CAREER HACK

Cara Menghilangkan Rasa Minder dan Meningkatkan Percaya Diri

By greatnusa27 April 2023

Bagikan Artikel

Cara Menghilangkan Rasa Minder dan Meningkatkan Percaya Diri

Wajar saja jika kamu pernah merasa minder ketika sedang bersosialisasi. Namun, kamu tidak boleh membiarkan perasaan tersebut menguasai dirimu. Rasa minder yang berlebihan justru akan menghambat kamu dalam mencapai kesuksesan. Lantas, bagaimana cara menghilangkan rasa minder dan terus merasa percaya diri? Yuk, cari tahu tip lengkapnya hanya di artikel ini.

Definisi Rasa Minder dan Dampaknya pada Kehidupan

Rasa minder merupakan perasaan kurang percaya diri yang seringkali dirasakan oleh seseorang dalam situasi sosial atau ketika berinteraksi bersama orang lain. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), minder diartikan sebagai perasaan rendah diri.

Irwin G. Sarason mengartikan rasa minder sebagai perasaan rendah diri atau tidak memiliki keyakinan pada diri sendiri yang bisa membuat seseorang tidak nyaman dan tidak percaya diri dalam berinteraksi. Sedangkan Dr. Suryani Dyah Astuti memiliki opini yang menarik tentang rasa minder. Menurutnya, minder berasal dari pengalaman subjektif seseorang bahwa dirinya tidak mampu memenuhi harapan atau standar yang ditetapkan oleh dirinya maupun orang lain.

Rasa minder sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, rasa minder menghalangi kamu untuk berbicara di depan umum atau membuat presentasi yang efektif. Tidak hanya itu, kamu pun akan terhambat untuk mencapai potensi terbaiknya karena kurang merasa yakin pada diri sendiri.

Di sisi lain, rasa minder bisa menjadi bentuk perhatian dan kepedulian kamu terhadap kehidupan sosialmu. Kamu jadi lebih termotivasi untuk mempersiapkan diri lebih baik sebelum berinteraksi bersama orang lain serta memperbaiki kualitas interaksi sosialnya. Bagaimanapun, rasa minder perlu dikurangi karena lebih banyak memiliki dampak negatif dibandingkan manfaatnya.

Baca Juga : 8 Cara Mengelola Stress Dan Emosi Negatif Di Tempat Kerja

Penyebab Rasa Minder

Rasa minder tidaklah hadir begitu saja. Ada beberapa penyebab seseorang mulai merasa minder dalam kehidupannya, antara lain:

1. Kurangnya Keterampilan atau Pengalaman

Minder berkaitan dengan inferior atau perasaan kekurangan, dalam hal ini keterampilan dan pengalaman ketika berada di situasi tertentu. Contohnya, kamu harus berbicara di depan umum, tetapi kurang terbiasa atau tidak memiliki keterampilan yang cukup. Alhasil, kamu merasa minder dan kualitas interaksi sosial berkurang. Solusinya, kamu harus belajar dan melatih keterampilan yang dibutuhkan dan sering mencari pengalaman pada situasi yang sama.

2. Terlalu Memperhatikan Opini Orang Lain

Manusia sering kali terjebak dalam pikirannya sendiri dan terlalu memikirkan perkataan orang lain. Tidak heran jika kamu sering merasa minder sehingga memengaruhi kualitas hidup. Solusinya sederhana, kamu hanya perlu fokus pada diri sendiri dan tidak terlalu memikirkan opini atau pandangan orang lain. Kamu harus ingat bahwa setiap orang memiliki pandangan yang berbeda sehingga tidak mungkin untuk memenuhi ekspektasi atau memuaskan mereka.

3. Trauma atau Pengalaman Buruk pada Masa Lalu

Inilah yang menjadi penyebab minder terbesar pada manusia. Pengalaman buruk dapat meninggalkan bekas yang dalam dan membuat seseorang merasa takut ketika hendak melakukan sesuatu atau berinteraksi bersama orang lain. Untuk masalah ini, kamu memerlukan bantuan profesional untuk menemukan cara melepaskan diri dari perasaan yang merugikan. Temukan juga dukungan sosial dari teman dan keluarga yang bisa memotivasi kamu untuk maju dan tetap merasa aman.

Baca Juga : Produktif Adalah: Pengertian, Faktor, dan Cara Meningkatkannya

Cara Menghilangkan Rasa Minder supaya Lebih Percaya Diri

Perasaan minder masih bisa diatasi supaya kamu lebih percaya diri. Bagaimana caranya? Lakukan saja empat langkah sederhana di bawah ini.

1. Kenali Diri Sendiri

Perasaan minder bisa terjadi ketika kamu tidak mengenali diri sendiri, khususnya kelebihan dan kelemahanmu. Mengenali kelebihan bermanfaat untuk membangun kepercayaan diri dan lebih yakin ketika menghadapi situasi yang menuntut. Sementara itu, kelemahan akan membantumu dalam memperbaiki diri dan mengembangkan kemampuan untuk menghadapi situasi yang sulit.

Fokuslah pada kelebihan yang dimiliki dan gunakan kelebihanmu untuk membangun kepercayaan diri. Jangan merasa rendah diri dan terlalu memperhatikan kekurangan karena setiap orang pasti memiliki kelemahan yang perlu diperbaiki. Selalu ingat bahwa semua orang memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Semua itu menjadi bagian dari kehidupan dan bisa membentuk manusia menjadi lebih baik.

2. Lakukan Hal yang Membuat Nyaman

Cara menghilangkan rasa minder sebenarnya sederhana. Kamu cukup melakukan hal yang membuat nyaman dan memberikan rasa percaya diri. Ada banyak cara untuk melakukannya tergantung pada preferensi setiap individu. Contohnya, memilih pakaian yang membuat kamu percaya diri saat mengenakannya. Kamu tidak perlu takut tampil beda dan lebih jujur dalam mengekspresikan diri. Ketika merasa nyaman, otomatis rasa percaya dirimu akan meningkat.

Selain berpakaian, lakukanlah juga beberapa kegiatan yang bisa membuat dirimu merasa nyaman dan tenang, seperti meditasi, olahraga, atau menghabiskan waktu bersama orang yang disayangi. Tubuh dan pikiran yang tenang justru akan meningkatkan percaya dirimu. Namun, langkah ini perlu dilakukan secara konsisten karena perasaan minder tidak bisa hilang begitu saja.

3. Jangan Terlalu Memikirkan Opini Orang Lain

Terkadang kamu cenderung khawatir mengenai pemikiran atau opini orang lain sehingga takut untuk mengekspresikan diri dan mencapai tujuan pribadi. Satu-satunya cara yaitu fokus pada tujuan atau keinginan pribadi yang ingin dicapai dalam hidupmu. Kamu perlu mengingat bahwa tujuan yang dibuat berguna untuk dirimu sendiri, bukan orang lain di sekitarmu.

Setiap orang mempunyai keunikan dan kelebihan masing-masing. Membandingkan diri kamu dengan orang lain hanya akan meningkatkan rasa minder. Sebaliknya, tetaplah fokus pada diri sendiri dan kembangkan potensi dan kelebihan yang dimiliki. Namun, kamu tetap harus menghormati orang lain dan mendengarkan masukan yang diberikan, meski pada akhirnya keputusan ada di tanganmu.

4. Latihan Keterampilan dan Pengalaman

Rasa minder sering muncul ketika kamu menghadapi situasi atau kondisi yang membutuhkan keterampilan serta pengalaman. Teruslah berlatih dan jangan takut ketika hendak menghadapi situasi yang pernah membuatmu merasa minder. Pengalaman justru akan membangun kepercayaan diri dan meredakan rasa cemas yang ada pada dirimu. Jangan takut untuk mencoba hal baru dan keluarlah dari zona nyaman agar kamu terus tumbuh dan berkembang menjadi individu yang lebih percaya diri.

Baca Juga : Cara Membangun Kepercayaan Diri dalam Public Speaking: Tips dan Strategi yang Perlu Kamu Coba

Tidak sulit melakukan cara menghilangkan rasa minder yang terakhir ini. Berkat perkembangan zaman, kamu bisa meningkatkan keterampilan melalui kursus online bersama GreatNusa. Ada banyak kategori kursus yang bisa diikuti sesuai minat dan keahlianmu, mulai dari bisnis, keuangan, bahasa, hingga informasi dan teknologi. Selain itu, kamu juga akan menemukan kursus kepemimpinan dan manajemen diri seperti Cara Tingkatkan Percaya Diri untuk Interview Kerja yang berguna ketika hendak melamar pekerjaan. Ayo, ikuti kursusnya dan tingkatkan kualitas hidupmu dengan mengikuti berbagai kursus di GreatNusa!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok