KNOWLEDGE

8 Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

By greatnusa5 Mei 2023

Bagikan Artikel

8 Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

Agar bisa berjalan dengan baik, perusahaan membutuhkan beragam komponen baik itu alat, sumber daya manusia maupun uang. Semua komponen tersebut harus diatur dengan baik agar bisa berguna sesuai dengan fungsinya. Selain pengelolaan peralatan dan manajemen sumber daya manusia, keuangan juga perlu diatur dalam manajemen keuangan. Apa pengertian manajemen keuangan menurut para ahli?

Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

Semua bisnis memerlukan dana untuk memenuhi biaya operasional dan mengembangkan usaha. Dana itu bisa bersumber dari modal kerja atau dari pembelian aktiva tetap. Agar bisa memenuhi kebutuhan tersebut, perusahaan mencari sumber dana dengan beban biaya terendah.

Saat ketersediaan kas perusahaan memadai, diperlukan perhatian khusus. Tanggung jawab dalam pengelolaan kas termasuk mencari sumber dana sesuai dengan kebutuhan adalah tanggung jawab manajemen keuangan.

Untuk memahami dengan baik apa itu manajemen keuangan, simak pengertian manajemn keuangan menurut para ahli berikut ini!

1. Grestenberg

Menurut Grestenberg, manajemen keuangan secara umum bisa didefinisikan sebagai cara bagaimana sebuah perusahaan memperoleh modal berupa uang, bagaimana cara mereka menggunakan uang tersebut dan bagaimana cara mereka mendistribusikannya.

Baca Juga: 4 Fungsi Manajemen Keuangan untuk Perusahaan

2. Liefman

Liefman menyebut bahwa manajemen keuangan adalah upaya menyediakan dana dan menyediakan dana yang ada untuk memperoleh aktiva.

3. Erlina S.E

Menurut Erlina S.E, yang dimaksud dengan manajemen keuangan adalah pengaturan terhadap aspek-aspek keuangan sebuah perusahaan. Aspek-aspek tersebut mencakup raising fund (mencari dana) dan allocation of fund (mengatur alokasi penggunaan dana) agar sesuai dengan kebutuhan dan tujuan perusahaan.

4. Bambang Riyanto

Manajemen keuangan merupakan semua aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan yang berkaitan dengan upaya untuk memperoleh uang yang dibutuhkan dengan biaya serendah mungkin, syarat-syarat yang membawa keuntungan maksimal serta memanfaatkan dana tersebut dengan cara paling efisien.

Baca Juga: Macam-Macam Laporan Keuangan dalam Dunia Usaha

5. Bringham dan Houston

Berdasarkan buku yang ditulis oleh Bringham dan Houston (diterjemahkan oleh Dodo, H dan Herman, W.) manajemen keuangan adalah bidang yang paling luas dengan kesempatan karier terbesar dalam bidang keuangan.

6. J.L Massie

Manajemen keuangan merupakan kegiatan operasional dalam bisnis yang bertanggung jawab untuk mendapatkan dan memanfaatkan uang yang ada secara efektif sesuai dengan kebutuhan operasional yang efisien.

7. Weston dan Copeland

Berdasarkan buku yang ditulis oleh pakar keuangan Weston dan Copeland (diterjemahkan oleh Jaka, W. dan Kirbandoko) disebutkan bahwa manajemen keuangan bisa dirumuskan dengan tanggung jawab dan fungsi dari manajer keuangan. Fungsi utama manajemen keuangan umumnya terkait keputusan tentang pembiayaan kegiatan usaha, kegiatan penanaman modal serta pembagian dividen bagi para pemegang saham.

Baca Juga: Akuntansi Manajemen: Pengertian dan Fungsinya

8. Sutrisno

Pengertian manajemen keuangan menurut Sutrisno adalah segala aktivitas yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dalam mendapatkan dana dengan biaya yang rendah serta upaya untuk bisa memanfaatkan serta mengalokasikan dana secara efisien. 

Makna Manajemen Keuangan, Elemen dan Fungsinya

Setelah mengetahui pengertian manajemen menurut para ahli, kamu juga harus memahami apa saja cakupan yang ada dalam manajemen keuangan itu sendiri. Manajemen keuangan berarti merencanakan, mengatur, mengarahkan dan mengendalikan kegiatan keuangan seperti pengadaan dan pemanfaatan dana perusahaan. Ini berarti dengan menerapkan prinsip-prinsip manajemen umum untuk sumber daya keuangan perusahaan.

1. Ruang Lingkup dan Elemen dalam Manajemen Keuangan

  1. Keputusan investasi termasuk investasi dalam bentuk aset tetap (disebut dengan penganggaran modal). Investasi dalam aktiva lancar juga merupakan keputusan investasi yang disebut sebagai keputusan modal kerja.
  2. Keputusan keuangan. Berhubungan dengan penggalangan dana dari berbagai sumber yang akan tergantung pada keputusan tentang jenis sumber, periode pembiayaan, biaya pembiayaan dan pengembaliannya.
  3. Keputusan dividen. Manajer keuangan harus mengambil keputusan terkait dengan pembagian laba bersih. Laba bersih umumnya dibagi menjadi 2:
    • Dividen untuk pemegang saham. Dividen dan tingkatannya harus diputuskan oleh manajemen keuangan
    • Laba ditahan. Jumlah laba ditahan harus diselesaikan dan nilainya tergantung pada rencana ekspansi dan diversifikasi perusahaan.

Baca Juga: Net Profit Margin Adalah: Pengertian, Rumus, dan Strateginya

2. Tujuan Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan umumnya berkaitan dengan pengadaan, alokasi dan pengendalian sumber daya keuangan yang menjadi perhatian perusahaan. Tujuannya antara lain adalah:

  1. Untuk memastikan adanya pasokan dana yang teratur dan memadai untuk semua hal tersebut.
  2. Untuk memastikan pengembalian yang memadai kepada pemegang saham. Ini bergantung pada kapasitas pendapatan, harga pasar saham dan harapan pemegang saham.
  3. Untuk memastikan pemanfaatan dana yang optimal. Setelah dana diperoleh, dana tersebut harus bisa dimanfaatkan dengan cara seoptimal mungkin dengan biaya seminimal mungkin.
  4. Untuk memastikan keamanan investasi. Artinya, dana harus diinvestasikan dalam usaha yang aman sehingga tingkat pengembalian yang memadai bisa dicapai.
  5. Untuk merencanakan struktur modal yang sehat. Harus ada komposisi modal yang sehat dan adil sehingga keseimbangan antara utang dan modal ekuitas bisa tetap terjaga.

3. Fungsi Manajemen Keuangan

Ada beberapa fungsi penting dari manajemen keuangan yang perlu diketahui antara lain:

  1. Estimasi kebutuhan modal. Manajer keuangan harus membuat estimasi kebutuhan modal perusahaan. Ini akan tergantung pada biaya dan keuntungan yang diharapkan serta program dan kebijakan masa depan yang menjadi perhatian perusahaan. Estimasi harus dibuat dengan cara yang memadai untuk meningkatkan kapasitas pendapatan perusahaan.
  2. Penentuan komposisi modal. Setelah estimasi dibuat, struktur modal harus diputuskan. Ini melibatkan analisis ekuitas utang jangka pendek dan jangka panjang. Juga akan tergantung pada proporsi modal ekuitas yang dimiliki oleh perusahaan dan dana tambahan yang harus dikumpulkan dari pihak luar.
  3. Pilihan sumber dana. Untuk dana tambahan yang akan diperoleh, perusahaan memiliki beberapa opsi antara lain:
    • Menerbitkan saham dan surat utang
    • Pinjaman yang akan diambil dari bank dan lembaga keuangan yang lain
    • Simpanan masyarakat yang ditarik seperti dalam bentuk obligasi
  1. Investasi dana. Manajer keuangan harus memutuskan untuk mengalokasikan dana ke usaha yang menguntungkan sehingga ada keamanan dalam investasi dan pengembalian yang reguler bisa didapatkan.
  2. Surplus. Keputusan terkait laba bersih harus dilakukan oleh manajer keuangan. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan 2 cara:
    • Deklarasi dividen. Ini termasuk mengidentifikasi tingkat dividen dan manfaat lain seperti bonus
    • Dana ditahan. Volume harus diputuskan dan ini bergantung pada rencana ekspansi, inovasi serta diversifikasi perusahaan.
  1. Manajemen kas. Manajer keuangan harus membuat keputusan terkait dengan manajemen kas. Uang tunai dibutuhkan untuk berbagai keperluan seperti pembayaran gaji karyawan, membayar tagihan listrik, air, internet, pembayaran kepada kreditur, pemenuhan kewajiban lancar, pemeliharaan persediaan yang cukup, pembelian bahan baku dan lain sebagainya.
  2. Kontrol keuangan. Manajer keuangan tidak hanya harus merencanakan, mendapatkan dan memanfaatkan dana saja. Dia juga harus melakukan kontrol atas keuangan. Ini bisa dilakukan dengan berbagai teknik analisis rasio, perkiraan keuangan, pengendalian biaya dan laba dan lain sebagainya.

Manajemen keuangan memiliki pengertian dan cakupan yang sangat luas. Dengan membaca pengertian manajemen keuangan menurut para ahli dan penjelasan terkait tujuan dan fungsi di atas, kamu bisa lebih memahami hal-hal yang berkaitan dengan manajemen keuangan.

Untuk memantapkan pengetahuanmu di bidang bisnis dan manajemen keuangan, kamu bisa mengikuti kursus online yang dibuka oleh GreatNusa, loh! Ada banyak pilihan kelas dengan harga bersaing. Daftarkan dirimu sekarang juga!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok