KNOWLEDGE

Value Adalah : Pengertian, Penerapan, dan Pentingnya Value

By greatnusa28 Maret 2023

Bagikan Artikel

Value Adalah : Pengertian, Penerapan, dan Pentingnya Value

Nilai atau value adalah hal yang sangat penting dalam bisnis dan kehidupanmu. Namun, apa sebenarnya arti dari value itu? Pernahkah kamu berpikir mengenai nilai-nilai yang dimiliki dan bagaimana nilai-nilai tersebut mempengaruhi hidupmu?

Tidak sedikit orang yang mengabaikan pentingnya nilai dalam aspek bisnis maupun kehidupan mereka. Faktanya, memahami nilai dalam hidup sangat penting untuk membentuk pandangan dan tindakan kamu dalam kehidupan sehari-hari. Artikel ini akan mengulas lengkap mengenai value dalam bisnis dan kehidupan pribadimu. Yuk, simak artikelnya sampai selesai!

Pengertian Value

Value adalah evaluasi diri sendiri sebagai manusia dalam bertindak dan membuat keputusan. Value bisa dianggap sebagai panduan ideal bagi seseorang dalam bertindak dan berinteraksi bersama lingkungan sekitarnya.

Nilai atau value yang dimiliki seseorang menjadi dasar etika atau standar yang diyakini dapat mengatur perilaku sehari-hari manusia. Value membuat seseorang merasa pantas dan berharga, tetapi tidak jarang bisa menimbulkan masalah.

Contohnya, seseorang mungkin lebih suka menyelesaikan tugas lebih cepat, sedangkan orang lain mungkin lebih santai dalam menyelesaikannya. Perbedaan ini bisa menyebabkan konflik di antara mereka. Oleh karena itu, penting untuk menghormati nilai setiap individu sebab tidak semua orang memiliki nilai yang sama.

Baca Juga : Value Proposition: Pengertian, Cara Membuat, Serta Elemen-elemen di Dalamnya

Pentingnya Memahami Value dalam Bisnis

Value sangat berperan penting dalam bisnis dan kehidupan. Bagaimana peran dari value terhadap dua aspek tersebut? Mari kita mulai dari membahas tentang peran value dalam bisnis.

1. Membantu dalam Proses Pengambilan Keputusan Bisnis

Value yang diterapkan dalam sebuah bisnis akan menjadi landasan yang membantu karyawan dalam proses pengambilan keputusan. Mereka lebih mudah mengambil keputusan terutama ketika dihadapkan pada situasi krisis perusahaan karena mengetahui tujuan dan value perusahaan yang harus diterapkan dalam bisnis.

2. Meningkatkan Semangat Karyawan

Value haruslah tercermin dalam sikap dan perilaku sehari-hari supaya visi bisnis bisa dikomunikasikan kepada seluruh tim. Kekompakan tim meningkat dan mereka bisa menghindari keputusan yang kurang efektif dalam meningkatkan kinerja karyawan. Value bisnis yang kurang jelas justru membuat anggota tim kurang konsisten dan sering bingung karena tidak mengetahui arah tujuan utama perusahaan.

3. Menyatukan Anggota dalam Tim

Bisnis yang memiliki value yang jelas akan lebih mudah termotivasi dan mampu mendorong keterlibatan karyawan dalam setiap proses perkembangan bisnis. Karyawan pun bisa menentukan perilaku dan keputusan yang menjadi prioritas utama jika mengetahui value utama suatu bisnis.

4. Menjadi Identitas Perusahaan di Mata Publik

Pelanggan mana pun pasti akan memilih bisnis yang memiliki value yang kuat dan mampu menghadirkannya di tengah masyarakat. Value sebuah bisnis dapat mengedukasi pelanggan dan membantu mereka memahami tujuan utama dan prinsipnya.

5. Menentukan Kandidat yang Tepat

Value menjadi filter utama dalam menemukan kandidat karyawan yang tepat ketika melakukan perekrutan. Value perusahaan yang jelas dapat menarik, merekrut, dan mempertahankan para tenaga profesional yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan.

Baca Juga : Interpersonal Skill: Pengertian, Jenis, dan Pentingnya dalam Kehidupan dan Karier Anda

Pentingnya Memahami Value dalam Kehidupan

Selain bisnis, value juga perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Lihat beberapa alasan pentingnya memahami value dalam kehidupan.

1. Menentukan Prioritas Hidup

Value bisa memengaruhi skala prioritas yang kamu buat. Pasalnya, value merupakan acuan ideal dalam bertindak di kehidupanmu. Kamu akan lebih mudah menentukan prioritas hidup sesuai value yang dipegang. Contohnya, jika kamu mempunyai value yang tinggi terhadap kesehatan, maka prioritas utama kamu akan mengarah pada kegiatan yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh pula.

2. Membentuk Identitas dan Karakter Seseorang

Identitas dan karakter kamu dipengaruhi oleh value yang kamu pegang. Kamu akan lebih mudah menentukan sikap, tindakan, dan prioritas dalam hidup ketika memiliki value yang kuat. Kamu juga mampu membentuk pola pikir dan perilaku yang konsisten dan sesuai value yang dipegang. Karakter dan identitas yang kuat akan membantumu pada saat menghadapi berbagai situasi dan tantangan dalam hidup.

3. Mampu Bertahan dalam Masa Sulit

Value yang kamu anut akan memberikan arahan tentang apa yang benar dan salah, khususnya pada masa sulit.  Ketika menghadapi masalah atau kesulitan, value tersebut akan membantu kamu untuk menentukan tindakan yang tepat dan sesuai prinsip yang diyakini.

4. Lebih Berani Menggapai Impian

Value yang kuat akan mendorongmu untuk memiliki tujuan hidup yang jelas. Kamu pun akan lebih percaya diri dalam mengambil keputusan dan berani mengambil risiko untuk mencapai impianmu. Kamu juga mempunyai motivasi dan semangat yang kuat untuk terus berjuang dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan.

5. Menjadi Pribadi yang Tidak Mudah Terpengaruh

Value juga bisa membantu kamu dalam menjaga diri supaya tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya. Kamu bisa mempertahankan prinsip dan keyakinan dengan memiliki value yang kuat, bahkan ketika ada banyak tekanan dari luar. Kamu pun akan lebih konsisten dengan value yang dipegang sehingga menghindari pengaruh yang negatif dari lingkungan sekitarmu.

Baca Juga : Apa Itu Hard Skill dalam Dunia Pekerjaan?

Cara Menerapkan Value dalam Bisnis

Memahami value dalam bisnis bukanlah satu-satunya hal yang perlu dilakukan. Penerapan value dalam setiap aspek bisnis justru menjadi kunci keberhasilan yang berkelanjutan. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menerapkan value dalam bisnis:

1. Merancang Pernyataan Visi, Misi, dan Nilai Bisnis

Visi, misi, dan nilai bisnis perlu dibuat dalam kalimat yang sederhana dan mudah dipahami. Pernyataan visi atau value yang terlalu panjang dan rumit justru akan membuat kesulitan dalam memahami dan mengimplementasikannya. Kamu perlu membahas secara rutin mengenai visi, misi, dan nilai perusahaan bersama karyawan menggunakan contoh nyata agar semua mereka berusaha untuk mengikuti dan memenuhi value tersebut.

2. Menghidupi Value dalam Tindakan

Sebagai seorang pemimpin, kamu perlu memperlihatkan value bisnis yang dipegang melalui tindakan yang dilakukan. Tips ini sangat berguna untuk menjaga integritasmu. Tidak hanya itu, karyawan juga akan lebih terinspirasi untuk menunjukkan perilaku yang berkualitas dan etis sesuai nilai yang dimiliki karena sudah melihat role model-nya.

3. Menggunakan Value sebagai Framework dalam Pembuatan Keputusan

Value bisnis perlu menjadi dasar dalam membuat keputusan dan bertindak dalam setiap interaksi bersama pemangku kepentingan (stakeholder). Kamu perlu merujuk pada nilai-nilai tersebut secara konsisten, baik ketika membuat keputusan maupun dalam tindakan sehari-hari. Karyawan pun akan mengikuti contoh kamu sebagai pemimpin dan berusaha untuk mengimplementasikan value tersebut selama bekerja.

4. Rutin Mengadakan Rapat Bersama Karyawan

Kamu dapat menggunakan rapat bersama seluruh karyawan sebagai kesempatan untuk memperkuat value dan etika perusahaan kepada mereka. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa bisnis dan karyawan harus selaras dan beroperasi sesuai nilai yang dipegang.

5. Mengapresiasi Karyawan yang Menerapkan Value

Terakhir, kamu juga harus memberikan apresiasi pada karyawan yang berhasil menerapkan value perusahaan. Berikan pujian atau bentuk penghargaan lainnya supaya mereka makin termotivasi untuk terus menerapkan value tersebut.

Cara Menerapkan Value dalam Kehidupan

Lantas, bagaimana cara menerapkan value dalam kehidupan sehari-hari? Untuk hal ini, tentu kamu memerlukan langkah yang berbeda daripada penerapan value dalam bisnis. Lakukan lima langkah di bawah ini untuk menjadi pribadi yang lebih konsisten, efektif, dan bahagia dalam kehidupanmu.

1. Tuliskan Value dalam Buku

Pertama, kamu perlu mencatat dan menuliskan setiap value dalam buku atau catatan digital di smartphone. Value yang ditulis tidak harus muluk-muluk, tetapi harus mudah diingat dan bisa diterapkan pada banyak situasi dan kondisi. Kamu juga bisa menempelkan catatan kecil (post-it) di tempat yang mudah terlihat agar lebih mudah diingat.

2. Berada di Lingkungan Positif dan Mendukung

Pengaruh lingkungan sangat signifikan terhadap cara kamu dalam memandang kehidupan. Oleh karena itu, pastikan kamu berada di lingkungan yang mendukung nilai yang dipegang. Keluarga dan teman terdekatmu tidak harus memiliki value yang sama, tetapi setidaknya mereka harus mendukung value tersebut.

3. Lakukan Pekerjaan yang Sejalan dengan Value

Gunakan value sebagai filter atau penyaring dalam memilih pekerjaan atau tugas yang akan dilakukan. Pekerjaan yang sesuai value yang kamu miliki akan memberikan hasil yang maksimal meski kamu melakukannya dengan usaha yang minimal.

4. Tunjukkan Ketika Berinteraksi bersama Orang Lain

Kamu juga perlu mengintegrasikan setiap value yang dipegang ketika berinteraksi bersama orang lain. Gunakan perkataan yang mencerminkan value tersebut agar terlihat nyata dalam tindakan sehari-hari. Value akan menjadi bagian dari diri Anda dan dapat diaplikasikan dengan mudah melalui langkah ini.

5. Evaluasi Harian Sebelum Tidur

Terakhir, jangan lupa untuk melakukan evaluasi harian mengenai penerapan value sebelum mengakhiri hari. Cobalah mengecek jika tindakan yang dilakukan sudah sepadan value yang kamu pegang. Jangan menyalahkan diri sendiri apabila ada kesalahan atau kekurangan, sebaliknya gunakan kesalahan tersebut sebagai pembelajaran dan perbaikan diri pada esok harinya.

Intinya, value adalah aspek penting dalam bisnis maupun kehidupan. Kamu perlu menerapkan value agar bisnismu makin bernilai dan memberikan dampak besar bagi kehidupan karyawan maupun pelanggan. Begitu pula dalam aspek kehidupan, value juga perlu diterapkan supaya kamu menjadi pribadi yang tangguh dan mampu menghadapi masalah.
Lantas, bagaimana cara menentukan value yang ingin diterapkan dalam bisnis maupun kehidupan? Langkah terbaik untuk menentukan value adalah mengenal diri sendiri. Jangan khawatir kalau kamu masih merasa bingung mengenal identitasmu karena GreatNusa mempunyai kursus yang bermanfaat untukmu. Daftarkan dirimu untuk mengikuti kursus Self-Leadership: Metode Mengenal Diri Sendiri di GreatNusa yang diadakan secara daring sehingga kamu bisa mengikutinya secara fleksibel!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok