CAREER HACK

Apa Itu Bootcamp? Upaya Peningkatan Keterampilan Anda

By greatnusa28 April 2023

Bagikan Artikel

Apa Itu Bootcamp? Upaya Peningkatan Keterampilan Anda

Apa itu bootcamp? Istilah tersebut merupakan program pelatihan teknis untuk belajar keterampilan baru atau memperdalam keterampilan yang sudah dimiliki. Program ini dilakukan secara intensif dengan para profesional yang siap untuk membantu mengembangkan keterampilan peserta didik mereka.

Pada umumnya lembaga profesional maupun lembaga pendidikan formal yang mengadakan bootcamp. Durasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan program pelatihan di bootcamp terbilang singkat. Saat ini program bootcamp yang disediakan oleh beberapa lembaga profesional dilirik banyak orang untuk mengembangkan keterampilan mereka.

Bootcamp juga biasanya dipilih oleh mereka yang pindah jalur karier. Misalnya, dari seorang akuntan ingin menjadi digital marketing. Lembaga profesional akan mengakomodasi kebutuhan mereka yang memilih pindah jalur karier seperti ini. Mulai dari pelatihan, materi, proyect, hingga relasi baru dalam dunia digital marketing.

Singkatnya, bootcamp adalah program pelatihan dengan profesional untuk meningkatkan kemampuan seseorang. Simak lebih lengkap penjelasannya di artikel ini.

Baca Juga : Perbedaan Passion dan Skill: Pentingnya Menemukan Keseimbangan untuk Sukses

Apa Itu Bootcamp?

Istilah ini sangat akrab bagi mereka yang sedang tergabung atau ingin bergabung dalam sebuah program pelatihan yang sepenuhnya berfokus untuk menambah keterampilan baru maupun memperdalamnya.

Program pelatihan di bootcamp juga sangat fleksibel sehingga bagi para pekerja pelatihan ini sangat membantu. Selain itu, dapat diikuti setelah selesai bekerja tanpa mengganggu waktu bekerja masing-masing peserta.

Durasi waktu belajar juga dapat disesuaikan. Rata-rata pelatihan di sebuah bootcamp membutuhkan waktu selama beberapa bulan dengan materi pelatihan yang intensif beserta proyek yang mendukung pembelajarannya.

Baca Juga : Technical Skill Adalah: Pengertian dan Cara Meningkatkannya

Manfaat Mengikuti Program Bootcamp

Memilih untuk bergabung bersama pelatihan di bootcamp bagi beberapa orang sangat membawa impak besar bagi perjalanan karier mereka. Dengan pengajar profesional mereka dapat memiliki pengalaman yang lebih baik dari sebelumnya tentang sebuah bidang tertentu.

1. Meningkatkan Practical Skill

Pengalaman yang diperoleh saat mengikuti bootcamp sangat penting untuk diterapkan di dunia kerja. Mereka para alumni mengakuinya bahwa hidupnya berubah setelah selesai dengan salah satu bootcamp. Selain itu, yang harus diperhatikan adalah mengenai keterampilan alumni setelah selesai mengikuti program pelatihan.

Mereka disajikan metode belajar yang praktis dan mendorong lebih banyak melakukan dibandingkan mendengar. Pembelajaran yang intensif menekankan juga pada kolaborasi nyata yang mendorong peserta lebih aktif. Seorang profesional yang membagikan pengetahuan terkait suatu bidang tertentu juga memberikan cara pembelajaran yang lebih praktis dan efisien.

2. Durasi yang Singkat

Tentu saja mengikuti sebuah bootcamp sangat berbeda dengan pendidikan formal. Salah  satunya adalah durasinya yang singkat tetapi sangat padat dengan metode pembelajaran yang praktis dan intensif. Pesertanya lebih banyak berkolaborasi dan menangani proyek dengan dukungan materi yang bobotnya setara dengan kebutuhan mereka.

3. Biaya Program Lebih Murah

Perbedaan lainnya selain durasi adalah biaya. Ketika mengikuti bootcamp kamu bisa saja mencicil atau membayar uang muka saja dan bisa mengikuti program pelatihan  sampai selesai. Ketika bekerja dan sudah memiliki penghasilan kamu dapat melunasi biaya pelatihan yang sudah diikuti.

4. Kesempatan Menambah Koneksi dan Networking

Menambah koneksi adalah salah satu hal yang pasti akan kamu dapatkan karena bertemu dengan sesama peserta yang memiliki minat yang sama dapat membangun hubungan untuk karier di masa mendatang.

Kamu juga bisa mendapat banyak saran dari para mentor profesional terkait bidang yang ingin kamu dalami. Mereka dengan senang hati akan membagi saran untuk membangun karier. Selain itu, kelompok alumni juga menjadi sarana komunikasi dengan mereka yang telah sukses, kamu juga bisa banyak belajar dari mereka.

Baca Juga : Dasar-Dasar Digital Marketing: Cara Mempromosikan Bisnis Kamu

5. Mengutamakan Nilai dan Kualitas Diri Anda

Mengikuti bootcamp ada banyak sekali hal yang menguntungkan dan dapat dipelajari. Kamu akan menjadi terbuka untuk hal baru dan fokus pada perkembangan. Keseimbangan antara cara kamu bekerja dan waktu istirahat akan menjadi bagian dari kamu untuk tetap semangat. 

Kamu terbiasa untuk berkomunikasi dengan para peserta, dan mentor.  Kamu juga menjadi orang yang terbuka untuk selalu evaluasi diri secara teratur demi kemajuan. Dari hal-hal seperti ini kamu akan membiasakan diri untuk meningkatkan nilai dan kualitas diri sendiri.

6. Dilatih oleh Mentor atau Orang yang Berpengalaman Pada Bidangnya

Di bootcamp kamu pasti akan dibimbing, dan dimentori oleh profesional. Mereka memberikan pelatihan menarik, praktis, serta proyek yang relevan dengan bidang yang kamu pelajari. Semua umpan balik diberikan untuk mendorong kemajuan terhadap pemahaman dan keterampilan kamu. Kamu tidak perlu khawatir jika ingin mengikuti salah satu bootcamp, karena mereka pasti menyediakan tenaga profesional untuk melatih kamu.

7. Membangun Portofolio Anda

Proyek-proyek di bootcamp salah satu yang bisa kamu gunakan untuk membangun portofolio kamu. Kamu bisa bangun sebuah portofolio tentang proyek apa yang kamu kerjakan, apa tugas kamu dalam proyek tersebut, apakah proyek itu berhasil dan bagaimana proyek itu berguna. Perusahaan akan mempertimbangkan hasil dari proyek yang kamu kerjakan melalui portofolio yang menarik.

Paragraf Penutup dan Kesimpulan —-

Mengikuti program pelatihan tertentu di sebuah bootcamp secara keseluruhan adalah pilihan yang tepat untuk siapa saja yang ingin menambah nilainya dan meningkatkan keterampilannya. Peserta akan dilatih oleh mentor profesional dan mendorong mereka untuk menyelesaikan proyek-proyek sehingga dapat menambah nilai mereka.

Durasi yang singkat dan biaya yang murah menjadi salah satu pertimbangan jika kamu ingin terjun dalam bootcamp entah mendalami sebuah keterampilan atau ingin pindah jalur karier. Banyak orang juga yang memilih pindah jalur karier dan mengikuti bootcamp untuk mendalami suatu bidang baru.

Kamu juga akan memiliki banyak relasi dari sebuah bootcamp, hal ini akan menjadi keuntungan untuk kamu. Melalui bootcamp kamu bisa membangun portofolio dari proyek-proyek yang ditugaskan kepada kamu sehingga itu dapat membantu untuk sebuah portofolio yang menarik.

Maka kesimpulannya adalah, mengikuti bootcamp akan membantu dalam menambah nilai dan meningkatkan kemampuan pada suatu bidang tertentu, memiliki relasi yang luas, dan membangun portofolio yang luar biasa.
Selain itu kamu juga bisa belajar untuk membangun dan mengembangkan bisnis bersama GreatNusa. Profesional yang konsisten untuk mengedukasi kamu dan membantu meningkatkan kemampuan dalam menjalankan bisnis.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok