TIME MANAGEMENT

5 Cara Beradaptasi dengan Lingkungan Kerja Baru

By greatnusa25 Februari 2023

Bagikan Artikel

5 Cara Beradaptasi dengan Lingkungan Kerja Baru

Perasaan yang bercampur aduk pasti akan kamu rasakan ketika memasuki tempat kerja baru. Kamu merasa senang karena bisa melepaskan status pengangguran atau bekerja di tempat impian. Di sisi lain, perasaan gelisah pun muncul karena kamu harus beradaptasi. Hilangkan kekhawatiran tersebut karena GreatNusa akan membagikan cara beradaptasi dengan lingkungan kerja baru yang bisa langsung kamu terapkan!

Beradaptasi dengan Lingkungan Kerja Baru

Adaptasi merupakan proses penyesuaian diri terhadap perubahan pada lingkungan sekitarnya. Begitu pula ketika di tempat kerja baru, kamu harus menyesuaikan diri terhadap lingkungan kerja, peraturan, dan sistem kerja yang masih terasa asing. Kamu perlu beradaptasi agar bisa bertahan dan bekerja lebih lancar di lingkungan kerja yang baru.

Setiap orang memiliki masa adaptasi yang berbeda-beda ketika berada di tempat baru. Ada yang langsung bisa menyesuaikan diri setelah seminggu bekerja, namun ada pula yang baru terbiasa setelah masa kerjanya melewati satu bulan. Karyawan baru hendaknya melakukan berbagai cara agar merasa nyaman di tempat kerja dan menghasilkan performa kerja yang lebih mumpuni.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Etos Kerja yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Pemimpin

Cara Beradaptasi dengan Lingkungan Kerja Baru

Lantas, bagaimana cara beradaptasi agar terbiasa di lingkungan kerja baru? Cobalah lakukan lima tips di bawah ini.

1. Berani Bertanya

Peribahasa ‘malu bertanya, sesat di jalan’ berlaku untuk karyawan baru. Kamu bisa bertanya kepada atasan atau rekan kerja di sekitar mengenai cara menyelesaikan pekerjaan atau menghadapi situasi tertentu. Namun, kamu harus mencatat jawaban mereka agar bisa menjadi bahan pembelajaran yang bagus selama masa adaptasi.

2. Fokus pada Hal Positif

Kamu akan menghadapi kejadian tak terduga atau kondisi yang tidak sesuai ekspektasi. Hindari merasa panik dan tetaplah berpikir positif ketika berada dalam kondisi tersebut. Anggaplah setiap pengalaman yang kamu hadapi, baik positif maupun negatif, sebagai pelajaran berharga.

3. Melatih Kecerdasan Emosional

Proses adaptasi bisa menjadi momen yang tepat untuk melatih kecerdasan emosional. Kamu bisa belajar mengontrol emosi agar lebih profesional selama bekerja. Emosi yang terkontrol dapat membentuk respons yang matang ketika menghadapi situasi tertentu.

4. Jangan Takut terhadap Kesalahan

Wajar saja jika kamu melakukan kesalahan selama masa adaptasi. Namun, kamu tidak boleh membiarkan kekecewaan menguasai dirimu ketika melakukan kesalahan. Belajarlah untuk bersikap tenang dan mencari solusi untuk menyelesaikan kesalahan tersebut. Kamu bisa berkaca dari kesalahan tersebut agar bisa menunjukkan performa kerja yang lebih baik nantinya.

5. Keluar dari Zona Nyaman

Bertahan di zona nyaman berarti kamu tetap kukuh pada pemikiran lama yang belum tentu sesuai lingkungan kerja barumu. Kamu perlu keluar dari zona nyaman dan berani menghadapi berbagai situasi. Tips ini membantumu agar lebih fleksibel dan cekatan dalam menghadapi setiap permasalahan yang terjadi di tempat kerja.

Baca Juga: Ketahui 5 Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan

Cara Bergaul bersama Rekan Kerja

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak lepas dari pergaulan di lingkungan mana pun. Kamu perlu bergaul bersama rekan kerja agar menjadi pribadi yang disukai oleh banyak orang. Ikuti tips memulai pertemanan di kantor ini.

1. Mulai dari Sapaan dan Obrolan Ringan

Perasaan canggung kerap muncul ketika menghadapi orang baru. Namun, kamu bisa mulai menyapa rekan kerja dan mengajaknya berkenalan. Berikan sapaan ramah yang terpancar melalui senyuman di wajah agar mereka bisa merasakan energi positif pada dirimu. Lanjutkan pembicaraan dengan membahas hal-hal ringan yang menarik untuk dibahas.

2. Minta Pendapat tentang Suatu Hal

Kamu bisa meminta pendapat rekan kerja untuk memulai pembicaraan. Pendapat tersebut tidak harus seputar pekerjaan, tetapi bisa pula pilihan menu makan siang, mode transportasi yang efektif, dan sebagainya.

3. Berikan Apresiasi

Apresiasi atau pujian bisa menjadi cara efektif untuk membangun pertemanan. Banyak hal yang bisa dipuji dari rekan kerjamu, mulai dari gaya berpakaian, sikap dan perilaku, bahkan prestasi yang diraih selama bekerja. Namun, berikan pujian sewajarnya agar mereka tidak menganggap kamu sebagai pencari perhatian.

4. Tetap Bersikap Ramah

Bagaimana jika saya menemukan rekan kerja yang kurang menyenangkan? Tetaplah bersikap ramah dan tenang. Jangan biarkan sifat negatif mereka memengaruhi antusiasme kamu dalam bekerja. Kamu tidak harus mengajaknya berbicara, cukup mulai pembicaraan ketika ada hal penting untuk diperbincangkan.

5. Hindari Gosip

Gosip atau pembicaraan yang kurang baik selalu terjadi di mana pun. Namun, kamu harus menghindari gosip karena bisa menyinggung perasaan orang yang sedang dibicarakan. Apabila diajak bergosip, kamu bisa merespons seperlunya, kemudian mengalihkan gosip ke topik pembicaraan lain.

Baca Juga: Kenali 7 Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja

Tips pada Hari Pertama Kerja

Selain mengetahui cara bergaul dan beradaptasi, kamu pun harus mempersiapkan diri menyambut hari pertama bekerja di tempat baru. Lihat tips lengkapnya di bawah ini.

1. Siapkan Peralatan Kerja

Persiapkan peralatan kerja semalam sebelumnya agar kamu tidak panik pada hari pertama kerja. Adapun peralatan yang perlu dipersiapkan yaitu alat tulis, buku catatan, smartphone, charger, dan sebagainya. Masukkan semuanya ke dalam tas agar kamu langsung berangkat ke tempat kerja baru.

2. Gunakan Pakaian Rapi dan Sopan

Kesan pertama terlihat dari penampilan kamu. Gunakan pakaian kerja yang rapi, sopan, dan sesuai budaya kerja perusahaanmu. Perhatikan juga penampilanmu secara keseluruhan, seperti gaya rambut, tata rias, aksesoris, dan penggunaan parfum. Kepribadianmu terpancar melalui gaya pakaian yang kamu kenakan.

3. Datang Lebih Awal

Citra diri yang positif terlihat ketika kamu datang lebih awal ke kantor. Perkirakan waktu keberangkatan pada hari sebelumnya serta metode transportasi yang digunakan. Usahakan datang maksimal 15 menit sebelum jam kerja dimulai agar bisa berkenalan dengan teman kerja baru.

4. Jaga Perilaku dan Sikap

Sikap dan perilaku menggambarkan citra dirimu sebagai karyawan baru. Berbicaralah menggunakan gaya dan bahasa yang santun kepada siapa pun, termasuk resepsionis dan penjaga keamanan. Hormati dan hargai setiap orang di tempat kerja barumu agar mereka terkesan melihat sikapmu.

Baca Juga: 11 Kata Kata Motivasi Kerja Karyawan yang Inspiratif

5. Jangan Takut Memulai Obrolan

Terkadang kamu merasa takut mengganggu rekan kerja sehingga tidak berani memulai obrolan. Namun, hilangkan ketakutan tersebut dan ambillah waktu untuk berbaur bersama mereka. Lakukan tips memulai pembicaraan yang telah dibahas pada bagian sebelumnya.

Tidak perlu merasa gugup pada hari pertama kerja ketika kamu telah melakukan seluruh cara beradaptasi dengan lingkungan baru yang dijelaskan di atas. Ketika sudah terbiasa, barulah kamu bisa lebih fokus bekerja dan mengembangkan dirimu.

Proses adaptasi diri lebih menantang ketika kamu mulai bekerja di perusahaan multinasional yang melibatkan penggunaan bahasa Inggris. Atasi tantangan tersebut dan ikutilah kursus Socializing at Work dari GreatNusa untuk mengasah kemampuanmu. Kamu bisa memahami komunikasi antar budaya sehingga lebih percaya diri ketika menghadapi rekan kerja dari berbagai negara. Yuk, kembangkan dirimu agar lebih sukses di dunia karier bersama GreatNusa.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok