CAREER HACK

8 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris yang Terbukti Efektif

By greatnusa7 Februari 2023

Bagikan Artikel

8 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris yang Terbukti Efektif

Kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Inggris, baik secara lisan ataupun tertulis, jadi modal penting dalam memperoleh karier cemerlang di masa depan. Kamu pun bisa menggunakan berbagai metode untuk menguasainya. Salah satunya, kamu bisa mencoba cara cepat belajar bahasa Inggris autodidak. 

Belajar secara autotidak memungkinkan kamu untuk menguasai bahasa Inggris dengan biaya terjangkau. Kamu tidak perlu membayar biaya kursus yang nominalnya cukup besar. Kalau melakukannya dengan metode yang tepat, kamu dapat mahir berbahasa Inggris lisan ataupun tertulis. 

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Autodidak

Lalu, bagaimana metode belajar bahasa Inggris yang tepat dan bisa kamu praktikkan dengan mudah? Ada 8 tips yang bisa kamu coba sebagai sarana pembelajaran tersebut, yaitu: 

  1. Menonton Film Dokumenter atau Mendengar Podcast Berbahasa Inggris

Metode yang pertama adalah menonton film berbahasa Inggris. Kamu memang bisa memilih berbagai jenis film yang bisa ditonton. Sebagai rekomendasi, kamu dapat mengutamakan pemilihan pada film dokumenter. 

Kenapa film dokumenter? Dibandingkan dengan film lain, film dokumenter menggunakan bahasa pengantar yang relatif mudah dipahami untuk pemula. Selain itu, pelafalannya juga tidak terlalu cepat sehingga kamu dapat mendengarkannya dengan baik. 

Sebagai alternatif, kamu bisa pula memilih untuk mendengarkan podcast berbahasa Inggris. Ada banyak pilihan podcast yang dapat kamu ikuti. Kamu punya opsi untuk mengikuti podcast yang membahas tentang tema favorit atau podcast khusus belajar bahasa Inggris. 

  1. Baca Novel Asing

Kamu bisa pula menggunakan cara cepat belajar bahasa Inggris melalui novel. Kamu dapat memilih untuk membaca novel dengan tema yang disukai. Pilihan aktivitas ini pun sangat menyenangkan, terutama kalau kamu adalah orang yang memang hobi membaca novel. 

Belajar bahasa Inggris lewat tak hanya menawarkan metode yang santai. Namun, cara ini juga efektif dalam membantu kamu memperkaya kosakata bahasa Inggris. Sebagai langkah awal, kamu bisa memilih novel anak-anak. Selanjutnya, pertimbangkan untuk membaca novel yang sesuai dengan selera masing-masing. 

Baca Juga: Apa Itu Hard Skill dalam Dunia Pekerjaan?

  1. Manfaatkan Aplikasi Chat

Praktik belajar bahasa Inggris lewat aktivitas menonton film dan membaca novel membuat kamu punya kosakata cukup banyak. Bekal kosakata tersebut dapat kamu manfaatkan untuk berlatih komunikasi dalam bahasa Inggris. Caranya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi chat dan mencari lawan bicara dari luar negeri. 

Ada banyak pilihan aplikasi chatting yang bisa membantu kamu dalam mempraktikkan kemampuan bahasa Inggris. Beberapa aplikasi tersebut di antaranya adalah:

  • Ablo
  • Bottled
  • HiNative
  • Speaky
  • Tandem
  1. Menyusun Kamus Kosakata Bahasa Inggris

Membaca kamus dapat membantu kamu menemukan kosakata baru. Alih-alih menggunakan kamus yang kamu beli dari toko, pertimbangkan untuk membangun kamus kosakata bahasa Inggris sendiri. Kamu bisa mulai mencatat kosakata baru yang ada di sekitar dan biasa dijumpai. 

Kalau aktivitas pencatatan kosakata tersebut berjalan secara terus-menerus, kamu akan mempunyai kamus yang banyak. Kamu pun bakal memiliki banyak kosakata baru yang sebelumnya belum diketahui. Di waktu yang sama, keberadaan kamus pribadi tersebut dapat membantu kamu dalam memperoleh rasa percaya diri.  

Baca Juga: Kuasai 5 Public Speaking Skills Berikut untuk Siap Dunia Kerja

  1. Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris dan Menghafalkannya

Cara cepat belajar bahasa Inggris yang selanjutnya adalah melalui lagu. Mendengarkan dan sekaligus mendengarkan lagu berbahasa Inggris jadi metode belajar yang menyenangkan. Apalagi ada banyak pilihan jenis lagu yang bisa kamu gunakan. Sebagai tambahan, kamu bisa pula memperoleh lirik lagu dengan mudah lewat internet. 

Untuk memudahkan dalam proses belajar, kamu bisa memilih lagu yang memiliki tempo lambat. Dengan begitu, kamu tidak akan mengalami kesulitan dalam mendengar dan menghafalkannya. Beberapa rekomendasi lagu bahasa Inggris yang dapat kamu gunakan untuk sarana belajar di antaranya adalah: 

  • Begin Again - Taylor Swift

Lagu Taylor Swift jadi pilihan menarik kalau kamu ingin belajar bahasa Inggris dengan cepat. Penyanyi yang satu ini kerap menyanyikan lagu dengan lirik yang mudah dipahami dan bertempo lambat. Salah satunya adalah lagu berjudul Begin Again. 

  • I’ll Be Right Here Waiting For You - Bryan Adams

Lagu yang satu ini sangat populer dan enak didengar. Temponya yang relatif lambat dapat membantu kamu dalam belajar memahami setiap kata dan sekaligus menghafalkannya. Bahkan, lagu ini sering digunakan di tempat kursus bahasa Inggris sebagai sarana berlatih listening

  • When The Children Cry - White Lion

Opsi lagu bertempo lambat lainnya adalah When The Children Cry dari White Lion. Lantunan suara dari lagu ini enak didengar. Selain itu, liriknya juga menyimpan pesan yang sangat penting. 

  • Love Me Now - John Legend

Kalau ingin belajar bahasa Inggris menggunakan lagu yang relatif baru, kamu bisa memilih lagu Love Me Now dari John Legend. Lagu ini memiliki kemudahan untuk bisa dihafal karena di dalamnya ada banyak repetisi. Sebagai tambahan, lagu pop ini juga bisa memberi tambahan kosakata dalam bentuk ungkapan yang menarik kamu ketahui. 

  • Shape of You - Ed Sheeran

Rekomendasi lagu yang terakhir adalah lagu Ed Sheeran berjudul Shape of You. Lagu ini dapat membantu kamu untuk bisa memahami bahasa Inggris dengan aksen British. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari fakta bahwa Ed Sheeran merupakan penyanyi asal Inggris yang punya aksen British kental. 

  1. Menulis

Tips selanjutnya adalah berlatih bahasa Inggris dengan cara menulis. Cara latihan seperti ini dapat membantu kamu berkomunikasi secara tertulis. Saat berlatih, kamu bisa mencoba menulis apa saja tanpa ada batasan tema tertentu. Selain itu, kamu juga tidak perlu mengkhawatirkan aspek grammar dari tulisan yang dibuat.

Grammar memang penting. Namun, kamu jangan terlalu terpaku untuk belajar menulis sesuai dengan ketentuan grammar. Kalau proses latihan menulis dalam bahasa Inggris sudah lancar, kamu dapat mulai mengoreksi tulisan tersebut sesuai dengan grammar

Baca Juga: Belajar Membuat Proposal Sistem untuk Memulai Proyek

  1. Latih Kemampuan Berbahasa Inggris di Mana Saja dan Kapan Saja

Seperti halnya latihan menulis, kamu bisa pula mencoba untuk berlatih bicara dalam bahasa Inggris kapan saja dan di mana saja. Proses latihan ini bisa kamu lakukan sendiri ataupun ketika berbicara dengan orang lain. Cara belajar ini dapat membantu kamu dalam meningkatkan kelancaran pelafalan kata-kata dalam bahasa Inggris. 

  1. Ikut Kursus Bahasa Inggris Online

Tips yang terakhir, kamu punya pertimbangan untuk mengikuti kursus bahasa Inggris secara online. Kursus seperti ini sangat berguna untuk mengoreksi kesalahan cara pelafalan ataupun penulisan yang kamu lakukan. Selain itu, kursus online juga relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan biaya les bahasa Inggris secara offline

GreatNusa menjadi solusi tepat bagi kamu ketika ingin mengikuti kursus online cara cepat belajar bahasa Inggris dan berkualitas. Ada banyak pilihan tema kursus yang tersedia, termasuk di antaranya adalah kursus writing ataupun strategi IELTS. 

Nah, itulah tips dan cara yang dapat kamu praktikkan untuk belajar dan menguasai bahasa Inggris. Kemampuan berbahasa Inggris yang bagus dapat membantu kamu dalam meraih cita-cita cerah di masa depan. 

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok