkin bukan sektor pertama yang terlintas di pikiran ketika berbicara tentang transformasi digital. Namun, transformasi itu tetap terjadi, terutama pada aspek layanan pelanggan. Pada sektor ini, contoh perusahaan yang melakukan transformasi digital pun tidak hanya produsen saja. Penyedia jasa transportasi masuk ke dalam sektor otomotif.

AUDI

Dalam sektor industri otomotif, merek mobil premium asal Jerman, Audi, mungkin adalah salah satu contoh perusahaan yang melakukan transformasi digital dengan sukses. Transformasi ini dilakukan Audi dengan meluncurkan Audi City pada 2012, sebuah konsep showroom berbasis informasi digital. Hampir tidak ada mobil fisik yang dipamerkan di dalam Audi City. Showroom diisi layar-layar besar yang bisa digunakan untuk mengakses informasi mengenai spesifikasi dan fitur mobil yang ditampilkan.

Mobil ditampilkan dalam ukuran aslinya menggunakan layar sentuh. Calon pembeli dapat berinteraksi dengan layar untuk melakukan konfigurasi pada mobil sebelum memutuskan produk yang akan dibeli. Calon pembeli juga dapat menggunakan smartphone mereka untuk melihat interior mobil dan mendengar suara mobil yang dipamerkan.

Dengan menggunakan konsep ini, angka penjualan diklaim meningkat hingga 60% dibandingkan dengan pameran konvensional. Selain itu, biaya operasional pameran dapat dihemat karena tidak perlu merawat mobil-mobil display.

GoJek

Bicara soal transformasi digital di industri otomotif, bisa dibilang eksistensi Gojek merepresentasikan transformasi digital itu sendiri. Lebih spesifik lagi, di industri transportasi. Gojek mengubah persepsi dan cara kita berpindah tempat, terutama bagi orang-orang yang tidak memiliki kendaraan pribadi.

Sebagai penyedia layanan ojek daring pertama di Indonesia, Gojek melakukan transformasi digital pada layanan ojek itu sendiri. Awalnya, kita harus menunggu di pinggir jalan atau mendatangi pangkalan untuk menggunakan jasa ojek. Tarif yang dikenakan pun tidak pasti. Gojek mengubah permasalahan ini dengan membuat ojek mitra datang ke titik penjemputan yang ditentukan oleh penumpang. Selain itu, skema tarif dirancang sesuai dengan jarak tempuh dan traffic layanan.

Seiring waktu, bisnis Gojek berkembang ke berbagai sektor seperti finansial (lewat layanan yang ditawarkan GoPay), layanan pesan-antar (GoFood), hingga pengiriman barang (GoSend dan GoBox). Strategi bisnis yang diawali dari menerapkan transformasi digital di bidang transportasi ini membuat Gojek sebagai sebuah perusahaan mendapatkan predikat decacorn dengan valuasi mencapai 140 triliun rupiah mengacu pada statistik yang dirilis katadata (2019).

Baca Juga: Konsep Ekonomi Bisnis pada Perusahaan

Sektor Perbankan

Di sektor perbankan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan bahwa transformasi digital perbankan adalah sebuah keniscayaan. Oleh karena itu, pada Oktober 2021, OJK menerbitkan Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan. Isi dari cetak biru ini adalah rancangan kebijakan OJK yang diharapkan bisa mendorong percepatan transformasi digital perbankan di Indonesia.

Sebelum dikeluarkannya cetak biru ini, beberapa perusahaan perbankan sudah mulai melakukan transformasi digital. Umumnya, transformasi yang dilakukan berwujud digitalisasi kegiatan perbankan.

Bank BTPN

Salah satu bank yang menerapkan transformasi digital dalam operasionalnya adalah Bank BTPN. Pada tahun 2016, Bank BTPN meluncurkan produk perbankan digital Jenius. Melalui Jenius, semua aktivitas perbankan dapat diakses melalui aplikasi yang dapat diunduh dari ponsel pintar milik nasabah. Selain layanan perbankan seperti transfer dana, pembayaran tagihan, atau deposito, nasabah juga dapat mengatur pos-pos pengeluaran melalui aplikasi.

Kegiatan perbankan melalui aplikasi ponsel pun sebetulnya bukan sesuatu yang baru. Namun, bisa dibilang Jenius adalah salah satu aplikasi perbankan digital pertama yang memungkinkan nasabah untuk tidak mendatangi kantor bank yang bersangkutan. Bahkan, pengguna Jenius tidak perlu membuka rekening di kantor cabang bank BTPN terlebih dahulu. Semua proses pembukaan rekening bisa dilakukan melalui aplikasi atau melalui kios-kios Jenius yang bisa ditemukan di pusat perbelanjaan.

Baca Juga: Cara Memanajemen Keuangan pada Perusahaan

Sektor Komunikasi

Sektor komunikasi, khususnya telekomunikasi, adalah salah satu sektor krusial dalam transformasi digital. Terlebih lagi, sejak pandemi COVID-19 melanda yang memacu semua sektor untuk melakukan transformasi digital. Jika pilar transformasi digital itu sendiri masih mengandalkan pola pikir lama, transformasi digital di sektor lain bisa terhambat.

Telkomsel

Telkomsel meluncurkan layanan by.U pada 2019 lalu. Sebagai layanan seluler prabayar digital dengan konsep End-to-End pertama di Indonesia, by.U mengandalkan aplikasi ponsel pintar untuk operasional layanan yang ditawarkan. Mengandalkan jaringan seluler milik Telkomsel, by.U menawarkan alternatif layanan seluler yang menyasar generasi muda.

Contoh transformasi yang diterapkan oleh by.U adalah digitalisasi layanan. Serupa dengan Jenius yang mengedepankan layanan perbankan melalui aplikasi, by.U juga menitikberatkan penggunaan aplikasi dalam layanannya. Pelanggan dapat memesan kartu SIM, membeli paket data, dan sebagainya hanya lewat genggaman.

Selain digitalisasi layanan, by.U mengedepankan kustomisasi atau personalisasi dalam layanannya. Contoh konkretnya, selain memilih dari daftar yang disediakan, pelanggan juga dapat membuat sendiri nomor ponsel sesuai keinginannya. Misalnya, nomor disesuaikan dengan hari jadi pernikahan atau tanggal kelulusan. Selain nomor, pelanggan bisa memilih sendiri layanan yang didapatkan dalam paket data bulanan.

Selain by.U, Telkomsel menerapkan digitalisasi pada produk utamanya dengan meluncurkan aplikasi MyTelkomsel. Meskipun tidak seunik by.U, fitur dan layanan yang ditawarkan cukup lengkap. Selain melakukan pembelian pulsa dan paket data melalui berbagai kanal pembayaran, aplikasi MyTelkomsel juga bisa digunakan untuk membeli bermacam paket layanan streaming seperti MAXstream dan Disney+ Hotstar.

Baca Juga: Belajar Etika dan Tata Kelola Perusahaan

Sektor Hiburan

Perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor hiburan adalah contoh perusahaan yang melakukan transformasi digital paling banyak selama beberapa tahun terakhir. Maraknya layanan streaming yang bermunculan adalah buktinya.

Netflix

Siapa yang tidak pernah mendengar tentang Netflix? Berawal dari jaringan toko penyewaan DVD film yang didirikan tahun 1997, Netflix kini telah bertransformasi menjadi raksasa layanan online streaming dunia. Layanan online streaming yang ditawarkan oleh Netflix sendiri mulai diimplementasikan 2007, dan mengalami kenaikan popularitas yang signifikan sejak 2010.

Netflix sukses mempertahankan model bisnis lamanya (penyewaan film) dalam bentuk yang baru (online streaming). Selain menayangkan film dan serial yang diproduksi pihak ketiga, dalam beberapa tahun terakhir Netflix juga gencar berinvestasi untuk menayangkan film, serial, dan live event eksklusif. Tayangan eksklusif ini biasanya ditandai sebagai “Netflix Originals”, yang biasanya berarti Netflix memegang hak tayang eksklusif.

Popularitas Netflix sebagai sebuah layanan online streaming tidak lepas dari makin banyaknya pengguna ponsel pintar dan smart TV. Berbeda dengan layanan TV kabel yang memerlukan perangkat tambahan, pelanggan cukup memiliki akses internet yang cukup cepat dan stabil untuk mengakses layanan Netflix atau layanan sejenis.

Baca Juga: Bagaimana Proses Manajemen Strategis Berjalan di Perusahaan?

Sektor Pendidikan

Di sektor pendidikan, maraknya edu-tech di Tanah Air mengajak banyak orang untuk belajar mengasah skillnya. Salah satu contoh edu-tech yakni GreatNusa. Dengan mengedepankan konsep digital learning, GreatNusa menyediakan beragam pelatihan dan pembelajaran yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja. Materi pembelajaran relevan dan sejalan dengan perkembangan industri 4.0 yang disampaikan oleh praktisi, profesional, maupun institusi unggulan yang bekerja sama dengan GreatNusa.

Penutup

Saat ini, hampir semua sektor sedang melakukan percepatan transformasi digital dalam rangka menyongsong revolusi industri 4.0. Selain yang sudah kami sebutkan, masih banyak contoh perusahaan yang melakukan transformasi digital dari berbagai sektor. Bahasan kali ini sekadar memberi contoh bagaimana transformasi digital dapat mengembangkan sebuah bisnis.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok