Lewati ke konten utama

Ringkasan topik

  • Keterlibatan Profesional

    Description

    Kompetensi digital pendidik diekspresikan dalam kemampuan mereka untuk menggunakan teknologi digital tidak hanya untuk meningkatkan pengajaran, tetapi juga untuk interaksi profesional mereka dengan rekan kerja, pelajar, orang tua, dan pihak berkepentingan lainnya, untuk individu mereka

    pengembangan profesional dan untuk kebaikan kolektif dan inovasi berkelanjutan dalam organisasi dan pengajaranprofesi di tingkat dasar.


    Learning Outcomes

    1. Mampu menjelaskan pentingnya meningkatkan kolaborasi antara guru, peserta didik dan orang tua untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
    2. Mampu menggunakan teknologi digital untuk membuat sumber belajar dan informasi tambahan bagi peserta didik & orang tua dan membuat projek kolaborasi dan komunikasi dengan memanfaatkan teknologi digital 


    Goals

    Pendidik memiliki ketertarikan menggunaan teknologi digital untuk meningkatkan praktik pedagogis dan professional engagement Anda


  • Sumber Daya Digital

    Description

    Pendidik mulai membuka diri untuk menerima keberagaman teknologi saat ini, mengidentifikasi sumber daya secara efektif yang paling sesuai dengan tujuan pembelajaran mereka, kelompok pembelajar dan gaya mengajar, untuk menyusun kekayaan materi, membangun koneksi dan untuk memodifikasi, menambah dan mengembangkan sendiri sumber daya digital untuk mendukung pengajaran. 


    Learning Outcomes

    1. Guru mulai menggunakan internet dalam menemukan sumber daya atau memperkaya pengetahuan untuk pengajaran dan pembelajaran.
    2. Mampu menggunakan strategi pencarian internet sederhana untuk mengidentifikasi konten digital yang relevan untuk pengajaran dan pembelajaran mengetahui platform pendidikan umum yang menyediakan sumber daya pendidikan.


    Goals

    Pendidik memahami pentingnya kompetensi Digital dalam dunia pendidikan

    • Pengajaran dan Pembelajaran

      Deskripsi

      Pendidik mulai mencoba untuk dapat memanfaatkan Teknologi digital dalam strategi pengajaran dan pembelajaran dengan berbagai cara serta pendekatan pedagogik sehingga para pendidik dapat melakukan langkah awal dalam penggunaan teknologi pendidikan yang efektif falam menunjang proses pembelajaran. 


      Learning Outcomes

      1. Merencanakan dan menerapkan perangkat dan sumber daya digital dalam proses pengajaran, sehingga dapat meningkatkan efektivitas intervensi pengajaran
      2. Mengelola dan mengatur intervensi pengajaran digital dengan tepat, bereksperimen dengan dan mengembangkan format baru serta metode pedagogis untuk instruksi, menggunakan teknologi dan layanan digital untuk meningkatkan interaksi dengan peserta didik, secara individu dan kolektif, di dalam maupun di luar jam pembelajaran, dan Menggunakan teknologi digital untuk mendukung proses pembelajaran yang diatur sendiri, yaitu memungkinkan peserta didik untuk merencanakan, memantau, dan merefleksikan pembelajaran mereka sendiri, memberikan bukti kemajuan, berbagi wawasan, dan menemukan solusi kreatif.


      Goals

      Memunculkan kesadaran Pendidik dalam penggunaan teknologi dalam melaksanakan proses pembelajaran

      • Penilaian

        Description

        Pendidik mulain mencoba mengintegrasikan teknologi digital ke dalam pembelajaran dan pengajaran serta mempertimbangkan teknologi digital dapat meningkatkan strategi penilaian yang ada seperti melengkapi penilaian dengan analisis bukti perilaku pelajar serta dapat memberikan umpan balik bagi pendidik dalam meningkatkan strategi pengajaran mereka selanjutnya


        Learning Outcomes

        1. Menggunakan teknologi digital untuk penilaian formatif dan ringkasan.
        2. Menghasilkan, memilih, menganalisis secara kritis dan menafsirkan bukti digital pada aktivitas pelajar, kinerja dan kemajuan, serta  menginformasikan kegiatan belajar mengajar dan Menggunakan teknologi digital untuk memberikan umpan balik yang tepat sasaran dan tepat waktu kepada peserta didik. Untuk menyesuaikan strategi pengajaran dan memberikan dukungan yang ditargetkan, berdasarkan bukti yang dihasilkan oleh teknologi digital yang digunakan. Memungkinkan peserta didik dan orang tua memahami bukti yang diberikan oleh teknologi digital dan menggunakannya untuk pengambilan keputusan.


        Goals

        Meningkatkan kesadaran penggunaan Teknologi dalam penilaian serta mengeexplore strategi penilaian digital

        • Memberdayakan Peserta Didik

          Description

          Pendidik mengentahui langkah awal dalam menggunakan Teknologi dalam memfasilitasi keterlibatan aktif peserta didi yang selanjutnya dapat berkontribusi untuk mendukung diferensiasi kelas dan pendidikan yang dipersonalisasi dengan menawarkan kegiatan belajar yang disesuaikan dengan tingkat kompetensi, minat, dan kebutuhan belajar setiap individu peserta didik.


          Learning Outcomes

          1. Pendidk dapat  memastikan aksesibilitas terhadap sumber daya dan kegiatan pembelajaran, bagi semua peserta didik, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. 
          2. Pendidik dapat menggunakan teknologi digital untuk memenuhi beragam kebutuhan belajar peserta didik, dengan memungkinkan peserta didik untuk maju pada tingkat dan kecepatan yang berbeda, dan untuk mengikuti jalur dan tujuan pembelajaran individu dan Menggunakan teknologi digital untuk mendorong keterlibatan aktif dan kreatif peserta didik dengan materi pelajaran. 


          Goals

          Pendidik mampu menjelaskan pentingnya memperhatikan aksesibiliti dan inklusi dalam pembelajaran 

          • Memfasilitasi Kompetensi Digital Peserta Didik

            Description

            Pendidik dapat menanamkan Kompetensi digital sebagai salah satu transversal kompetensi yang perlu ditanamkan oleh pendidik kepada peserta didik sehingga peserta didik diharapkan mampu secara kreatif dan bertanggung jawab menggunakan teknologi digital untuk informasi, komunikasi, pembuatan konten, dan pemecahan masalah.


            Learning Outcomes

            1. Pendidik mampu menggabungkan kegiatan pembelajaran, tugas dan penilaian yang mengharuskan peserta didik untuk mengartikulasikan kebutuhan informasi
            2. Pendidik memiliki kemampuan  menggabungkan kegiatan pembelajaran, tugas dan penilaian yang mengharuskan peserta didik untuk menggunakan teknologi digital secara efektif dan bertanggung jawab untuk komunikasi, kolaborasi dan partisipasi masyarakat. Pendidik dapat menggabungkan kegiatan pembelajaran, tugas dan penilaian yang menuntut peserta didik untuk mengekspresikan diri mereka melalui sarana digital, dan untuk memodifika+si dan membuat konten digital dalam format yang berbeda. Pendidik memiliki kemampuan untuk mengajari peserta didik mengenaihak cipta dan lisensi yang berlaku untuk konten digital, referensi sumber dan lisensi atribut.


            Goals

            Adanya kedaran untuk memfasilitasi dan mendorong peserta didik untuk menggunakan teknologi digital